Model passing atas berpasangan: upaya meningkatkan hasil belajar materi bolavoli kelas xi

Authors

  • Muhammad Ilham Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky
  • Muhammad Janwar Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky
  • Agus Ismail Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky
  • Julia Fitrianingsih Ilmu Keperawan, Fakultas Keperawatan dan Kebidanan, Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.21725

Keywords:

hasil belajar, bolavoli, model passing berpasangan

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing atas materi bolavoli melalui penerapan model permainan passing berpasangan pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Makassar. Pembelajaran menerapkan permainan passing berpasangan dilakukan sebanyak dua siklus dengan setiap siklus berisi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebanyak 30 peserta didik terdiri atas 14 orang putra dan 16 orang putri. Pengumpulan data menggunakan tes passing atas menggunakan teknik process-oriented. Teknik analisis data menggunakan deskriptif statistik. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar dari data awal peserta didik tuntas sebanyak 10%, meningkat menjadi 17% pada siklus I, meningkat menjadi 100%. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model permainan passing berpasangan dapat meningkatkan hasil belajar materi bolavoli.

References

Arlioni, Aminuddin, Awaluudin, Suhardianto. (2021). Hubungan Antara Motor Educability Terhadap Kemampuan Servis Bawah Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Larompong. Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Homaniora, 1(1), 57–65.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2020). Pembelajaran Bola Voli. In Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 3).

Hervás, R. & Millares, P. (2004). Permainan Bola Voli. CWL Publishing Enterprises, Inc., Madison, 2004, 352.

Ismail, A. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Melalui Permainan Tradisional Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 13 Makassar. Exercise, 1(2). https://doi.org/10.37289/exercise.v1i2.37

Janwar, M. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Passing Bawah melalui Metode Pembelajaran Passing Berpasangan dalam Pembelajaran Bola Voli pada Siswa Kelas X Iis2 SMA Negeri 19 Makassar. Exercise, 1(2). https://doi.org/10.37289/exercise.v1i2.40.

Kresnapati, P. (2020). Perbedaan latihan passing berpasangan dengan perubahan tinggi net berat bola terhadap kemampuan passing bawah. Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(1), 9-15.

Mahardika, I. M. G. A., Marhaeni, D. A. I. N., & Widiartini, D. N. K. (2015). Pengaruh Variasi Pelatihan Passing terhadap Kemampuan Melakukan Passing Atas pada Permainan Bola Voli pada Siswa Smalb Slb B Negeri Sidakarya Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1).

Muzaffar, A. (2015). Model Pembelajaran (Passing) Atas Bola Voli Dengan Pola Pendekatan Bermain PadaPendidikan Jasmani. Cerdas Sifa Pendidikan, 4(1).

Oktavia, R. D., & Hariyanto, D. (2017). Pengaruh latihan passing berpasangan statis dan latihan passing bergerak dinamis terhadap ketepatan passing pada permainan futsal. Jp. jok (Jurnal Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan), 1(1), 30-41.

Rahmad, H. A., & Sanusi, R. (2019). Pengaruh Latihan Teknik Passing Bawah Berpasangan dan Metode Drill terhadap Hasil Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli pada Klub Citra FC Perjuangan Kabupaten Meranti. Jurnal Online Mahasiswa Penjaskesrek (JOMPENJAS), 1(1), 1-9.

Rahmat, D., & Wahidi, R. (2018). Pengaruh Pembelajaran Passing Berpasangan Terhadap Keterampilan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli. JUARA: Jurnal Olahraga, 3(2), 96-103.

Saputra, D. I. M., & Gusniar, G. (2019). Meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli melalui bermain melempar bola. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 64-73.

Sarwita, T. (2017). Pengaruh Latihan Passing Bawah Berpasangan Terhadap Ketepatan Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Pada Klub Pervodac. Jurnal Penjaskesrek, 4(1), 31-37.

Sinurat, S. Y., Bangun, S. Y., Keolahragaan, F. I., & Medan, U. N. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli , Siswa SMK Melalui Variasi Pembelajaran. 9.

Suprianto, I. W., Wahjoedi, H., & Spyanawati, N. L. P. (2020). Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK pada Masa Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sport & Tourism, 2(1), 8-14.

Syahputra, R., (2019). Upaya meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli melalui variasi mengajar pada siswa kelas x smkn 4 pekanbaru. Other thesis, Universitas Islam Riau. Tersedia di: https://repository.uir.ac.id/5590/.

Yatulfani, R. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Passing Atas Dengan Model Pembelajaran Berpasangan Pada Permainan Bolavoli Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar. Tersedia di: http://eprints.unm.ac.id/14445/.

Published

2023-08-25

How to Cite

Ilham, M., Janwar, M., Ismail, A., & Fitrianingsih, J. (2023). Model passing atas berpasangan: upaya meningkatkan hasil belajar materi bolavoli kelas xi. Bima Loka: Journal of Physical Education, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.21725

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 79 , PDF Downloads: 43 , PDF Downloads: 3