METODE PEMBELAJARAN SOLATMINGKOM DALAM MATERI OLAH VOKAL KELAS XI DI SMA MAARIF NU PANDAAN

Authors

  • Bunga Widiya Larashati Prodi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Trisakti Prodi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Prodi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Setyo Yanuartuti Prodi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya
  • Indar Sabri Prodi Pendidikan Seni Budaya, Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Olah Vokal , Metode Solatmingkom, Proses Kreatif

Abstract

Metode  pembelajaran menjadi hal yang penting dalam mencapai tujuan pembelajaran. Metode pembelajaran seni musik berbasis action Learning  digunakan oleh guru SMA Maarif Nu Pandaan sebagai upaya atau bentuk inovasi dalam pembelajaran materi olah vokal kelas XI.  Salah satu bentuk action learning yang digunakan adalah metode solatmingkom dalam materi olah vokal guna meningkatkan kreativitas bernnyanyi dan kecerdasan musikal anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi Penelitian di SMA Maarif Nu Pandaan Jalan Ahmad Yani No 92 Pandaan Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan trianggulasi data. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, menyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi pembelajaran solatmingkom digunakan guru dalam materi olah vokal. Solatmingkom merupakan salah satu treatment yang berupa gabungan metode solfegio, latihan alam, hamming dan kompetisi. Solfegio digunakan untuk melatih kepekaan anak terhadap nada, ear training, membidik nada sehingga siswa dapat mengelola nada dengan baik. Latihan alam digunakan untuk meningkatkan power agar kualitas suara menjadi maksimal. Hamming merupakan treatmen guna melatih siswa agar mampu bernyanyi dengan nada tinggi dengan cara menutup mulut sehingga mampu membantu rongga hidung dan tenggorokan lebih terbuka. Kompetisi digunakan sebagai evaluasi akhir atau penilaian praktek yang digunakan guru sebagai stimulus agar siswa mampu menampilkan penampilan terbaik.

 

References

Andik Benny, dkk. Volume 5 No 2 Tahun 2020. Metode Pelatihan Bernyanyi dan Bercerita pada uru TK/Paud se Aceh Besar dalam Mendidik Kreativitas Seni pada Anak Kab. Aceh Besar. https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Batoboh/article/view/1303/595 (Diakses 22 April 2022)

Botella, Vlad Glaveanu, Dkk. 2013. Creative

Proses and multivariated factors.

Learning and individual Differences26

-170

Damajanti, Irma. 2016. Psikologi Seni.

Bandung:PT Kiblat Buku Utama

Astuti, fuji. Menggali dan Mengembangkan Potensi Kreativitas Seni pada Anak Usia dini. Volume 14 no 2 Tahun 2011.file:///C:/Users/HP/Downloads/3950-8260-1-SM.pdf (diakses pada 24 april 2022)

Harbunangin, Buntje. 2016. Art and Jung Seni

dalam Sorotan Psikologi Analitis Jung. Jakarta: Antara Publishing

Jefri, Kadek. 2015. Proses Kreatif Seniman I

Wayan Sudarna Putra. Vol.5 No1. http://dx.doi.org/10.23887/jjpsp.v5i1.4712 (Diakses pada 19 April 2022)

Lestari Endah, Syafiq.2017. Proses Kreatif Seniman. Vol.04 No 1. https://core.ac.uk/download/pdf/230626522.pdf. (Diakses 19 April 2022)

Margono, S. 2003. Metodologi Peneliyian Pendidikan. .Jakarta: Rineka Cipta

Milles and Hubeman.1992. Analisis data Kualitatif. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia

Murchahyanto, Harry. 2021. Teknik Vokal pada kesenian Burdah. file:///C:/Users/HP/Downloads/2006-Article%20Text-21437-2-10-20210405.pdf (diakses pada 23 April 2022)

Moleong, Lexy J. 1980. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya CV

Simanungkalit. 2008. Teknik Vokal Paduan Suara. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama

Satinly., 1980, Music as the Source of Learning, Baltimore: University Park Press

Sugiyono, 2012 Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sumaryanto, Totok.2015. Efektifitas Penggunaan Metode Solfegio untuk Pembelajaran Keterampilan Bermain Musik di Sekolah Dasar. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/harmonia/article/viewFile/723/648 . Volume 21 No 2 2015.Harmonia: Jurnal Oengetahuan dan Pemikiran Seni :Universitas Negeri Semarang

Soedarsono, S.p.,MA (2006). Trilogi Seni Penciptaan, Eksistensi, dan kegunaan Seni. Yogyakarta:Badan Penerbit Intitut Seni Indonesia

Syair, Irvan.2011. Kreativitas Seniman Berlandaskan Budaya. Padang Panjang: Pers ISI Padang Panjang.

Rizky, Winarno. 2017. Proses Kreatf Seniman

Seni Rupa. E-Journal Vol.04 No 1 file:///C:/Users/HP/Downloads/18918-Article%20Text-22968-1-10-20170428.pdf (Diakses 9 November 2021)

Published

2022-05-01

How to Cite

Larashati, B. W., Trisakti, Martadi, Yanuartuti, S., & Sabri, I. . (2022). METODE PEMBELAJARAN SOLATMINGKOM DALAM MATERI OLAH VOKAL KELAS XI DI SMA MAARIF NU PANDAAN. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(1), 36–47. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/geter/article/view/17219

Issue

Section

Articles
Abstract View: 99