Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani

Authors

  • Agnes Diona Febriyanti Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur
  • Miftah Fariz Prima Putra Program Studi Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Cenderawasih, Jayapura
  • Bayu Budi Prakoso Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur https://orcid.org/0000-0002-1615-7753

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30762

Keywords:

project based learning, aktivitas kebugaran jasmani, daily physical activity card

Abstract

Aktivitas kebugaran jasmani memegang peranan yang sangat penting bagi kesejahteraan tubuh seorang remaja. Apabila hanya mengandalkan jam PJOK dirasa kurang memenuhi kebutuhan aktivitas fisik. Remaja perlu didorong dan didukung untuk menjalankan aktivitas fisik secara teratur di luar lingkungan sekolah yang harus dibimbing secara penuh oleh tenaga pendidik atau pelatih. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Pelaksaan proyek yang termaksud adalah proyek kinerja menggunakan daily physical activity card. Metode yang digunakan quasi experiment dengan menggunakan non-randomized pretest-postest control group design. Hasil belajar pengetahuan diukur menggunakan tes tulis berupa esai dan keterampilan diukur menggunakan tes kebugaran jasmani, lari 1.600m. Analisis data menggunakan deskriptif statistik, t-test dependent, dan t-test independent. Hasil dari penelitian ditemukan perbedaan nilai pretest dan posttest pada pengetahuan dan keterampilan dengan nilai sig 0.000 < 0.05. Adapun pada kelompok eksperimen aspek pengetahuan dan keterampilan memperoleh hasil sig 0.000 < 0.05. Selanjutnya besar pengaruh pengetahuan 47.55% sementara keterampilan putra 45.90% dan keterampilan putri 40.44%. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran project-based learning mempengaruhi hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani dengan besar pengaruh rentang sedang.

Author Biography

Bayu Budi Prakoso, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Jawa Timur

 

References

Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Arif, A. C., Maksum, A., & Kristiyandaru, A. (2021). The Effect of Daily Physical Activity on Increasing Physical Fitness and Academic Achievement of Elementary School. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 4(2), 964–974. https://doi.org/10.33258/birle.v4i2.2082

Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf

Ashley, M., & Haldeman, L. (2023). Youth Sport Participation Influences Family Mealtime Behaviors. Journal of Nutrition Education and Behavior, 55(7), 15. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2023.05.034

Ayu, I. D., Diah, A., Muliarta, I. M., & Dinata, I. M. K. (2019). Perbedaan physical fitness pada berbagai frekuensi olahraga dan indeks massa tubuh mahasiswa program studi sarjana kedokteran dan profesi dokter fakultas kedokteran universitas udayana. Medika Udayana, 8(11), 2597–8012. https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/54954/32569

Bull, F. C., Al-Ansari, S. S., Biddle, S., Borodulin, K., Buman, M. P., Cardon, G., Carty, C., Chaput, J. P., Chastin, S., Chou, R., Dempsey, P. C., Dipietro, L., Ekelund, U., Firth, J., Friedenreich, C. M., Garcia, L., Gichu, M., Jago, R., Katzmarzyk, P. T., … Willumsen, J. F. (2020). World Health Organization 2020 guidelines on physical activity and sedentary behaviour. British Journal of Sports Medicine, 54(24), 1451–1462. https://doi.org/10.1136/BJSPORTS-2020-102955

Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau. (2022). Dinkes Kepri Lakukan Pembinaan Kebugaran Jasmani Bagi Anak Usia Sekolah. Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.

Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. In Ar-ruzz media. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132313272/pengabdian/model-model-pembelajaran.pdf

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: an introduction. Pearson Education, Inc.

Heri, Z. (2013). Efektivitas istrumen tes pengukuran nilai konsumen oksigen maksimal (vo 2 max) mahasiswa jurusan pko fik unimed tahun 2012. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/9244/8499

Johnsen, E., & van den Tillaar, R. (2021). Effects of training frequency on muscular strength for trained men under volume matched conditions. PeerJ, 9. https://doi.org/10.7717/peerj.10781

Kemenkes. (2017). Ayo Bergerak Lawan Obesitas. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/N2VaaXIxZGZwWFpEL1VlRFdQQ3ZRZz09/2017/11/Ayo_Bergerak.pdf

Longmuir, P. E., Gunnell, K. E., Barnes, J. D., Belanger, K., Leduc, G., Woodruff, S. J., & Tremblay, M. S. (2018). Canadian Assessment of Physical Literacy Second Edition: A streamlined assessment of the capacity for physical activity among children 8 to 12 years of age 11 Medical and Health Sciences 1117 Public Health and Health Services. BMC Public Health, 18(S2), 1047. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5902-y

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga (edisi kedua). Surabaya: Unesa University Press.

Monoarfa, S., Yunus, P., & Mustapa, P. (2023). Penerapan perawatan endotracheal tube pada pasien dengan penurunan kesadaran di ruang icu rsud prof. Dr aloei saboe kota gorontalo. Intan Husada : Jurnal Ilmiah Keperawatan, 11(02), 105–113. https://doi.org/10.52236/ih.v11i2.280

Muhajir. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Nasution, W. N. (2017). Perencanaan Pembelajaran Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Ittihad, 1(2), 185–195. http://repository.uinsu.ac.id/5341/1/PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENGERTIAN, TUJUAN DAN PROSEDUR.pdf

Novitasari, R., & Hartoto, S. (2020). Hubungan antara tingkat aktivitas di luar jam pelajaran PJOK dengan kondisi kebugaran jasmani siswa. Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 32–39. https://doi.org/10.26740/BIMALOKA.V1I1.10991

P2PTM Kemenkes RI. (2019). Seberapa Banyak Aktivitas Fisik yang Diperlukan untuk Meningkatkan Kesehatan? Kemenkes. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/seberapa-banyak-aktivitas-fisik-yang-diperlukan-untuk-meningkatkan-kesehatan

Priadana, B. W., Saifuddin, H., & Prakoso, B. B. (2021). Kelayakan pengukuran aspek pengetahuan pada instrumen physical literacy untuk siswa usia 8-12 tahun. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 21. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9675

Rohmah, L., & Muhammad, H. N. (2021). Tingkat kebugaran jasmani dan aktivitas fisik siswa sekolah. Jurnal Universitas Negeri Surabaya, 9(01), 511–519.

Setyorini. (2016). Pengaruh program live life well at school dan reward terhadap keterampilan gerak dasar (Studi pada siswa kelas 1 SD Laboratorium Unesa). Universitas Negeri Surabaya.

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and Designs for Generalized Causal Inference. Houghton Miffilin Company.

Sulaeman, A., & Ariyana, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2). https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.201

Tarp, J., Child, A., White, T., Westgate, K., Bugge, A., Grøntved, A., Wedderkopp, N., Andersen, L. B., Cardon, G., Davey, R., Janz, K. F., Kriemler, S., Northstone, K., Page, A. S., Puder, J. J., Reilly, J. J., Sardinha, L. B., van Sluijs, E. M. F., Ekelund, U., … Brage, S. (2018). Physical activity intensity, bout-duration, and cardiometabolic risk markers in children and adolescents. International Journal of Obesity, 42(9), 1639–1650. https://doi.org/10.1038/s41366-018-0152-8

Tuasikal, A. R. S., Hartoto, S., Prakoso, B. B., Kartiko, D. C., & Hariyanto, A. (2021). The analysis on teaching skills and learning effectiveness of internship students. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 650–658. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.40466

U.S Department of Health and Human Services. (2018). Physical activity guidelines for Americans. The Oklahoma Nurse. https://doi.org/10.1249/fit.0000000000000472

Wahana, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skills (HOTS) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Kompetensi Teks Deskripsi Kelas VII. Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba), 298–305.

Wahyuni, N. S. (2022). Pentingnya Aktivitas Fisik Anak Remaja. Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1289/pentingnya-aktivitas-fisik-anak-remaja

WHO. (2022). Physical activity. WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity

Wiriawan, O. (2017). Panduan Pelaksanaan Tes & Pengukuran Olahragawan (E. Kriswanto Setyo (ed.)). Tema Publishing.

Published

2024-04-08

How to Cite

Febriyanti, A. D., Putra, M. F. P., & Prakoso, B. B. (2024). Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(2), 55–56. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30762
Abstract views: 121 , PDF Downloads: 20 , PDF Downloads: 106