Identifikasi keterlaksanaan kurikulum merdeka pada pembelajaran pjok di smpn 2 sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27865Keywords:
kurikulum, pembelajaran, PJOKAbstract
Kurikulum merdeka merupakan perencanaan sistematis kegiatan pembelajaran sebagai panduan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dengan memberikan keleluasaan kepada peserta didik dan guru untuk menentukan kebijakan sesuai kompetensi yang dimiliki dengan harapan pembelajaran menjadi nyaman dan menyenangkan, sehingga proses dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan kurikulum merdeka di SMPN 2 Sidoarjo. Penelitian kualitatif ini melibatkan subjek penelitian yang terdiri atas 1 guru non-PJOK sekaligus bidang kurikulum, 2 guru PJOK sekaligus pimpinan sekolah, dan peserta didik sebanyak 20 orang. Wawancara dilakukan menggunakan pedoman wawancara dengan fokus empat hal yaitu kesiapan sekolah, proses dan asesmen pembelajaran, modul ajar, dan proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Analisis data menggunakan aplikasi NVivo 12 menggunakan alur tema sesuai target penelitian. Hasil menunjukkan bahwa kesiapan Sekolah ditunjukkan oleh implementasi mandiri belajar, mandiri berbagi, dan mandiri berubah. Proses pembelajaran dan asesmen telah menerapkan proses pembelajaran berdiferensiasi dan juga menerapkan refleksi asesmen dalam pembelajaran PJOK yang meliputi semua aspek hasil belajar peserta didik mulai dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Modul ajar yang dipakai dalam pembelajaran PJOK selalu terbaru dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Pembelajaran PJOK telah memasukkan Penguatan Profil Pelajar Pancasila ke dalam proses pembelajaran yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia. Menerapkan sikap toleransi dalam pembelajaran dengan saling menghormati, tidak membeda-bedakan, dan saling tolong menolong. Menerapkan sikap gotong royong yang membuat tugas lebih mudah dikerjakan. Guru juga memberikan motivasi dalam pembelajaran yang menjadikan peserta didik lebih giat untuk belajar.
References
Kemdikbud, K. (2021). Merdeka Belajar: BKHM. Merdeka belajar: Episode 1. https://merdekabelajar.kemdikbud.go.id/episode_1/web
Maksum, A. (2018). Metodologi penelitian. Unesa University Press.
Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 4(3). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.248
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tim Penyusun. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. a Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1679308669_manage_file.pdf
Wijaya, S., Sumantri, M. S., & Nurhasanah, N. (2022). Implementasi merdeka belajar melalui strategi pembelajaran terdiferensiasi Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2). https://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/450
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zaki Ichlasul Muhadi, Heryanto Nur Muhammad, Toni Kogoya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


