Monolog Musikal Pendekatan Teori dan Praktek

Main Article Content

Welly Welly Suryandoko

Abstract

Abstrak

Monolog musikal merupakan jenis pertunjukan teater monolog yang dimainkan oleh satu orang pemain dengan menggunakan teknik musikal dalam aspek pertujukannya. Praktik monolog ini memaksimalkan keaktoran dengan berbagai spektrum dalam pertunjukan monolog musikal. Keaktoran, menari, bernyanyi dan kemampuan musik. Konsentrasi aktor lebih kompleks pada jenis ini sebab selain kemampuan keaktoran yang kuat juga unsur penguat lain yang telah disebut diatas diolah dengan baik oleh aktor saat melakukan eksplorasi secara berkelanjutan. Tujuan kajian monolog musikal dengan pendekatan teori dan praktik ini agar penulis dapat mensekemakan secara teoritik dan praktik monolog musikal, sebagai jenis pertunjukan monolog yang tidak diperhatikan di Jawa Timur bahkan di Indonesia. Monolog musikal dikaji secara mendalam dalam sebuah pendekatan teoritik yang meliputi esensi monolog musikal, spektrum monolog musikal, dan naskah monolog musikal. Sedangkan, pendekatan praktek monolog musikal terdiri dari, aktor monolog dan keaktoran, aktor monolog dan nyanyian, dan aktor dan tarian. Dua dimensi pendekatan teori dan praktik monolog musikal ini melihat pada pertunjukan monolog musikal yang dilakukan oleh penulis pada pementasan monolog. Terdapat dua macam pertunjukan monolog musikal yang dikaji dalam pendekatan praktek monolog musikal ini yaitu monolog musikal berjudul Selamat Ulang Tahun dan Minto, keduanya merupkan karya naskah dan pertunjukan monolog musikal dipentaskan pada Tahun 2017 dan 2018. Hasil pada teori dan praktik monolog musikal melalui analisis mendalam terhadap dua karya tersebut menghasilkan pendekatan praktik yang tertuang diatas dengan melampirkan dokumentasi pertunjukan monolog musikal ini sebagai penguat kajian.

Kata kunci: monolog musikal, teori, praktik

Article Details

How to Cite
Suryandoko, W. W. (2019). Monolog Musikal Pendekatan Teori dan Praktek. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 1(1), 61–65. https://doi.org/10.26740/geter.v1n1.p61-65
Section
Articles

References

Anirun, Suyatna. 1998. Menjadi Aktor. Bandung : Studi Teater Bandung bekerjasama dengan Taman Budaya Jawa Barat dan PT Rekamedia Multiprakarsa.

Anwar, Chairul. 2005. Drama Bentuk Gaya dan Aliran, Yogyakarta: Elkaphi.
Brockett., Oscar G. 1969. The Theatre, an Introduction (second edition), USA: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Cohen, Robert. 1983. Theatre Brief Edition, California: Mayfield Publishing Company.
El saptaria, Rikrik. 2006. Paduan Praktis Acting untuk Film dan Teater Acting Handbook, , Bandung, rekayasa sains.
Kernodle, Goerge R. 1967, Menonton Teater, California: Mayfield Publishing Company.
Yudiarini. 2002. Panggung Teater Dunia. Jogjakarta: Pustaka Gendho Suli.
Wilson, Edwin, 1988.The Theatre Experience, New York: McGraw-Hill Book Company.