PERANAN TRAVESTI PADA PERTUJUKAN LUDRUK

Main Article Content

Achmad. Fahmi Hidayat

Abstract

Grup kesenian Ludruk Karya Budaya adalah salah satu grup terbesar di Jawa Timur. Ludruk Karya Budaya yang sampai saat ini masih mempertahankan travesti didalam pertunjukannya. Travesti adalah suatu bentuk eksistensi dari sekumpulan pemeranan wanita yang dimainkan oleh seorang pria, dan ini sangat berpotensi untuk dikaji dari segi bentuk, simbol, dan perananya terhadap ludruk karya budaya. Tujuan penelitian ini untuk melihat bagaimana peranan travesti pada pertunjukan ludruk.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber. analisis melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut. peranan travesti dalam ludruk karya budaya adalah sangat penting karena, ludruk karya budaya tidak ingin merusak esensi pekem bentuk pertunjukan ludruk yang sudah ada sejak dulu, serta pentingnya peranan travesti untuk menarik minta penonton dengan daya tariknya yang mebuatnya menjadi magnet ampuh untuk membuat penonton tertarik dan melihat pertunjukan ludruk. Serta diterimanya seorang peran travesti itu dalam grup ludruk karya budaya dan masyarakat, sehingga membuat para pemeran travesti memiliki minat untuk melestarikan kebudaya tradisional yang pertunjukan ludruk yang ada di Ludruk Karya Budaya.

Article Details

How to Cite
Hidayat, A. F. (2020). PERANAN TRAVESTI PADA PERTUJUKAN LUDRUK. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 3(2), 42–52. https://doi.org/10.26740/geter.v3n2.p42-52
Section
Articles
Author Biography

Achmad. Fahmi Hidayat, Prodi Pendidikan Seni S2 Universitas Negeri Semarang

mahasiswa