Analisis perubahan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan jasmani dimasa pandemi covid-19

Authors

  • Nenden Meliza Nurbani Universitas Garut
  • Azhar Ramadhana Sonjaya Universitas Garut
  • Irwan Hermawan Universitas Garut
  • Asep Angga Permadi Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v2i2.21888

Keywords:

analisis, hasil belajar, pendidikan jasmani, pendidikan

Abstract

Dalam suatu pendidikan diharapkan dapat melahirkan siswa yang memiliki moral, berkarakter baik, cerdas dan berprestasi di bidang tertentu. Untuk mewujudkannya yaitu dengan mendidik siswa dengan guru yang berkualitas sehingga siswa mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Dimasa pandemi Covid-19 ini tentunya hasil belajar siswa mengalami banyak kendala. Dengan adanya masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Jasmani dimasa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui 2 tahapan, yang pertama menggunakan angket hasil belajar dan yang kedua menggunakan data penilaian dari guru mata pelajaran terhadap 30 siswa dan diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat peningkatan hasil belajar siswa dimasa pandemi Covid-19 dengan kedua hasil nilai N-Gain berkategori rendah.

Author Biographies

Nenden Meliza Nurbani, Universitas Garut

Program Studi Pendidikan Jasmani

Azhar Ramadhana Sonjaya, Universitas Garut

Program Studi Pendidikan Jasmani

Irwan Hermawan, Universitas Garut

Program Studi Pendidikan Jasmani

References

Asnaldi, A., FIK-UNP, Z., & M, M. (2018). Hubungan Motivasi Olahraga Dan Kemampuan Motorik Dengan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Siswa Sekolah Dasar Negeri 16 Sintoga Kecamatan Sintuk Toboh Gadang Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal MensSana, 3(2), 16. https://doi.org/10.24036/jm.v3i2.75

Ausrianti, R., Andayani, R. P., Surya, D. O., & Suryani, U. (2020). Edukasi Pencegahan Penularan Covid 19 serta Dukungan Kesehatan Jiwa dan Psikososial pada Pengemudi Ojek Online. Jurnal Peduli Masyarakat, 2(2), 59–64. https://doi.org/10.37287/jpm.v2i2.101

Barat, d. p. (2021). disdik.jabarprov.go.id/. Retrieved from https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://disdik.jabarprov.go.id/download/product/83/pedoman-belajar-dari-rumah-%2528bdr%2529-jenjang-sma%252Csmk%252C-slb-dan-protokol-adaptasi-kebiasaan-baru-%2528akb%2529-sekolah-di-provinsi-jawa-barat-.

Cempaka, R. B. (2016, 12 23). Indikator Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik. Retrieved 03 02, 2021, from wordpress.com: https://rezdabungacempaka.wordpress.com/2016/12/23/indikator-kognitif-afektif-dan-psikomotorik/.

Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian. Unesa University Press

Herlina, H., & Suherman, M. (2020). Potensi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan (Pjok) Di Tengah Pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19 Di Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences And Physical Education, 8(1), 1–7. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/16186

Hermawan, A. O. (2018). Pelaksanaan Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten. 121.

Iin Nurbudiyani. (2013). Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, Dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya, 53(9), 1689–1699. /citations?view_op=view_citation&continue=/scholar%3Fhl%3Dpt-BR%26as_sdt%3D0,5%26scilib%3D1&citilm=1&citation_for_view=wS0xi2wAAAAJ:2osOgNQ5qMEC&hl=pt-BR&oi=p

Jiwa, I. K. (2019). Penerapan Metode Belajar Part and Whole untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjaskes Materi Senam Lantai (Lompat Kangkang). Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(1), 65. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i1.17611

Maftukin Hudah , Fajar Ari Widiyatmoko , Galih Dwi Pradipta, O. M. (2020). 1,2,3,4. 3(2), 93–102.

Rustandi, E. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Penjas Siswa Kelas VI SDN Sukasari. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 3(1), 21–25.

Sugiyono. (2018). metode penelitian. ALFABETA.

Suhartiwi, P., Universitas, F., & Oleo, H. (2020). Kata Kunci: Minat Belajar, Hasil Belajar, Evaluasi Pembelajaran Penjas. 27, 25–33.

Taufik, M. S., & Gaos, M. G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Dribbling Sepakbola Dengan Penggunaan Media Audio Visual. Jp.Jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga Dan Kesehatan), 3(1), 43–54. https://doi.org/10.33503/jp.jok.v3i1.540

Widyaiswara, R. U. (2011). toksonomi bloom. Pusdiklat KNPK. https://doi.org/10.1111/j.1365-2427.1976.tb01616.x

Downloads

Published

2023-08-10

How to Cite

Nurbani, N. M., Sonjaya, A. R., Hermawan, I., & Permadi, A. A. (2023). Analisis perubahan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan jasmani dimasa pandemi covid-19. Bima Loka: Journal of Physical Education, 2(2), 55–61. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v2i2.21888

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 52 , PDF Downloads: 31