Upaya meningkatkan hasil belajar pembelajaran bulutangkis dengan menggunakan model variasi latihan

Authors

  • Candrini Candrini Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky
  • Aminuddin Aminuddin Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky
  • Kurnia Rusli Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.21697

Keywords:

hasil belajar, variasi latihan, pembelajaran bulutangkis

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar smash dalam permainan bulutangkis siswa kelas X A SMKN 1 Mehalaan, melalui model variasi latihan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dua puluh siswa kelas XA SMKN 1 Mehalaan (Pa= 9 dan Pi= 11). Pengumpulan data menggunakan metode tes untuk hasil belajar keterampilan dan ujian tulis untuk pengetahuan, dan observasi untuk hasil belajar sikap. Teknik Analisa data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa tuntas mencapai 40% di siklus I dan 100% tuntas pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa dalam permainan bulutangkis melalui model variasi latihan siklus I ke II tercapai sesuai yang diharapkan. Hal ini dicapai akibat pemberian materi pembelajaran yang dilakukan dengan maksimal kepada siswa.

Author Biography

Aminuddin Aminuddin, Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

Dosen Prodi Pendidikan jasmani FKIP Universitas Megarezky

References

Aminuddin, Sikki, S., & Simbung, R. (2020). Hubungan Status Gizi Dengan Daya Tahan Kardiovaskular Pemain Bulutangkis. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan Masyarakat 2020, 1(1), 42–51.

Aminuddin. (2019). Kadar Glukosa Darah Setelah Melakukan Pemanasan Aktif, Pemanasan Pasif dan Aktivitas Fisik Submaksimal. Exercise, 1(2), 313235.

Arifin, A. Z., Januarto, O. B., & Tomi, A. (2020). Upaya meningkatkan pukulan forehand dropshot bulutangkis menggunakan metode variasi untuk atlet usia 8-12 tahun. Sport Science and Health, 2(6), 312-322.

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktek. Rineka Cipta.

Arisetiyana, F. F., Kartiko, D. C., Indahwati, N., & Prakoso, B. B. (2020). Motivation And Student Learning Outcomes In Problem Based Learning. Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 4(1), 1-10.

Benovri, R. (2018). Pengembangan model latihan smash bulutangkis untuk usia remaja. Motion: Jurnal Riset Physical Education, 9(1), 1-10.

Ni’mah, I. T., & Deli, M. (2017). Buku pintar bulutangkis (Agoes jo (ed.); Pertama). Augrah.

Prakoso, B. B. (2015). Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar PJOK melalui Evaluasi Diri Guru. Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan, 64, 510-523.

Rahayu, R., Subroto, T., & Budiman, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Pada Olahraga Permainan Bolatangan. Physical Activity Journal (PAJU), 1(2), 107-114.

Rusli, K. (2021). Pengaruh Masa Pubertas Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Di Smp Negeri 30 Makassar. Jurnal Pendidikan Glasser, 5(1), 31. https://doi.org/10.32529/glasser.v5i1.880.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, KuaIitatif, Dan R & D. Alfabeta.

Susilo, A. A. (2021). Minat siswa terhadap pembelajaran permainan bulutangkis di masa pandemi covid-19 (studi kasus pada siswa kelas vii smp negeri 5 bangkalan tahun 2020/2021) (STKIP PGRI BANGKALAN).

Wahyudin, W., Saharullah, S., & Aminuddin, A. (2021). Pengaruh Interval Training Terhadap Peningkatan VO2Max Atlet Bola Voli Putri Club Gowata Tahun 2021. Seminar Nasional LP2M UNM, 20–21.

Yuliawan, D. (2017). Bulu tangkis dasar (Pertama). CV Budi Utama. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1143478

Published

2023-08-12

How to Cite

Candrini, C., Aminuddin, A., & Rusli, K. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar pembelajaran bulutangkis dengan menggunakan model variasi latihan. Bima Loka: Journal of Physical Education, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.21697

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 78 , PDF Downloads: 61 , PDF Downloads: 3