Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi materi passing sepak bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division

Authors

  • Muhammad Fajar Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky
  • Muhammad Janwar Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky
  • Agus Ismail Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i2.21910

Keywords:

hasil belajar, kooperatif tipe STAD, sepakbola

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar passing dalam permainan sepak bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus menerapkan model pembelajaran STAD. Sebanyak 23 peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Jeneponto menjadi subjek. Teknik pengumpulan data menggunakan tes passing dinilai menggunakan pedoman observasi sesuai indikator melakukan passing pada sepakbola. Analisis data menggunakan deskriptif statistik. Hasil menunjukkan bahwa peningkatan ketuntasan peserta didik mulai dari data awal yaitu 43% berubah menjadi 61% di siklus I dan 100% di siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik materi sepakbola.

References

Alnedral, M. P. (2016). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga & Kesehatan.

Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Pb.Pbsi.

Ashari, A. H., Muhammad, H. N., & Prakoso, B. B. (2022). Identifikasi Sarana dan Prasarana Olahraga dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga. Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 10(2), 137-148.

Asri, & Abdul, I. (2016). Peningkatan Pembelajaran Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli Melalui Model Pembelajaran Langsung (Direct Instructions) Pada Siswa Kelas V Sdn No 1 Pesaku Kecamatan Dolo Barat Kabupaten Sigi. E- Journal Physical Education, Healt And Recreation, 4(1), 1–15.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Education And Development, 8(2), 468–470.

Festiawan, R. (2020). Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran. 2020, 1–17.

Hartoto, S., Khory, F. D., Al Ardha, M. A., & Prakoso, B. B. (2019, August). Learning communities for prospective teachers through peer-tutoring programs. In 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (pp. 563-569). Atlantis Press.

Kamaruddin, I., Kamadi, L., Assagaf, A., & Makassar, U. N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Majene Universitas Negeri Makassar, Indonesia. 9(2), 312–321.

Khory, F. D., Hartoto, S., & Prakoso, B. B. (2020). Hubungan tingkat percaya diri dengan hasil belajar berenang. Bravo's: Jurnal Program Studi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, 8(3), 117-125.

Naldi, I. Y., & Irawan, R. (2020). Kontribusi kemampuan motorik terhadap kemampuan teknik dasar pada atlet ssb (sekolah sepakbola) balai baru kota padang. Jurnal Performa Olahraga, 5(1), 6-11.

Natal, Y. R. (2020). Kebijakan pemerintah tentang penyediaan sarana dan prasarana olahraga pendidikan di SMP Negeri sekecamatan Bajawa. Ejurnal Imedtech-Instructional Media, Design and Technology STKIP Citra Bakti Ngada, 4(1), 22-36.

Nurcahyo, E. V. (2014). Penilaian Keterampilan Dribbling Dan Passing Sepakbola Melalui Tes Pengamatan Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Minggir. Skripsi]. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Yogyakarta.

Ramadhan, M. G., Ma'mun, A., & Mahendra, A. (2020). Implementasi Kebijakan Olahraga Pendidikan sebagai Upaya Pembangunan Melalui Olahraga Berdasarkan Undang-Undang Sistem Keolahragaan Nasional. JTIKOR (Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan), 5(1), 69-80.

Rukaesih A. Maolani, U. C. (2016). Metodologi Penelitian Pendidikan.

Ruslan, R., Apriasari, A., Nurjamal, N., Ismawan, H., & Nurhidayat, B. (2021). Learning Results Of Long Badminton Services Through The Cooperative Stad Learning Model. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(2), 368-374.

Sembel, R. S. (2019). Belajar Dan Pembelajarantujuan Belajar Dan Pembelajaran.

Wibisono, R., Kartiko, D. C., & Hartoto, S. (2018). Improve the motivation of learning and learning outcomes passing down volleyball through cooperative learning model. Journal of Physical Education Health and Sport, 5(2), 39-45.

Published

2023-08-30

How to Cite

Fajar, M., Janwar, M., & Ismail, A. (2023). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas xi materi passing sepak bola melalui model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division. Bima Loka: Journal of Physical Education, 3(2), 44–54. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i2.21910

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 75 , PDF Downloads: 104 , PDF Downloads: 11