Pengaruh pengenalan air terhadap tingkat aquaphobia

Authors

  • Galih Sheindow Pamungkas Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Fifukha Dwi Khory Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10992

Keywords:

aquaphobia, pengenalan air, permainan.

Abstract

Pengenalan air merupakan aktivitas di air yang dilakukan untuk beradaptasi dengan air. Pengenalan air dengan permainan memberikan dampak yang menyenangkan. Dengan memanfaatkan alat-alat main di air, dapat membuat modifikasi permainan yang dapat dilakukan di air. Tidak diperlukan peraturan yang baku, namun tetap memiliki cara untuk melakukan permainan. Setiap alat bermain memiliki fungsi berbeda-beda untuk membantu siswa dalam menurunkan aquaphobia. Permainan yang digunakan telah dipilih sesuai dengan fungsi yang akan diberikan pada siswa untuk menurunkan aquaphobia. Tujuan dari pengenalan air adalah agar siswa dapat beradaptasi dengan air, serta dapat menurunkan tingkat aquaphobia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengenalan air terhadap tingkat aquaphobia. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Sidoarjo. Pemilihan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Jumlah sampel yang terpilih adalah 22 siswa kelas X IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan 19 siswa kelas X IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian static group pretest-posttest design. Proses pengambilan data dengan menggunakan aquaphobia online test. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan pengenalan air terhadap tingkat aquaphobia. Pada kelompok eksperimen diperoleh nilai 0,62 > 0,05 dan pada kelompok kontrol diperoleh nilai signifikan 0,20 > 0,05, maka dapat dinyatakan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan pengenalan air terhadap tingkat aquaphobia. Namun berdasarkan nilai mean terdapat penurunan tingkat aquaphobia, dapat dibuktikan yang menyatakan hasil penurunan 0,45 dari hasil pretest-posttest kelompok eksperimen.

References

<p>Bakar, R. A., &amp; Bakar, J. A. (2017). Aquaphobia: Causes, Symptoms and Ways of Overcoming It for Future Well-being. <em>International Academic Research Journal of Social Science</em>, 3(1), 82-88.</p><p> </p><p>Effendi, M. S. (2013) Desain Eksperimental dalam Penelitian Pendidikan. <em>Jurnal Perspektif Pendidikan</em>, 6(1), 87-102.</p><p> </p><p>Maksum, A. (2012). <em>Metodologi Penelitian Dalam Olahraga. </em>Surabaya: Unesa University Press.</p><p> </p><p>Margaux, L.B., Ambre, J., Sophie, M., Jerome, P. (2017). The Aquaphobia: Prospects Of The Virtual Reality Exposure. <em>AASCIT Journal Of Psycology,</em> 3(5), 67-70.</p><p> </p><p>Milosevic, I., &amp; McCabe, R. E. (2015). <em>Phobias: The Psychology of Irrational Fear: The Psychology of Irrational Fear</em>. (<em>online</em>). <a href="http://books.google.co.id.books/about/Phobias.html?id=4SfroAEACAAJ&amp;redir_esc=y">http://books.google.co.id.books/about/Phobias.html?id=4SfroAEACAAJ&amp;redir_esc=y</a>. Diakses pada tanggal 29 Mei 2020.</p><p> </p><p>Palazzolo, J. (2014). Diving and Treatment of Aquaphobia in Cognitive Behavior Therapy: A Case Study. <em>Annals and Depress Anxiety</em>, 1(1), 1-5.</p><p> </p><p>Sukmawati, D. (2015). Penerapan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Studi Pada Siswa Ekstrakurikuler Smp Santa Maria Surabaya). <em>Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan,</em> 3(2), 366-370.</p><p> </p><p>Utama, A. M. B. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. <em>Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia</em>, 8(1), 1-9.</p><p> </p><p>Vaahtera, E. (2012). Compulsory Able-Bodiedness and The Stigmatised Forms of Nondisability. <em>Lambda Nordica</em>, 17(1), 77-101.</p>

Published

2020-11-06

How to Cite

Pamungkas, G. S., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh pengenalan air terhadap tingkat aquaphobia. Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 40–45. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10992

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 881 , PDF Downloads: 215