Identifikasi keterlaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran pjok di smpn 2 sidoarjo

Authors

  • Zaki Ichlasul Muhadi Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur
  • Heryanto Nur Muhammad Universitas Negeri Surabaya
  • Toni Kogoya Program studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27865

Keywords:

kurikulum, pembelajaran, PJOK

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan perencanaan sistematis kegiatan pembelajaran sebagai panduan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan memberikan keleluasaan kepada peserta didik dan guru untuk menentukan kebijakan sesuai kompetensi yang dimiliki dengan harapan pembelajaran menjadi nyaman dan menyenangkan, sehingga proses dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan kurikulum merdeka di SMPN 2 Sidoarjo. Penelitian kualitatif ini melibatkan subjek penelitian yang terdiri atas 1 guru non-PJOK sekaligus bidang kurikulum, 2 guru PJOK sekaligus pimpinan sekolah, dan peserta didik sebanyak 20 orang. Wawancara dilakukan menggunakan pedoman wawancara dengan fokus empat hal yaitu kesiapan sekolah, proses dan asesmen pembelajaran, modul ajar, dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Analisis data menggunakan aplikasi NVivo 12 menggunakan alur tema sesuai target penelitian. Hasil menunjukkan bahwa kesiapan Sekolah ditunjukkan oleh implementasi mandiri belajar, mandiri berbagi, dan mandiri berubah. Proses pembelajaran dan asesmen telah menerapkan proses pembelajaran berdiferensiasi dan juga menerapkan refleksi asesmen dalam pembelajaran PJOK yang meliputi semua aspek hasil belajar peserta didik mulai dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Modul ajar yang dipakai dalam pembelajaran PJOK selalu terbaru dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Pembelajaran PJOK telah memasukkan Penguatan Profil Pelajar Pancasila ke dalam proses pembelajaran yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia. Menerapkan sikap toleransi dalam pembelajaran dengan saling menghormati, tidak membeda-bedakan, dan saling tolong menolong. Menerapkan sikap gotong royong yang membuat tugas lebih mudah dikerjakan. Guru juga memberikan motivasi dalam pembelajaran yang menjadikan peserta didik lebih giat untuk belajar.

Author Biographies

Zaki Ichlasul Muhadi, Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

Toni Kogoya, Program studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur

Program studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Institut Keguruan dan Teknologi Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur

References

Angga, A., Suryana, C., Nurwahidah, I., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Komparasi Implementasi Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Kabupaten Garut. Jurnal Basicedu, 6(4), 5877–5889. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V6I4.3149

Duan, Y., Zhu, H., Wang, H., Yi, Li, Nevatia, R., & Guibas, L. J. (2020). Curriculum DeepSDF. Computer Vision–ECCV 2020: 16th European Conference, Glasgow, UK, August 23–28, 2020, Proceedings, Part VIII 16, 51–67. https://link.springer.com/chapter/10.1007/978-3-030-58598-3_4

Indahwati, N., Maksum, A., Wicahyani, S., Ristanto, K. O., & Prakoso, B. B. (2023). Persepsi guru terhadap kurikulum merdeka belajar: Analisis dari segi pengetahuan dan keyakinan. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 22(2), 144–154. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i2.15802

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3622

Jatmiko, H. T. P., & Putra, R. S. (2022). Refleksi diri guru bahasa indonesia dalam pembelajaran berdiferensiasi di sekolah penggerak. Lingua Franca:Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 6(2), 224–232. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/lingua/article/view/14701

Kemdikbud, K. (2021). Merdeka Belajar: BKHM. Merdeka belajar: Episode 1. https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/episode_1/web

Maksum, A. (2018). Metodologi penelitian. Unesa University Press.

Mashud, M. (2019). Analisis Masalah Guru PJOK dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 17(2), 77–85. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5704

Maulida, U. (2022). Pengembangan modul ajar berbasis kurikulum merdeka. Tarbawi: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 5(2), 130–138. https://stai-binamadani.e-journal.id/Tarbawi/article/view/392

Muslimin, I. (2023). Pengembangan kurikulum pendidikan karakter di madrasah berbasis kurikulum merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 5(1), 108–130. https://doi.org/10.30739/JMPID.V5I1.2093

Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 4(3). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.248

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268

Nugroho, T., & Narawaty, D. (2022). Kurikulum 2013, Kurikulum Darurat, dan Kurikulum Prototipe (2020-2021) Atau Kurikulum Merdeka (2022) Mata Pelajaran Bahasa Inggris: Suatu Kajian Bandingan. SINASTRA: Prosiding Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Sastra, 1, 373–382. https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinastra/article/view/6099

Pambudi, M. I., Winarno, M. E., & Dwiyogo, W. D. (2019). Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 110–116. https://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11906

Pratiwi, S. A., Marlina, R., & Kurniawan, F. (2023). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMK Texar Karawang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(1), 525–535. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.7551222

Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G. M., & Adha, F. I. (2023). Analisi Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(1), 58–64. https://jurnal.itscience.org/index.php/jpsk/article/view/1974

Putri, R. D. P., & Suyadi, S. (2021). Problematika Pembelajaran Daring dalam Penerapan Kurikulum 2013 Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3912–3919. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1442

Saputra, D. W., & Hadi, M. S. (2022). Persepsi guru sekolah dasar jakarta utara dan kepulauan seribu tentang kurikulum merdeka. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 6(1), 28–33. https://doi.org/10.24853/holistika.6.1.28-33

Saputro, T., Kurniawan, A. W., & Yudasmara, D. S. (2020). Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani di SMA, MA dan SMK. Sport Science and Health, 2(9), 456–463. https://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11733

Subandrio, W., & Kartiko, D. C. (2021). Survey Keterlaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri 1 Purwoasri. Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 9(2), 177–182. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/40414

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sun, H., Li, W., & Shen, B. (2017). Learning in Physical Education: A Self-Determination Theory Perspective. Journal of Teaching in Physical Education, 36(3), 277–291. https://doi.org/10.1123/JTPE.2017-0067

Tim Penyusun. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. a Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf

Wijaya, S., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi merdeka belajar melalui strategi pembelajaran terdiferensiasi Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2). https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/450

Wirianto, D. (2014). Perspektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia. Islamic Studies Journal, 2(1), 140–147.

Zoki, A., & Prasetiyo, R. (2023). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila melalui Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Hasil Belajar PJOK. SPRINTER: Jurnal Ilmu Olahraga, 4(2), 146–150. https://doi.org/10.46838/SPR.V4I2.313

Published

2024-01-12

How to Cite

Muhadi, Z. I., Muhammad, H. N., & Kogoya, T. (2024). Identifikasi keterlaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran pjok di smpn 2 sidoarjo. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1), 32–44. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27865

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 192 , PDF Downloads: 154 , PDF Downloads: 8