Upaya meningkatkan hasil belajar gerak dasar dengan permainan karapan evakuasi berbasis culturally responsive teaching

Authors

  • Sofwul Widad Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Sindy Tri Ayuningtyas Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Wahyu Rinto Hutomo Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Suprapto Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP Swasta Wana Sawit, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah
  • Sultan Maulana Ragil Putra Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Wahyu Nur Hidayat Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Syakhdan Khemal Phassha Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Pudjijuniarto Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur
  • Luthfi Aidin Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SDN Airlangga I/198, Kota Surabaya, Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.39906

Keywords:

hasil belajar, karapan evakuasi, culturally responsive teaching

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui permainan Karapan Evakuasi dengan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) pada siswa kelas 3C SDN Airlangga 1/198 Surabaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dengan presiklus untuk mengetahui data awal, kemudian dilakukan pembelajaran sebanyak 2 siklus dengan perlakuan berupa pendekatan Culturally Responsive Teaching  dengan permainan karapan evakuasi pada setiap siklusnya. Subjek penelitian berjumlah 24 siswa yang hadir pada setiap pertemuan (pre-siklus, siklus 1, siklus 2) dan bukan siswa inklusi, dari 29 siswa kelas 3C dengan laki-laki 15 dan perempuan 9, berusia 8-10 tahun. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis untuk aspek pengetahuan dan tes permainan sirkuit dengan empat lintasan untuk aspek keterampilan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan repeated measurement anova. Post-hoc LSD menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus ke presiklus, 1, dan 2 baik pada hasil belajar aspek pengetahuan (siklus pre-1 p= 0,000, siklus 1-2 p= 0,001, dan siklus pre-2 p= 0,000) dengan nilai pada presiklus 84,17 kemudian meningkat di siklus 1 sebesar 92,08 dan meningkat lagi di siklus 2 sebesar 95,83,  maupun hasil belajar aspek keterampilan (siklus pre-1 p= 0,000, siklus 1-2 p= 0,083, dan siklus pre-2 p= 0,000) dengan rata rata nilai pada presiklus 84,17 kemudian meningkat di siklus 1 sebesar 92,08 dan meningkat lagi di siklus 2 sebesar 95,83. Dapat disimpulkan pendekatan Culturally Responsive Teaching melalui permainan Karapan Evakuasi dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar. Diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat menerapkan permainan Karapan Evakuasi pada materi PJOK lain yang berhubungan.

Author Biographies

Sofwul Widad, Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Sindy Tri Ayuningtyas, Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Wahyu Rinto Hutomo, Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Suprapto, Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP Swasta Wana Sawit, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah

Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SMP Swasta Wana Sawit, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah

Sultan Maulana Ragil Putra, Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Wahyu Nur Hidayat, Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Syakhdan Khemal Phassha, Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Pudjijuniarto, Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Bidang studi Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur

Luthfi Aidin, Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SDN Airlangga I/198, Kota Surabaya, Jawa Timur

Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, SDN Airlangga I/198, Kota Surabaya, Jawa Timur

References

Ali, M. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PJOK melalui model pembelajaran Teaching Games for Understanding (TGFU) pada siswa kelas XI IPA. 1 MAN 1 Kota Padang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 344–349. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i3.15743

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.

Ariyanto, D., Susanto, A., & Widiastuti, I. (2020). Pengaruh permainan tradisional terhadap keterampilan gerak dasar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 16(2), 45–55. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/30785

Fajar, M., Janwar, M., & Ismail, A. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI materi passing sepak bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Bima Loka: Journal of Physical Education, 3(2), 44–54. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i2.21910

Gallahue, D. L., & Donnelly, F. C. (2003). Developmental Physical Education for All Children (4th ed.). Human Kinetics.

Gay, G. (2018). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice (3rd ed.). Teachers College Press.

Hidayat, R. (2019). Permainan Tradisional dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar. UNY Press.

Kemendikbud. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka untuk Pendidikan Dasar. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (2nd ed.). Unesa University Press.

Meyers, L. S., Gamst, G., & Guarino, A. J. (2013). Applied Multivariate Research: Design and Interpretation (2nd ed.). SAGE Publications.

Monoarfa, S., Yunus, P., & Mustapa, P. (2023). Penerapan perawatan endotracheal tube pada pasien dengan penurunan kesadaran di ruang ICU RSUD Prof. Dr. Aloe Saboe Kota Gorontalo. Intan Husada: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 11(2), 105–113. https://doi.org/10.52236/ih.v11i2.280

Muhajir. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Kemendikbud.

Rahmadani, E. D. (2022). Pengaruh modifikasi permainan bola tangan terhadap peningkatan hasil belajar passing bola basket siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanah Grogot. Bima Loka: Jurnal Pendidikan Jasmani, 2(1), 32–40. https://doi.org/10.26740/bl.v2i1.21910

Rahman, H., Subarjah, H., & Sulaiman, S. (2021). Pengembangan model permainan tradisional untuk meningkatkan keterampilan gerak manipulatif pada anak sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Olahraga Rekreasi, 7(1), 22–30. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpor/article/view/31238

Riadi, T. J. & Prakoso, B. B. (2025). Pengaruh media audiovisual dan alat bantu terhadap hasil belajar renang gaya bebas The influence of audiovisual media and aids on freestyle swimming learning outcomes. Journal of Physical Education |, 5. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.38367

Sari, M., Putri, A., & Prasetyo, H. (2020). Hubungan motivasi belajar dan hasil belajar dalam pembelajaran PJOK pada siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia/article/view/4917

Setiawan, A., & Rusydi, M. A. (2023). Efektivitas permainan tradisional gobak sodor terhadap hasil belajar pendidikan jasmani. Bima Loka: Jurnal Pendidikan Jasmani, 3(1), 23–29. https://doi.org/10.26740/bl.v3i1.26439

Sudarsinah. (2022). Peran PJOK dalam pengembangan karakter dan keterampilan sosial siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3), 78–90. https://jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1486

Sugiyanto. (2007). Teori dan Praktik Gerak Dasar dalam Pendidikan Jasmani. Depdiknas.

Yuliana, S. (2019). Statistika untuk Penelitian Pendidikan dengan SPSS. Kencana.

Yusroni, D., & Alimah, S. (2023). Permainan tradisional sebagai media stimulasi keterampilan motorik anak. Citius: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, 9(2), 34–50. https://journal.unugiri.ac.id/index.php/citius/article/view/2443

Published

2025-06-02

How to Cite

Widad, S., Ayuningtyas, S. T., Hutomo, W. R., Suprapto, Putra, S. M. R., Hidayat, W. N., … Aidin, L. (2025). Upaya meningkatkan hasil belajar gerak dasar dengan permainan karapan evakuasi berbasis culturally responsive teaching. Bima Loka: Journal of Physical Education, 5(1), 51–61. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.39906

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 29 , PDF Downloads: 3 , PDF Downloads: 1

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.