Pengaruh alat bantu pullbuoy dan swimboard terhadap keterampilan renang siswa sekolah dasar

Authors

  • Risma Farahdillah Ramadhani Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur
  • Setiyo Hartoto Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.29169

Keywords:

alat bantu pembelajaran, swimboard, pullbuoy, pembelajaran renang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memanfaatkan alat bantu berupa pullbuoy dan swimboard dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar renang gaya bebas. Weak-experimental ini menggunakan desain one group pretest-posttest dalam proses penelitian. Populasi penelitian ini adalah 22 siswa yang terdaftar sebagai anggota ekstrakurikuler renang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga didapatkan 17 siswa. Penelitian dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan rincian pertemuan ke-1 adalah pretest, ke-2 dan 3 adalah treatment, dan ke-4 adalah posttest. Penilaian saat pretest dan posttest dilakukan menggunakan penilaian proses dengan cara observasi oleh 3 penilai. Deskriptif statistik digunakan untuk menentukan kecenderungan distribusi data, normalitas menggunakan Saphiro Wilks, dan uji hipotesis menggunakan Wilcoxon. Hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh alat bantu pullbuoy dan swimboard terhadap hasil belajar renang gaya bebas siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya. Dibuktikan dengan nilai Z sebesar 3.578 dengan sig. sebesar 0.000<0.05. Berdasarkan hasil penghitungan dapat dijelaskan bahwa besar pengaruh alat bantu pullbuoy dan swimboard terhadap hasil belajar renang gaya bebas siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya sebesar 46%. Pengaruh ini masuk dalam kategori sedang. Disarankan dua hal yaitu: (1) Guru perlu memanfaatkan alat bantu belajar renang pada setiap mengajarkan renang terutama bagi anak yang baru belajar; dan (2) Guru perlu mengembangkan berbagai alat bantu renang agar peserta didik nyaman belajar renang sehingga anak-anak tidak bosan menggunakan alat bantu yang monoton.

References

Alkhafid, M. S. (2022). Efektivitas alat bantu pullbuoy dan swimboard untuk proses renang gaya bebas 50 m ku 3 di club renang bahurekso swimmer kecamatan boja. In Seminar Nasional Keindonesiaan (FPIPSKR). https://conference.upgris.ac.id/index.php/snk/article/view/3262

Anderson, D. I., & Rodriguez, A. (2014). Is there an optimal age for learning to swim?. Journal of Motor Learning and Development, 2(4), 80-89. DOI: https://doi.org/10.1123/jmld.2014-0049

Bakar, R. A., & Bakar, J. A. (2017). Aquaphobia: Causes, symptoms and ways of overcoming it for future well-being. International Academic Research Journal of Social Science, 3(1), 82-88. https://www.iarjournal.com/wp-content/uploads/IARJSS2017_1_82-88.pdf

Burhaein, E. (2017). Aktivitas fisik olahraga untuk pertumbuhan dan perkembangan siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51-58. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Chaabene, H., Negra, Y., Bouguezzi, R., Capranica, L., Franchini, E., Prieske, O., Hbacha, H., & Granacher, U. (2018). Tests for the assessment of sport-specific performance in Olympic combat sports: A systematic review with practical recommendations. Frontiers in physiology, 9, 386. https://doi.org/10.3389/fphys.2018.00386

De Martelaer, K., D'Hondt, E., Van Driel, J., Bardid, F., Bierens, M. D., & Joost, J. L. M. (2018). Effective water competence training for school-aged children: teaching strategies for skills, knowledge, and attitudes. International journal of aquatic research and education, 11(2), 12. https://doi.org/10.25035/ijare.11.02.12

Dinata, V. C., Priambodo, A., Hariyanto, A., Ristanto, K. O., & Prakoso, B. B. (2020). Evaluasi penerapan blended learning berdasarkan kualitas model dan motivasi belajar mahasiswa-atlet. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(2), 407-422. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i2.14462

Fadila, A., Budi, D. R., Listiandi, A. D., Ngadiman, N., & Festiawan, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Physical Activity Journal (PAJU), 3(1), 23-30. https://doi.org/10.20884/1.paju.2021.3.1.4350

Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H. (2018). How to design and evaluate research in education (10th) ed.). McGraw-Hill.

Franklin, R. C., Peden, A. E., Hodges, S., Lloyd, N., Larsen, P., O'Connor, C., & Scarr, J. (2015). Learning to swim: what influences success?. International Journal of Aquatic Research and Education, 9(3), 2. https://doi.org/10.25035/ijare.09.03.02

Hartoto, S., Dwi Khory, F., & Prakoso, B. B. (2017). Validation of self-confidence questionnaire in swimming course learning. Educational Research International, 6(4). http://www.erint.savap.org.pk/PDF/Vol.6.4/ERInt.2017-6.4-02.pdf

Hartoto, S., Khory, F. D., & Prakoso, B. B. (2018). The role of students’ self-confidence in relation with swimming routines, frequency, and tutor in swimming class. In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering (Vol. 296, No. 1, p. 012028). IOP Publishing. https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1757-899X/296/1/012028/pdf

Hartoto, S., Khory, F. D., Al Ardha, M. A., & Prakoso, B. B. (2019). Learning communities for prospective teachers through peer-tutoring programs. In 1st International Conference on Education Social Sciences and Humanities (ICESSHum 2019) (pp. 563-569). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.90

Ho, T. S., & Li, L. L. (2013). A Study on Elementary Schoolchildren’s Participation Motivation, Social Support, Swimming Enjoyment, and Learning Satisfaction on Swimming. Life Science Journal, 10(4), 3094-3106. https://www.lifesciencesite.com/lsj/life1004/412_22269life1004_3094_3106.pdf

Izumi, T., Hyodo, H., Yoshioka, T., & Wada, T. (2023). The influence of strategic swimming pool facility placement on swimming performance. Journal of Physical Education and Sport, 23(7), 1742-1750. https://efsupit.ro/images/stories/iulie2023/Art%20214.pdf

Karantanas, A. H. (2016). Imaging of Water Sports Injuries. In Imaging in Sports-Specific Musculoskeletal Injuries (pp. 403-448). Cham: Springer International Publishing. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-319-14307-1_16

Lynch, T. J. (2015). Australian Curriculum Reform: Treading Water Carefully?. International Journal of Aquatic Research and Education, 9(2), 10. https://doi.org/10.25035/ijare.09.02.10

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (edisi kedua). Surabaya: Unesa University Press.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan di Indonesia abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 422-438. http://journal.rekarta.co.id/index.php/jartika/article/view/371

Orcan, F. (2020). Parametric or non-parametric: Skewness to test normality for mean comparison. International Journal of Assessment Tools in Education, 7(2), 255-265. https://doi.org/10.21449/ijate.656077

Pamungkas, G. S., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh pengenalan air terhadap tingkat aquaphobia. Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1n1.p40-45

Pramono, B. A., Mustar, Y. S., Marsudi, I., Hariyanto, A., & Ashadi, K. (2020). Aktivitas air: rekomendasi penurunan kadar glukosa darah. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 173-183. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.13979

Prawira, A. Y., Prabowo, E., & Febrianto, F. (2021). Model Pembelajaran Olahraga Renang Anak Usia Dini: Literature Review. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(2), 300-308. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.995

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, Purba, B. (2020). Pengantar media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Putri, G. T. K. (2020). Penerapan Part And Whole Method Terhadap Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas Mahasiswa Melalui Komunitas Belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1), 263-267. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/34734

Ramadhan, D. M., & Hartoto, S. (2018) Pengaruh alat bantu swim board terhadap hasil belajar renang gaya dada (Studi Pada Siswa Kelas X SMAN 4 Sidoarjo). Jurna Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 6(2). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/23269

Rizkiyansyah, A., & Mulyana, B. (2019). Pengaruh Media Papan Luncur dan Pull Buoy Pola Metode Drill terhadap Hasil Belajar Teknik Dasar Renang Gaya Bebas. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 11(2), 112-123. https://doi.org/10.17509/jko-upi.v11i2.20311

Roure, C., & Lentillon-Kaestner, V. (2022). Relationships between students’ individual interest, achievement goals, perceived competence and situational interest: A cluster analysis in swimming. European Physical Education Review, 28(2), 322-340. https://doi.org/10.1177/1356336X211045992

Setyorini. (2016). Reliabilitas dan Indek Kesepakatan Kelompok Rater Pada Penilaian Keterampilan Gerak Dasar Menggunakan Sistem Process-Oriented. Seminar Nasional Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, STKIP PGRI Jombang. Tersedia di https://ejournal.stkipjb.ac.id/index.php/prosiding/article/view/899

Sin, T. H., & Hudayani, F. (2020). The influence of swimming learning method using swimming board towards students’ interest in freestyle. Jurnal keolahragaan, 8(2), 216-221. http://dx.doi.org/10.21831/jk.v8i2.34412

Siregar, O. S. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerakan Kaki Renang Gaya Dada Menggunakan Alat Bantu Jerigen Pada Siswa Kelas Vii SMP Dharma Pancasila Medan Tahun Ajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED). http://digilib.unimed.ac.id/9335/ Diakses tanggal 1 Desember 2022.

Usra, M. (2018). Swimming learning model using rope as aid for beginners. In First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on Education 2017 (ICE 2017) (pp. 388-393). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/ice-17.2018.83

van Duijn, T., Ng, J. L., Burnay, C., Anderson, N., Uehara, L., Cocker, K., & Button, C. (2021). The influence of equipment and environment on children and young adults learning aquatic skills. Frontiers in psychology, 12, 733489. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.733489

Published

2024-01-07

How to Cite

Ramadhani, R. F., & Hartoto, S. (2024). Pengaruh alat bantu pullbuoy dan swimboard terhadap keterampilan renang siswa sekolah dasar. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1), 20–31. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.29169

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 71 , PDF Downloads: 52 , PDF Downloads: 3