Pengembangan media tic tac toe untuk pembelajaran lari estafet yang lebih menarik dan memotivasi

Authors

  • Rohman Ardiansyah Prakoso Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang
  • Ari Wibowo Kurniawan Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang
  • Mudji Slamet Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.40189

Keywords:

atletik, lari estafet, motivasi, permainan, tic tac toe

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan tic tac toe sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran atletik lari estafet. Motivasi belajar yang rendah sering kali mengakibatkan kurangnya keterlibatan siswa, terutama pada materi atletik yang dianggap monoton dan teknis. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran bagi siswa kelas VIII SMPN 2 Malang, melibatkan analisis kebutuhan, desain media, uji validasi, dan pengumpulan data melalui kuesioner, serta menganalisis data secara deskriptif menggunakan skala Likert yang dikonversikan ke persentase. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan penilaian yang sangat baik dari ahli materi, media, dan atletik, dengan persentase kelayakan masing-masing sebesar 91,07%, 95,45%, dan 90%. Selain itu, uji coba kelompok yang melibatkan 56 responden menunjukkan hasil persentase 84,31%, yang juga dikategorikan sebagai "Sangat Layak". Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media tic tac toe dalam pembelajaran lari estafet terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif.

Author Biographies

Rohman Ardiansyah Prakoso, Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang

Ari Wibowo Kurniawan, Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang

Mudji Slamet, Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang

Pendidikan Profesi Guru, Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang

References

Adeoye, M. A., Indra, K. A. S. W., Pradnyani, M. S. S., & Septiarini, N. I. (2024). Revolutionizing Education: Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 13(1), 202–209. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i1.68624

Adestaria, F. (2023). Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus 1 Universitas Pgri Semarang. JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 3(2), 75–80. https://doi.org/10.26877/jipetik.v3i2.8731

Adji, B. S., & Wibowo, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Modifikasi Permainan Tic Tac Toe Improving the Learning Outcomes of Basic Locomotor Movements in Elementary School Students Through Tic Tac Toe Game Modification. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(2), 141–152.

Kemendikbudristek. (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (p. 14).

Ma’arif, I. (2024). Buku Ajar Keterampilan Teknik Dasar Atletik. Haura Utama.

Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311

Najah, S. L. M., Khoiri, N., & Wijayanto, W. (2023). Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Pakaian Adat Nusantara Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.26877/jipetik.v4i1.12964

Novitasari, R., & Hartoto, S. (2020). Hubungan antara tingkat aktivitas di luar jam pelajaran PJOK dengan kondisi kebugaran jasmani siswa The relationship between the level of activity outside of PJOK lesson with the physical fitness of students. Journal of Physical Education OPEN ACCESS Bima Loka: Journal of Physical Education |, 1, 32–39. https://journal.unesa.ac.id/index.php/bimaloka/

Nugroho, I. N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berlari, Melempar, dan Menangkap Bola Melalui Permainan Tic Tac Toe Ball di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 657–678. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.230

Nurhasan, Ardha, M. A. Al, Erta, & Dewi, hapsari S. C. P. (2024). Sosialisasi Tetap Bugar saat Berpuasa dengan Olahraga Petanque. 2(2), 121–129.

Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 22–28. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183

Rahman, S. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843

Rahmat, Z. (2015). Atletik Dasar & Lanjutan. In Atletik Dasar & Lanjutan. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/452/1/Atletik_Dasar_dan_Lanjutan.pdf

Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’S Efforts in Building Student Interaction Using a Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332

Simamora, B. (2022). Skala Likert, Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–93. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.978

Sukendro, & Yuliawan, E. (2019). Dr. Sukendro, M.Kes. AIFO Ely Yuliawan M.Pd. In Dasar-dasar Atletik. Salim media.

Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian literatur: Dampak covid-19 terhadap pendidikan jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 93. https://doi.org/10.31258/jope.3.2.93-102

Tabroni, I., & Qutbiyah, S. M. (2022). Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(3), 353–360. https://bajangjournal.com/index.php/JPDH/article/view/868

Utami, A. M., Adelia, R., Kurniawati, I., Damayanti, E., Damara, T. D., & Pramudiani, P. (2024). Implementasi Permainan Tic-Tac-Toe sebagai Konteks Pembelajaran Matematika pada Materi Keliling Bangun Datar dalam Menanamkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 180–188. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3036

Waskita, D. T., Surya, C. M., & Febriana, R. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Melalui Teknik Permainan Lari Estafet Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Tahsinia, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.312

Willenda, Z., Yantoro, Y., Misnawati, M., & Basyir, B. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Culturally Responsive Teaching Dalam Pembelajaran. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(1), 72–81. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.2948

Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan Konsep Instrumen Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105

Published

2025-05-25

How to Cite

Prakoso, R. A., Kurniawan, A. W., & Slamet, M. (2025). Pengembangan media tic tac toe untuk pembelajaran lari estafet yang lebih menarik dan memotivasi. Bima Loka: Journal of Physical Education, 5(1), 36–50. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.40189

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 25 , PDF Downloads: 6

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.