Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani
DOI:
https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30762Keywords:
project based learning, aktivitas kebugaran jasmani, daily physical activity cardAbstract
Aktivitas kebugaran jasmani memegang peranan yang sangat penting bagi kesejahteraan tubuh seorang remaja. Apabila hanya mengandalkan jam PJOK dirasa kurang memenuhi kebutuhan aktivitas fisik. Remaja perlu didorong dan didukung untuk menjalankan aktivitas fisik secara teratur di luar lingkungan sekolah yang harus dibimbing secara penuh oleh tenaga pendidik atau pelatih. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan besar pengaruh dari penggunaan model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Pelaksaan proyek yang termaksud adalah proyek kinerja menggunakan daily physical activity card. Metode yang digunakan quasi experiment dengan menggunakan non-randomized pretest-postest control group design. Hasil belajar pengetahuan diukur menggunakan tes tulis berupa esai dan keterampilan diukur menggunakan tes kebugaran jasmani, lari 1.600m. Analisis data menggunakan deskriptif statistik, t-test dependent, dan t-test independent. Hasil dari penelitian ditemukan perbedaan nilai pretest dan posttest pada pengetahuan dan keterampilan dengan nilai sig 0.000 < 0.05. Adapun pada kelompok eksperimen aspek pengetahuan dan keterampilan memperoleh hasil sig 0.000 < 0.05. Selanjutnya besar pengaruh pengetahuan 47.55% sementara keterampilan putra 45.90% dan keterampilan putri 40.44%. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran project-based learning mempengaruhi hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani dengan besar pengaruh rentang sedang.
References
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep Umum Populasi dan Sampel dalam Penelitian. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 14(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/10624
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2). https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. In Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://repositori.kemdikbud.go.id/11316/1/01._Buku_Pegangan_Pembelajaran_HOTS_2018-2.pdf
Ashley, M., & Haldeman, L. (2023). Youth Sport Participation Influences Family Mealtime Behaviors. Journal of Nutrition Education and Behavior, 55(7), 15. https://doi.org/10.1016/j.jneb.2023.05.034
Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau. (2022). Dinkes Kepri Lakukan Pembinaan Kebugaran Jasmani Bagi Anak Usia Sekolah. Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau.
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran. In Ar-ruzz media. https://staffnew.uny.ac.id/upload/132313272/pengabdian/model-model-pembelajaran.pdf
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: an introduction. Pearson Education, Inc.
Heri, Z. (2013). Efektivitas istrumen tes pengukuran nilai konsumen oksigen maksimal (vo 2 max) mahasiswa jurusan pko fik unimed tahun 2012. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 12(1). https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/JIK/article/view/9244/8499
Johnsen, E., & van den Tillaar, R. (2021). Effects of training frequency on muscular strength for trained men under volume matched conditions. PeerJ, 9. https://doi.org/10.7717/peerj.10781
Kemenkes. (2017). Ayo Bergerak Lawan Obesitas. In Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://p2ptm.kemkes.go.id/uploads/N2VaaXIxZGZwWFpEL1VlRFdQQ3ZRZz09/2017/11/Ayo_Bergerak.pdf
Longmuir, P. E., Gunnell, K. E., Barnes, J. D., Belanger, K., Leduc, G., Woodruff, S. J., & Tremblay, M. S. (2018). Canadian Assessment of Physical Literacy Second Edition: A streamlined assessment of the capacity for physical activity among children 8 to 12 years of age 11 Medical and Health Sciences 1117 Public Health and Health Services. BMC Public Health, 18(S2), 1047. https://doi.org/10.1186/s12889-018-5902-y
Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian Dalam Olahraga (edisi kedua). Surabaya: Unesa University Press.
Muhajir. (2017). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
P2PTM Kemenkes RI. (2019). Seberapa Banyak Aktivitas Fisik yang Diperlukan untuk Meningkatkan Kesehatan? Kemenkes. https://p2ptm.kemkes.go.id/infographic-p2ptm/obesitas/seberapa-banyak-aktivitas-fisik-yang-diperlukan-untuk-meningkatkan-kesehatan
Priadana, B. W., Saifuddin, H., & Prakoso, B. B. (2021). Kelayakan pengukuran aspek pengetahuan pada instrumen physical literacy untuk siswa usia 8-12 tahun. Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 20(1), 21. https://doi.org/10.20527/multilateral.v20i1.9675
Setyorini. (2016). Pengaruh program live life well at school dan reward terhadap keterampilan gerak dasar (Studi pada siswa kelas 1 SD Laboratorium Unesa). Universitas Negeri Surabaya.
Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and Designs for Generalized Causal Inference. Houghton Miffilin Company.
Sulaeman, A., & Ariyana, A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 1(2). https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v1i2.201
U.S Department of Health and Human Services. (2018). Physical activity guidelines for Americans. The Oklahoma Nurse. https://doi.org/10.1249/fit.0000000000000472
Wahyuni, N. S. (2022). Pentingnya Aktivitas Fisik Anak Remaja. Direktorat Jendral Pelayanan Kesehatan. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1289/pentingnya-aktivitas-fisik-anak-remaja
WHO. (2022). Physical activity. WHO. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/physical-activity
Wiriawan, O. (2017). Panduan Pelaksanaan Tes & Pengukuran Olahragawan (E. Kriswanto Setyo (ed.)). Tema Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Agnes Diona Febriyanti, Miftah Fariz Prima Putra, Bayu Budi Prakoso

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


