ANALISIS KRITIS TERHADAP PARADIGMA TEATER ANTONIN ARTAUD

Main Article Content

Indra Tjahyadi
Deny Tri Aryanti

Abstract

Penelitian ini berfokus pada paradigma teater yang terdapat dalam pemikiran Antonin Artaud. Pendekatan yang digunakan dalam kajian ini adalah pendekatan kritis. Hal tersebut disebabkan pendekatan kritis memiliki relevansi dengan tujuan penelitian ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka. Berdasarkan analisis yang ditemukan bahwa dalam paradigma teater Artaud terdapat enam konsep penting yang harus dipahami, yakni: 1) teater sebagai pandemi, 2) teater sebagai kembaran realitas, 3) puitika teater, 4) teater kejam sebagai metode pertunjukan, dan 5) teater sebagai medium penyucian diri manusia. Adapun konsep-konsep tersebut menurut Grotowski menjadikan paradigma teater Artaud sebagai paradigma yang berada di luar batas rasionalitas manusia. Grotowski menyebut paradigma teater Artaud tersebut sebagai “kegaiban teater”. Sedangkan Brook mengkritisi pemahaman teater Artaud sebagai sesuatu yang bersifat mistis. Oleh karena itu, Brook menyebut paradigma tater Artaud sebagai “teater suci” yang dapat membuat teater jatuh pada pemahaman spiritualitas.

Article Details

How to Cite
Tjahyadi, I., & Aryanti, D. T. (2022). ANALISIS KRITIS TERHADAP PARADIGMA TEATER ANTONIN ARTAUD. GETER : Jurnal Seni Drama, Tari Dan Musik, 5(2), 39–51. https://doi.org/10.26740/geter.v5n2.p39-51
Section
Articles
Author Biographies

Indra Tjahyadi, Universitas Panca Marga

Saya memiliki minat penelitian di bidang bahasa, sastra, seni dan budaya.

Deny Tri Aryanti, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta Surabaya

Departemen Seni Teater

References

Arifin, M. (2009). Antonin Artaud: Teater dan Kembarannya. Dewan Kesenian Jawa Timur.

Artaud, A. (1958). The Theatre and Its Double, tr. by Mary Caroline Richards. Grove Press.

Brook, P. (1996). The Empty Space. Touchstone.

Denzin, N. K., Lincoln, Y. S., & etc. (2018). Handbook of Qualitative Research (N. K. Denzin & Y. S. Lincoln (eds.)). Sage Publication Ltd.

Derrida, J., & Thévenin, P. (1998). The Secret Art of Antonin Artaud, tr. by Mary Ann Caws. MIT Press.

Giryadi, R. (2003). Serpihan-serpihan Tubuh. In M. Arifin (Ed.), Teater dan Kembarannya, terj. Max Arifin. Dewan Kesenian Jawa Timur.

Grotowski, J. (2002). Menuju Teater Miskin, terj. Max Arifin. Arti.

Helga Finter. (1997). Antonin Artaud and the impossible theatre: The legacy of the Theatre of Cruelty. TDR, 41(4). https://doi.org/https://doi.org/10.2307/1146659

Knapp, B. (2009). Antonin Artaud’s Revolutionary Theatre of Cruelty. Today’s Speech, 17(3), 26–30. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/01463376909368892

Leach, R. (2004). Makers of Modern Theatre: An Introduction. Routledge.

Magnis-Suseno, F. (1993). Filsafat sebagai Ilmu Kritis. Kanisius.

Murray, R. (2016). Antonin Artaud. Modern & Contemporary France, 24(455–456). https://doi.org/https://doi.org/10.1080/09639489.2016.1233954

Saini. (1996). Peristiwa Teater. Penerbit ITB.

Sellin, E. (2017). The Dramatic Concepts of Antonin Artaud. Chicago University Press.