Optimalisasi hasil belajar kemampuan shooting sepakbola: studi tentang dampak media audio visual pada siswa smp

Authors

  • Ferdi Dwi Alvianto Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, 62115
  • Olivia Dwi Cahyani Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, 62115
  • Benny Widya Priadana Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, 62115
  • Hasan Saifuddin Program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri, Jalan Ahmad Yani Nomor 10, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur, 62115

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27084

Keywords:

kemampuan shooting, sepakbola, audio visual

Abstract

Media audio visual telah menjadi alat yang sangat bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman dan kemampuan siswa, termasuk para siswa yang tertarik memahami teknik-teknik shooting dalam permainan sepak bola. Namun, dampak dari penggunaan media audio visual terhadap kemampuan shooting siswa dalam sepak bola adalah permasalahan yang memiliki banyak dimensi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana media audio visual memengaruhi kemampuan shooting siswa yang berada di kelas VIII SMP Negeri 1 Rengel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 31 siswa yang berada di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Rengel. Bobby Carlton Shooting Test digunakan sebagai alat penilaian terhadap kemampuan shooting. Untuk menganalisis data, uji Wilcoxon digunakan dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan shooting siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Rengel. Hal ini diperlihatkan oleh nilai Asymp.Sig. (2-tailed) yang sebesar 0,001, dimana nilai tersebut lebih kecil daripada angka < 0,05. Kesimpulannya, media audio visual memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan kemampuan shooting pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rengel.

References

Akhmad, D. I. (2016). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2016 Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. https://fkip.unri.ac.id/wp-content/uploads/2016/09/Bab-1-Filosofi-Pendidikan-Jasmani-Olahraga-dan-Kesehatan-1.pdf

Badaruddin, M. A., Abduloh, A., & Aminudin, R. (2022). Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Ketepatan Teknik Shooting (Free Trhow) Permainan Bola Basket. Jurnal Porkes, 5(2), 369–377. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i2.6386

Erfayliana, Y. (2015). Pendidikan jasmani dalam membentuk etika, moral, dan karakter. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 302–315. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/%0Aview/1299

Fahira, E., Salsabila, S., & Utami, S. D. (2022). Peran Media Pembelajaran Audio Visual Pada Mata Pelajaran Akuntansi Sebagai Sarana Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. In Prosiding National Seminar on Accounting, Finance, and Economics (NSAFE), 12–20.

Fauzi, H. N. (2019). Pengembangan Media Audio Visual Kisah Ulul Azmi Pada Mata Pelajaran Al-Islam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. AL-MANAR: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 8(1), 29–50.

Hadianti, H. (2021). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Keterampilan Servis Bola Voli Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olah Raga Dan Kesehatan Kelas XI Multimedia-A SMK Negeri 2 Kota Cimahi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 81–85.

Hidayatullah, S. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Sepak Bola Melalui Permainan Gawang Tong Pada Siswa Kelas V Msi 09 Bendan Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2012/2013. Universitas Negeri Semarang.

Hilmi, A. H. (2017). Penerapan Audio Visual Terhadap Hasil Shooting Pada Permainan Futsal (Studi Penelitian Pada Peserta Ekstrakurikuler Futsal Sma Negeri 1 Krembung Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 4(2), 327–332.

Himawan, F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Teknik Dasar Shooting Futsal (Studi kasus SMAN 3 Karawang). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).

Hudalana, H., Wardiah, D., & Riyoko, E. (2022). Pemanfaatan Media Pembelajaran Online di SMA Negeri 2 Lais pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Indonesian Research Journal on Education, 2(2), 507–516.

Ichsan, J. R., Suraji, M. A. P., Muslim, F. A. R. R., Miftadiro, W. A., & Agustin, N. A. F. (2021). Media Audio Visual dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. SNHRP, 183-188.

Lubis, A. E. (2019). Improved Learning Outcomes Shooting Football Media Audio Visual On Private Student Class V SD Titi Berdikari Terrain: Improved Learning Outcomes Shooting Football Media Audio Visual On Private Student Class V SD Titi Berdikari Terrain. Journal of Midwifery and Nursing, 2(1), 201 – 204.

Maksum, A. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. University Press.

Maryam, D., Febiola, F., Agami, S. D., & Fawaida, U. (2020). Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Media Audiovisual. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 43–50.

Mielke, D. A. (2007). Dasar-Dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya.

Muhajir, M. (2017). Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan SM/MTs Kelas VII: buku guru. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Nurcahya, Y., Stiadi, D., & Syamsudar, B. (2020). Use of audio-visual media on training basic skills in passing and shooting in futsal sports. Journal of Physics: Conference Series, 1521(4), 042050. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/4/042050

Nurdyansyah, N. (2017). Sumber daya dalam teknologi pendidikan [Universitas Negeri Surabaya]. http://eprints.umsida.ac.id/1625/

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Misykat, 3(1), 171–187.

Samiri, S., Murniviyanti, L., & Rizhardi, R. (2022). Pemahaman Nilai-Nilai Pendidikan Jasmani Dalam Interaksi Sosial Siswa SMP PGRI 1 Palembang. JOLMA, 2(1), 28–39.

Saputra, A., Muzaffar, A., & Raymon. (2019). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Mendribling Bola Permainan Sepak Bola. Seminar Olahraga. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semolga/article/view/23

Sayuti, P., & Prihanto, J. B. (2015). Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Teknik Passing Kaki. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 71–74.

Septiadi, W., GS, M. G., & Taufik, M. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Shooting Kaki Bagian dalam Melalui Audio-Visual kepada Siswa Kelas X Smk Pgri 3 Otomotif Cianjur. Jurnal Maenpo, 9(1), 1–7.

Sudibyo, N. A., & Nugroho, R. A. (2020). Survei Sarana Dan Prasarana Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Pada Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Pringsewu Tahun 2019. Journal Of Physical Education, 1(1), 18–24. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.182

Suryadi, D., & Rubiyatno, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Shooting Permainan Sepak Bola melalui Latihan Kekuatan Otot Tungkai. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 8(2), 237–246. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.5281/zenodo.6684431

Syam, S. (2022). Penerapan Case Method Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(2). https://doi.org/10.36312/jime.v8i2.3127

Triyudho, R., Syafrial, S., & Sugiyanto, S. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Teknik Shooting Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Siswa Kelas X IPS 2 SMA Negeri 1 Kabawetan. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(1), 44–49. https://doi.org/. https://doi.org/10.33369/jk.v1i1.3375

Wardana, S. (2015). Peningkatan Hasil Belajar Passing Pada Permainan Sepak bola Melalui Metode Pembelajaran Langsung Siswa Kelas V SDN Tulangan Ii Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 3, 147–153.

Wildani, L., & Gazali, N. (2020). Model Kooperatif Teams Games Tournaments: Apakah dapat meningkatkan keterampilan belajar dribbling sepakbola? Edu Sportivo: Indonesian Journal of Physical Education, 1(2), 103–111. https://doi.org/https://doi.org/10.25299/es:ijope.2020.vol1(2).5637

Published

2023-11-01

How to Cite

Alvianto, F. D., Cahyani, O. D., Priadana, B. W., & Saifuddin, H. (2023). Optimalisasi hasil belajar kemampuan shooting sepakbola: studi tentang dampak media audio visual pada siswa smp. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27084

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 50 , PDF Downloads: 84 , PDF Downloads: 4