Pengaruh media audiovisual terhadap pemahaman peraturan permainan futsal secara teoritis dan praktis

Authors

  • David Ade Omar Rachman Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Gatot Darmawan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10993

Keywords:

media, audiovisual, peraturan futsal.

Abstract

Inovasi sangat diperlukan agar kegiatan latihan tidak membosankan dan monoton. Penggunaan media audiovisual sangat berpengaruh terhadap penyampaian materi, melalui media audiovisual materi yang disampaikan dengan gambar dan video contoh gerakan akan lebih jelas maknanya, tujuan penggunaan media adalah untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audiovisual terhadap pemahaman peraturan permainan futsal secara teoritis dan praktis pada ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Krembung Sidoarjo. Metode dalam penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif, desain penelitian One group pre-test post-test design. Proses pengambilan data dengan tes pengetahuan dan tes keterampilan. Hasil dari penelitian ini diketahui terdapat pengaruh penerapan dari media audiovisual terhadap pemahaman peraturan permainan futsal secara teoritis dan praktis. Memiliki nilai signifikansi dengan besar 0,000 < 0,05 yang menyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Besarnya pengaruh penerapan media audiovisual terhadap pemahaman peraturan permainan futsal secara teoritis sebesar 25.2%  dan secara praktis sebesar 75.8%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan dari media audiovisual berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap peraturan permainan futsal baik secara teoritis maupun praktis.

References

Akbar, K. I., Soegiyanto, S., & Pramono, H. (2020). Multimedia Development Based on Android in The Prevention and Handling of Injuries to Sports Players. Journal of Physical Education and Sports, 9(1), 38-43.

Al Ardha, M. A., Yang, C.-B., Adhe, K. R., Putra, K. P., Khory, F. D., & Hartoto, S. (2018). Physical Education Curriculum for Early Childhood: Developing Students Manipulative Skills in Soccer. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 173, 226229.

Hamzah, B., & Hadiana, O. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Passing dalam Permainan Futsal. JUARA: Jurnal Olahraga, (1), 1-7.

Idris, A. T., Shamsuddin, I. M., Arome, A. T., & Aminu, I. (2018). Use of audio-visual materials in teaching and Learning of Classification of Living Things Among Secondary School Students in Sabon Gari LGA of Kaduna State. 6(2), 33-37.

Jiménez, R.P., García, R.A., Cuadrado, P.V., Párraga, M.J.A., Amorcillo, L.J., Samozino, P., & Morin, J.B. (2019). Differences in Sprint Mechanical ForceVelocity Profile Between Trained Soccer and Futsal Players. International Journal of Sports Physiology and Performance. 14(4), 478-485.

Khamidi, A. (2019). Profil Manajemen Penyelenggaraan Liga Futsal Asosiasi Futsal Kota Surabaya. Jurnal Prestasi Olahraga, 2(1), 1-7.

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

Putro, R. D. T. (2017). Tingkat Pengetahuan Peraturan Futsal Peserta Ekstrakurikuler Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, 6(11), 1-13.

Setyawan, D. A., & Kresnapati, P. (2019). Analisis Tingkat Pemahaman Peraturan Permainan Futsal (Laws Of The Game) Pada Pelatih Futsal Di Jawa Tengah. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran), 5(1), 1-10.

Published

2020-11-06

How to Cite

Rachman, D. A. O., & Darmawan, G. (2020). Pengaruh media audiovisual terhadap pemahaman peraturan permainan futsal secara teoritis dan praktis. Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 46–51. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10993

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 199 , PDF Downloads: 223