Pengaruh alat bantu pullbuoy dan swimboard terhadap keterampilan renang siswa sekolah dasar
DOI:
https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.29169Keywords:
alat bantu pembelajaran, swimboard, pullbuoy, pembelajaran renangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan alat bantu berupa pullbuoy dan swimboard dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas. Weak-experimental ini menggunakan desain one group pretest-posttest dalam proses penelitian. Populasi penelitian ini adalah 22 siswa yang terdaftar sebagai anggota ekstrakurikuler renang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapatkan 17 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan rincian pertemuan ke-1 adalah pretest, ke-2 dan 3 adalah treatment, dan ke-4 adalah posttest. Penilaian saat pretest dan posttest dilakukan menggunakan penilaian proses dengan cara observasi oleh 3 penilai. Deskriptif statistik digunakan untuk menentukan kecenderungan distribusi data, normalitas menggunakan Saphiro Wilks, dan uji hipotesis menggunakan Wilcoxon. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh alat bantu pullbuoy dan swimboard terhadap hasil belajar renang gaya bebas siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Dibuktikan dengan nilai Z sebesar 3.578 dengan sig. sebesar 0.000<0.05. Berdasarkan hasil penghitungan dapat dijelaskan bahwa besar pengaruh alat bantu pullbuoy dan swimboard terhadap hasil belajar renang gaya bebas siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya sebesar 46%. Pengaruh ini masuk dalam kategori sedang. Disarankan dua hal yaitu: (1) Guru perlu memanfaatkan alat bantu belajar renang pada setiap mengajarkan renang terutama bagi anak yang baru belajar; dan (2) Guru perlu mengembangkan berbagai alat bantu renang agar peserta didik nyaman belajar renang sehingga anak-anak tidak bosan menggunakan alat bantu yang monoton.
References
Alkhafid, M. S. (2022). Efektivitas alat bantu pullbuoy dan swimboard untuk proses renang gaya bebas 50 m ku 3 di club renang bahurekso swimmer kecamatan boja. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/3262
Anderson, D. I., & Rodriguez, A. (2014). Is there an optimal age for learning to swim?. Journal of Motor Learning and Development, 2(4), 80-89. DOI: https://doi.org/10.1123/jmld.2014-0049
Bakar, R. A., & Bakar, J. A. (2017). Aquaphobia: Causes, symptoms and ways of overcoming it for future well-being. International Academic Research Journal of Social Science, 3(1), 82-88. https://www.iarjournal.com/wp-content/uploads/IARJSS2017_1_82-88.pdf
Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51-58. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497
Chaabene, H., Negra, Y., Bouguezzi, R., Capranica, L., Franchini, E., Prieske, O., Hbacha, H., & Granacher, U. (2018). Tests for the assessment of sport-specific performance in Olympic combat sports: A systematic review with practical recommendations. Frontiers in physiology, 9, 386. https://doi.org/10.3389/fphys.2018.00386
De Martelaer, K., D'Hondt, E., Van Driel, J., Bardid, F., Bierens, M. D., & Joost, J. L. M. (2018). Effective water competence training for school-aged children: teaching strategies for skills, knowledge, and attitudes. International journal of aquatic research and education, 11(2), 12. https://doi.org/10.25035/ijare.11.02.12
Dinata, V. C., Priambodo, A., Hariyanto, A., Ristanto, K. O., & Prakoso, B. B. (2020). Evaluasi penerapan blended learning berdasarkan kualitas model dan motivasi belajar mahasiswa-atlet. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 407-422. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.14462
Fadila, A., Budi, D. R., Listiandi, A. D., Ngadiman, N., & Festiawan, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Physical Activity Journal (PAJU), 3(1), 23-30. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4350
Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2018). How to design and evaluate research in education (10th) ed.). McGraw-Hill.
Franklin, R. C., Peden, A. E., Hodges, S., Lloyd, N., Larsen, P., O'Connor, C., & Scarr, J. (2015). Learning to swim: what influences success?. International Journal of Aquatic Research and Education, 9(3), 2. https://doi.org/10.25035/ijare.09.03.02
Hartoto, S., Dwi Khory, F., & Prakoso, B. B. (2017). Validation of self-confidence questionnaire in swimming course learning. Educational Research International, 6(4). http://www.erint.savap.org.pk/PDF/Vol.6.4/ERInt.2017-6.4-02.pdf
Hartoto, S., Khory, F. D., Al Ardha, M. A., & Prakoso, B. B. (2019). Learning communities for prospective teachers through peer-tutoring programs. In 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (pp. 563-569). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.90
Izumi, T., Hyodo, H., Yoshioka, T., & Wada, T. (2023). The influence of strategic swimming pool facility placement on swimming performance. Journal of Physical Education and Sport, 23(7), 1742-1750. https://efsupit.ro/images/stories/iulie2023/Art%20214.pdf
Karantanas, A. H. (2016). Imaging of Water Sports Injuries. In Imaging in Sports-Specific Musculoskeletal Injuries (pp. 403-448). Cham: Springer International Publishing. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-14307-1_16
Lynch, T. J. (2015). Australian Curriculum Reform: Treading Water Carefully?. International Journal of Aquatic Research and Education, 9(2), 10. https://doi.org/10.25035/ijare.09.02.10
Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (edisi kedua). Surabaya: Unesa University Press.
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/371
Orcan, F. (2020). Parametric or non-parametric: Skewness to test normality for mean comparison. International Journal of Assessment Tools in Education, 7(2), 255-265. https://doi.org/10.21449/ijate.656077
Pramono, B. A., Mustar, Y. S., Marsudi, I., Hariyanto, A., & Ashadi, K. (2020). Aktivitas air: rekomendasi penurunan kadar glukosa darah. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 173-183. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13979
Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300-308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995
Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, Purba, B. (2020). Pengantar media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.
Putri, G. T. K. (2020). Penerapan Part And Whole Method Terhadap Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas Mahasiswa Melalui Komunitas Belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 263-267. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/34734
Ramadhan, D. M., & Hartoto, S. (2018) Pengaruh alat bantu swim board terhadap hasil belajar renang gaya dada (Studi Pada Siswa Kelas X SMAN 4 Sidoarjo). Jurna Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/23269
Rizkiyansyah, A., & Mulyana, B. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112-123. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v11i2.20311
Setyorini. (2016). Reliabilitas dan Indek Kesepakatan Kelompok Rater Pada Penilaian Keterampilan Gerak Dasar Menggunakan Sistem Process-Oriented. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, STKIP PGRI Jombang. Tersedia di https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/899
Siregar, O. S. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerakan Kaki Renang Gaya Dada Menggunakan Alat Bantu Jerigen Pada Siswa Kelas Vii SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED). http://digilib.unimed.ac.id/9335/ Diakses tanggal 1 Desember 2022.
Usra, M. (2018). Swimming learning model using rope as aid for beginners. In First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on Education 2017 (ICE 2017) (pp. 388-393). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/ice-17.2018.83
van Duijn, T., Ng, J. L., Burnay, C., Anderson, N., Uehara, L., Cocker, K., & Button, C. (2021). The influence of equipment and environment on children and young adults learning aquatic skills. Frontiers in psychology, 12, 733489. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.733489
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Risma Farahdillah Ramadhani, Setiyo Hartoto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


