Pengembangan media tic tac toe untuk pembelajaran lari estafet yang lebih menarik dan memotivasi
DOI:
https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.40189Keywords:
atletik, lari estafet, motivasi, permainan, tic tac toeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis permainan tic tac toe sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran atletik lari estafet. Motivasi belajar yang rendah sering kali mengakibatkan kurangnya keterlibatan siswa, terutama pada materi atletik yang dianggap monoton dan teknis. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran bagi siswa kelas VIII SMPN 2 Malang, melibatkan analisis kebutuhan, desain media, uji validasi, dan pengumpulan data melalui kuesioner, serta menganalisis data secara deskriptif menggunakan skala Likert yang dikonversikan ke persentase. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan mendapatkan penilaian yang sangat baik dari ahli materi, media, dan atletik, dengan persentase kelayakan masing-masing sebesar 91,07%, 95,45%, dan 90%. Selain itu, uji coba kelompok yang melibatkan 56 responden menunjukkan hasil persentase 84,31%, yang juga dikategorikan sebagai "Sangat Layak". Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa pengembangan media tic tac toe dalam pembelajaran lari estafet terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif.
References
Adeoye, M. A., Indra, K. A. S. W., Pradnyani, M. S. S., & Septiarini, N. I. (2024). Revolutionizing Education: Unleashing the Power of the ADDIE Model for Effective Teaching and Learning. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 13(1), 202–209. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v13i1.68624
Adestaria, F. (2023). Virtual Tour Panorama 360 Derajat Kampus 1 Universitas Pgri Semarang. JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 3(2), 75–80. https://doi.org/10.26877/jipetik.v3i2.8731
Adji, B. S., & Wibowo, S. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lokomotor Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Modifikasi Permainan Tic Tac Toe Improving the Learning Outcomes of Basic Locomotor Movements in Elementary School Students Through Tic Tac Toe Game Modification. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(2), 141–152.
Kemendikbudristek. (2022). Salinan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2022 Tentang Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (p. 14).
Ma’arif, I. (2024). Buku Ajar Keterampilan Teknik Dasar Atletik. Haura Utama.
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (2021). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19 : Literature Review. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(1), 90–98. https://doi.org/10.23887/jjbk.v12i1.31311
Najah, S. L. M., Khoiri, N., & Wijayanto, W. (2023). Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Pakaian Adat Nusantara Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. JIPETIK:Jurnal Ilmiah Penelitian Teknologi Informasi & Komputer, 4(1), 16–21. https://doi.org/10.26877/jipetik.v4i1.12964
Novitasari, R., & Hartoto, S. (2020). Hubungan antara tingkat aktivitas di luar jam pelajaran PJOK dengan kondisi kebugaran jasmani siswa The relationship between the level of activity outside of PJOK lesson with the physical fitness of students. Journal of Physical Education OPEN ACCESS Bima Loka: Journal of Physical Education |, 1, 32–39. https://journal.unesa.ac.id/index.php/bimaloka/
Nugroho, I. N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berlari, Melempar, dan Menangkap Bola Melalui Permainan Tic Tac Toe Ball di Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 657–678. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.230
Nurhasan, Ardha, M. A. Al, Erta, & Dewi, hapsari S. C. P. (2024). Sosialisasi Tetap Bugar saat Berpuasa dengan Olahraga Petanque. 2(2), 121–129.
Nurussofa, R., & Astuti, H. P. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (Jpms), 9(1), 22–28. https://doi.org/10.36987/jpms.v9i1.4183
Rahman, S. (2024). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Rahmat, Z. (2015). Atletik Dasar & Lanjutan. In Atletik Dasar & Lanjutan. https://repository.bbg.ac.id/bitstream/452/1/Atletik_Dasar_dan_Lanjutan.pdf
Rosarian, A. W., & Dirgantoro, K. P. S. (2020). Upaya Guru Dalam Membangun Interaksi Siswa Melalui Metode Belajar Sambil Bermain [Teacher’S Efforts in Building Student Interaction Using a Game Based Learning Method]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 146. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2332
Simamora, B. (2022). Skala Likert, Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–93. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.978
Sukendro, & Yuliawan, E. (2019). Dr. Sukendro, M.Kes. AIFO Ely Yuliawan M.Pd. In Dasar-dasar Atletik. Salim media.
Syofian, M., & Gazali, N. (2021). Kajian literatur: Dampak covid-19 terhadap pendidikan jasmani. Journal of Sport Education (JOPE), 3(2), 93. https://doi.org/10.31258/jope.3.2.93-102
Tabroni, I., & Qutbiyah, S. M. (2022). Strategi Pembelajaran PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Di Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Plus Al-Hidayah Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 1(3), 353–360. https://bajangjournal.com/index.php/JPDH/article/view/868
Utami, A. M., Adelia, R., Kurniawati, I., Damayanti, E., Damara, T. D., & Pramudiani, P. (2024). Implementasi Permainan Tic-Tac-Toe sebagai Konteks Pembelajaran Matematika pada Materi Keliling Bangun Datar dalam Menanamkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 180–188. https://doi.org/10.31004/cendekia.v8i1.3036
Waskita, D. T., Surya, C. M., & Febriana, R. (2022). Kemampuan Motorik Kasar Melalui Teknik Permainan Lari Estafet Pada Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Tahsinia, 3(1), 53–62. https://doi.org/10.57171/jt.v3i1.312
Willenda, Z., Yantoro, Y., Misnawati, M., & Basyir, B. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Penerapan Culturally Responsive Teaching Dalam Pembelajaran. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(1), 72–81. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.2948
Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan Konsep Instrumen Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rohman Ardiansyah Prakoso, Ari Wibowo Kurniawan, Mudji Slamet

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


