Upaya meningkatkan hasil belajar bulutangkis dengan metode inquiry pada siswa kelas ix

Authors

  • Firmansyah Firmansyah Pendidikan Jasmani Universitas Megarezky
  • Muh Ilham Budi Utama Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky
  • Muhammad Hidayat Chakrawijaya Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky
  • Aminuddin Aminuddin Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.21700

Keywords:

hasil belajar, tehnik pukulan backhand lob overhead, pembelajaran inquiry

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX dengan menggunakan metode inquiry. Dilaksanakan dalam dua siklus yaitu setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-A MTS Negeri 2 Sinjai yang berjumlah 16 siswa terdiri atas putra= 10 orang dan putri= 6 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes teknik dasar pukulan backhand lob overhead bulutangkis. Tes dilakukan menggunakan process-oriented, yaitu menilai proses melakukan teknik dasar bulutangkis. Teknik Analisa data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar tehnik dasar pukulan backhand lob overhead bulutangkis meningkat dari pre-siklus dengan ketuntasan 37.5% menjadi 50% di siklus I dan 100% di siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dalam permainan bulutangkis melalui tehnik pukulan backhand lob overhead siklus I ke siklus II tercapai dengan kategori tuntas. Hal ini membuktikan bahwa pemberian metdoe pembelajaran inquiry dapat meningkatkan hasil belajar bulutangkis.

Author Biographies

Muh Ilham Budi Utama, Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

Muhammad Hidayat Chakrawijaya, Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

Aminuddin Aminuddin, Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

References

Aminuddin, Sikki, S., & Simbung, R. (2020). Hubungan Status Gizi Dengan Daya Tahan Kardiovaskular Pemain Bulutangkis. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2020, 1(1), 42–51.

Aminuddin. (2020). Pengaruh Kekuatan Otot Perut dan Daya Ledak Lengan terhadap Kemampuan Tolak Peluru Gaya Ortodox Siswa Putra SMP Negeri 1 Watang Pulu Kabupaten Sidrap. Exercise, 2(1), 313322.

Hartoto, S., Khory, F. D., Al Ardha, M. A., & Prakoso, B. B. (2019, August). Learning communities for prospective teachers through peer-tutoring programs. In 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (pp. 563-569). Atlantis Press.

Hartoto, S., Khory, F. D., Mr, S., & Prakoso, B. B. (2018, July). Quality of Prospective Physical Education Teacher Reviewed from Effectiveness of Learning. In 2nd Social Sciences, Humanities and Education Conference: Establishing Identities through Language, Culture, and Education (SOSHEC 2018) (pp. 194-197). Atlantis Press.

Majid, R. F., Julianti, R. R., & Iqbal, R. (2021). Tingkat Pengetahuan Siswa Tentang Permainan Bulutangkis Kelas VII di SMP Negeri 1 Teluk jambe Barat Kabupaten Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(6), 217–225. https://doi.org/10.5281/zenodo.5589743

Nugraha, T. A., Hartoto, S., Djawa, B., Khory, F. D., & Prakoso, B. B. (2021). Evaluasi sistem penilaian performa renang mahasiswa program pembelajaran akuatik. Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 9(1), 1-10.

Nurrita, T. (2018). Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.

Passe, R., Aminuddin, A., Lestari, A., & Sudirman, J. (2022). Pengaruh Latihan Fisik Terhadap Kecemasan Menghadapi Masa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Desa Timbuseng Kabupaten Takalar. Psikologi Kreatif Inovatif, 2(3), 1–8.

Pradana, A. (2012). Tingkat Kecakapan Pukulan Backhand Overhead Lob Mahasiswa Ikk Bulutangkis I Jurusan Pklo Fik Unnes Tahun 2012 Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang Tahun 2012.

Prakoso, B. B., Saifuddin, H., & Burstiando, R. (2013). Keterampilan Gerak Dasar Siswa Kelas atas MI Miftahul Ulum 3 Pereng Kulon Gresik. In Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Penjasorkes Pada Kurikulum.

Siagian, R. E. F., & Nurfitriyanti, M. (2015). Metode pembelajaran inquiry dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas belajar. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1).

Simonton, K. L., Layne, T. E., & Irwin, C. C. (2021). Project-based learning and its potential in physical education: an instructional model inquiry. Curriculum Studies in Health and Physical Education, 12(1), 36-52.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, KuaIitatif, Dan R & D. Alfabeta.

Suhardianto, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Servis Backhand Dalam Permainan Bulutangkis Melalui Metode Inquiry Pada Siswa SMP Negeri 4 Ponrang Kabupaten Luwu. Indonesian Journal of Physical Activity, 1(1), 1-13.

Suharsimi Arikunto. (2010). Arikunto, Suharsimi (2010) “Prosedur Penelitian : suatu pendekatan praktek.” PB.PBSI.

Teni Nurrita. (2018). Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 03(01), 171.

Wahyudin, W., Saharullah, S., & Aminuddin, A. (2021). Pengaruh Interval Training Terhadap Peningkatan VO2Max Atlet Bola Voli Putri Club Gowata Tahun 2021. Seminar Nasional LP2M UNM, 20–21.

Published

2023-08-24

How to Cite

Firmansyah, F., Utama, M. I. B., Chakrawijaya, M. H., & Aminuddin, A. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar bulutangkis dengan metode inquiry pada siswa kelas ix. Bima Loka: Journal of Physical Education, 3(1), 13–22. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.21700

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 73 , PDF Downloads: 60 , PDF Downloads: 5