Penerapan permainan tradisional terhadap hasil belajar lari cepat 100 meter

Authors

  • Muhammad Hamzah Sholeh Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Syamsuramel Syamsuramel Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP, Universitas Sriwijaya
  • Wahyu Indra Bayu Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, FKIP, Universitas Sriwijaya https://orcid.org/0000-0002-0650-8783

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.26439

Keywords:

permainan tradisional, lari cepat 100 meter, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap hasil belajar lari cepat 100 meter SMP Azzawiyah Tanjung Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasy eksperiment dengan rancangan pretest-posttest one group design. Pemberian perlakuan dalam proses pembelajaran adalah permainan tradisional yang terdiri dari bentengan, imbangan, ubaran, sepak tekong, dan polisi abri.  Sedangkan hasil belajar yang diukur adalah hasil lari cepat 100 meter. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas 7 yang bersekolah di SMP Azzawiyah. Instrumen yang digunakan adalah tes lari cepat 100 meter.  Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa penerapan permainan tradisional berpengaruh terhadap hasil belajar lari cepat 100 meter. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil nilai signifikansi 0,001 < 0,05.  Dengan demikian hasil yang diperoleh Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan permainan tradisional terhadap hasil belajar lari cepat 100 meter SMP Azzawiyah Tanjung Batu. Permainan tradisional dapat digunakan dalam mengajar materi lari cepat. Pedoman penerapan permainan tradisional untuk materi pendidikan jasmani dapat mempermudah guru dalam memanfaatkan permainan tersebut dalam aktivitas belajar mengajar.

References

Anggita, M. A. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional Sebagai Warisan Budaya Bangsa. Journal Of Sport Science And Education (JOSSAE, 3(2): 55-59. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 16(1): 1-50. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1

Aris, T. (2018). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan Jasmani Berbasis Pembelajaran Quantum Teaching Pada Siswa Kelas VII Semester I Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Malang. Jurnal Sains Keolahragaan Dan Kesehatan, 3(1): 1-5. https://doi.org/10.5614/jskk.2018.3.1

Bayu, W. (2017). Profil Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan Pada Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Atas Se-Kabupaten Jombang Tahun 2016. Bravo’s Jurnal, 2(3): 89-97. https://doi.org/10.32682/bravos.v5i1.442

Erdiana, L. (2016). Pengaruh permainan tradisional gobak sodor terhadap perkembangan motorik kasar dan sikap kooperatif anak tk kelompok b di kecamatan sidoarjo. Jurnal Pedagogi, 2(3), 9–17. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/article/view/534

Kusumawati, O. (2017). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kemampuan gerak dasar siswa Sekolah Dasar kelas bawah. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2): 124–142. https://doi.org/10.24042/TERAMPIL.V4I2.2221

Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. I ed. Erhaka Utama,:Yogyakarta. ISBN 978-602-5715-34-1. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/14062

Muhajir. (2017) Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan SMP Kelas VII. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta. ISBN 9786024270155. https://repositori.kemdikbud.go.id/5243/

Pratama, M. A. R. P. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Kecepatan dan Kelincahan. Journal of Sport Coaching and Physical Education, 6(2): 77-86. https://doi.org/10.15294/jscpe.v6i2.48306

Prayoga, A. S. (2018). Memajukan olahraga rekreasi dan industri olahraga sebagai bentuk pembangunan bangsa. In Prosiding Seminar Nasional Ilmu Keolahragaan UNIPMA, 1(1): 83-90). http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/snik/article/view/477

Rosidig. (2015). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kesegaran Jasmani Siswa Kelas V SDN Tersan Gede 2 Kecamatan Salam Kabupaten Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta. . http://eprints.uny.ac.id/ /13723

Santoso, S. (2020). Panduan Lengkap SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. ISBN: 978-623-00-1997-5

Saputra, A. (2018). Penerapan Permainan Tradisional Hitam Hijau Untuk Pemanasan Atlet Pemula Sepak Bola Ssb Gelora Karya Kecamatan Telanaipura. Cerdas Sifa Pendidikan, 7(2): 1–8. https://online-journal.unja.ac.id/csp/article /5392

Sepriadi, S. (2017). Kontribusi status gizi dan kemampuan motorik terhadap kesegaran jasmani siswa sekolah dasar. Jurnal Keolahragaan, 5(2): 194-206. http://dx.doi.org/10.21831/jk.v5i2.15147

Suryadi, D. (2014). Olahraga Rekreasi Prinsip dan Aplikasi. Medan: Unimed Press. http://digilib.unimed.ac.id/36756/7/14

Published

2023-08-30

How to Cite

Sholeh, M. H. ., Syamsuramel, S., & Bayu, W. I. (2023). Penerapan permainan tradisional terhadap hasil belajar lari cepat 100 meter. Bima Loka: Journal of Physical Education, 3(1), 38–43. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v3i1.26439

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 180 , PDF Downloads: 51 , PDF Downloads: 1