Profil kemampuan motorik mahasiswa program studi pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi: suatu analisis hasil tes
DOI:
https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.26665Keywords:
kemampuan motorik, mahasiswa, calon guru pjokAbstract
Kemampuan motorik yang efektif sangatlah esensial bagi individu dalam menjalankan aktivitas fisik serta berpartisipasi dalam kegiatan olahraga sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami secara komprehensif profil kemampuan motorik mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi melalui hasil tes yang dilakukan. Tujuan ini meliputi identifikasi tingkat kemampuan motorik, identifikasi kekuatan dan potensi pengembangan, serta perumusan rekomendasi strategis dalam meningkatkan kualitas pendidikan di bidang kemampuan motorik. Dalam penelitian ini, metode survei diterapkan dengan menggunakan Barrow Motor Ability Test sebagai alat pengukuran. Sampel penelitian terdiri dari 50 mahasiswa laki-laki. Proses analisis data melibatkan pendekatan statistik deskriptif dan perhitungan persentase untuk memberikan gambaran mengenai kemampuan motorik para mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kategori Baik Sekali memiliki persentase sebesar 0%, kategori Baik sebesar 2.00%, kategori Sedang sebesar 48.00%, kategori Kurang sebesar 28.00%, dan kategori Sangat Kurang sebesar 22.00%. Dari data ini, dapat disimpulkan bahwa sebagian besar mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi memiliki tingkat kemampuan motorik yang berada dalam kategori Sedang.
References
Birriy, A. F., & Indahwati, N. (2016). Perbandingan Kemampuan Motorik Mahasiswa Yang Mengikuti UKM Olahraga Dengan Mahasiswa Yang Hanya Menerima Mata Kuliah Praktek (Studi Pada Mahasiswa Angkatan 2014 Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Surabaya). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 04(02), 376–383.
Febrianty, M. F. (2020). Profil Kemampuan Motorik Mahasiswa FPOK Profile. JUARA: Jurnal Olahraga. https://doi.org/https://doi.org/10.33222/juara.v5i2.964 Profil
Kantomaa, M. T., Stamatakis, E., Kankaanpää, A., Kaakinen, M., Rodriguez, A., Taanila, A., Ahonen, T., Järvelin, M.-R., & Tammelin, T. (2013). Physical activity and obesity mediate the association between childhood motor function and adolescents’ academic achievement. Proceedings of the National Academy of Sciences, 110(5), 1917–1922. https://doi.org/10.1073/pnas.1214574110
Kornalius. (2016). Tingkat Kemampuan Motorik Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepaktakraw Di Smp Negeri 2 Godean Sleman Yogyakarta. Univeristas Negeri Yogyakarta.
Lauersen, J. B., Bertelsen, D. M., & Andersen, L. B. (2014). The effectiveness of exercise interventions to prevent sports injuries: a systematic review and meta-analysis of randomised controlled trials. British Journal of Sports Medicine, 48(11), 871–877. https://doi.org/10.1136/bjsports-2013-092538
Leonardo, A., & Komaini, A. (2021). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Keterampilan Motorik. Jurnal Stamina, 4(3), 135–144. http://stamina.ppj.unp.ac.id/index.php/JST/article/view/764
Pranoto, N. W., & Handayani, S. G. (2021). Aplikasi Pengembangan Kemampuan Motorik Bagi Guru-Guru Di Kecamatan Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Pengabdian Masyarakat Olahraga Dan Kesehatan (Jaso), 1(1), 28–33. https://doi.org/10.24036/jaso.v1i1.7
Schuch, F. B., Vancampfort, D., Firth, J., Rosenbaum, S., Ward, P. B., Silva, E. S., Hallgren, M., Ponce De Leon, A., Dunn, A. L., Deslandes, A. C., Fleck, M. P., Carvalho, A. F., & Stubbs, B. (2018). Physical Activity and Incident Depression: A Meta-Analysis of Prospective Cohort Studies. American Journal of Psychiatry, 175(7), 631–648. https://doi.org/10.1176/appi.ajp.2018.17111194
Solissa, J. (2017). Hubungan Status Gizi Dan Kemampuan Motorik Terhadap Prestasi Belajar Renang Mahasiswa Program Studi Penjaskesrek Fkip Universitas Pattimura Ambon. Jurnal Menssana, 2(1).
Suprayitno. (2018). Hasil Belajar Sepak Sila Permainan Sepak Takraw (Studi Ekperimen tentang Pengaruh Gaya Mengajar Dan Kemampuan Motorik pada Mahasiswa PJKR FIK Unimed). Jurnal Ilmu Keolahragaan, 17(1), 58–68.
Wauran, C. G., Kundre, R., & Silolonga, W. (2016). Hubungan Status Gizi Dengan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia 1-3 Tahun Di Kelurahan Bitung Kecamatan Amurang Kabupaten Minahasa Selatan. E-Journal Keperawatan (e-Kp), 4(2), 128.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dhany Yudha Ramadhan, Benny Widya Priadana, Wahyu Setia Kuscahyaning Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.