Optimalisasi hasil belajar kemampuan shooting sepakbola: studi tentang dampak media audio visual pada siswa smp
DOI:
https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27084Keywords:
kemampuan shooting, sepakbola, audio visualAbstract
Media audio visual telah menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa, termasuk para siswa yang tertarik memahami teknik-teknik shooting dalam permainan sepak bola. Namun, dampak dari penggunaan media audio visual terhadap kemampuan shooting siswa dalam sepak bola adalah permasalahan yang memiliki banyak dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana media audio visual memengaruhi kemampuan shooting siswa yang berada di kelas VIII SMP Negeri 1 Rengel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa yang berada di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Rengel. Bobby Carlton Shooting Test digunakan sebagai alat penilaian terhadap kemampuan shooting. Untuk menganalisis data, uji Wilcoxon digunakan dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan shooting siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Rengel. Hal ini diperlihatkan oleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) yang sebesar 0,001, dimana nilai tersebut lebih kecil daripada angka < 0,05. Kesimpulannya, media audio visual memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan shooting pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rengel.
References
Akhmad, D. I. (2016). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. https://fkip.unri.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/Bab-1-Filosofi-Pendidikan-Jasmani-Olahraga-dan-Kesehatan-1.pdf
Hidayatullah, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Bola Melalui Permainan Gawang Tong Pada Siswa Kelas V Msi 09 Bendan Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Negeri Semarang.
Himawan, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Shooting Futsal (Studi kasus SMAN 3 Karawang). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. SNHRP, 183-188.
Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. University Press.
Mielke, D. A. (2007). Dasar-Dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya.
Muhajir, M. (2017). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan SM/MTs Kelas VII: buku guru. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Nurcahya, Y., Stiadi, D., & Syamsudar, B. (2020). Use of audio-visual media on training basic skills in passing and shooting in futsal sports. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 042050. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042050
Nurdyansyah, N. (2017). Sumber daya dalam teknologi pendidikan [Universitas Negeri Surabaya]. http://eprints.umsida.ac.id/1625/
Saputra, A., Muzaffar, A., & Raymon. (2019). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Mendribling Bola Permainan Sepak Bola. Seminar Olahraga. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semolga/article/view/23
Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2). https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3127
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ferdi Dwi Alvianto, Olivia Dwi Cahyani, Benny Widya Priadana, Hasan Saifuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


