Peningkatan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivias Net Game

Authors

  • Indah Lestari Arisandi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya
  • Nanik Indahwati Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, FIKK, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v2i2.22986

Keywords:

melempar, menangkap, menendang, net game

Abstract

Gerak dasar sangatlah penting dalam kehidupan siswa sebagai bekal dimasa depan. Keterampilan gerak dasar dapat diterapkan dalam berbagai permainan. Oleh karena itu, guru diharapkan mampu memberikan pembelajaran yang menarik sekaligus mengajak siswa untuk aktif guna meningkatkan keterampilan gerakan dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan gerak dasar melalui pembelajaran aktivitas net game pada siswa UPTD SDN Napo Daya Kecamatan Omben Kabupaten Sampang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan desain pra eksperimental dengan one group pretest-posttest. Jumlah sampel sebanyak 40 siswa dari kelas 3 dan kelas 4. Instrumen penelitian berupa kemampuan gerak dasar yaitu tes koordinasi mata, tangan dan kaki terdiri dari melempar, menangkap dan menendang. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan gerak dasar siswa sebelum diberi perlakuan (pretest) didominasi oleh siswa pada kategori berkembang sesuai harapan sebanyak 28 siswa atau sebesar 70%. Kemudian setelah diberi perlakuan (posttest) didominasi oleh siswa pada kategori berkembang sangat baik sebanyak 31 siswa atau sebesar 78%. Dari hasil penelitian statistik deskriptif diperoleh nilai rata - rata pretest sebesar 69,23 dan nilai posttest sebesar 81,08. Setelah dilakukan perhitungan peningkatan persentase diperoleh sebesar 17,13%, dengan demikian dapat diartikan bahwa adanya peningkatan hasil belajar gerak dasar melalui aktivitas net game sebesar 17,13%. Hal ini didukung dengan nilai t-hitung lebih besar dari nilai t-tabel (6,739>2,023) dan memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05, maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa aktivitas net game menjadi salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar siswa UPTD SDN Napo Daya Kecamatan Omben Kabupaten Sampang.

References

Bakhtiar, S. (2015). Merancang Pembelajaran Gerak Dasar Anak. Padang: UNP Press.

Burstiando, R., & Nurkholis, M. (2017). Permainan Invasi dan Permainan Netting untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Dasar Fundamental Siswa SD Negeri Se Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Jurnal Pembelajaran Olahraga, 3(2), 167–177. https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v3i2.11892

Fadilah, M., & Wibowo, R. (2018). Kontribusi Keterampilan Gerak Fundamental Terhadap Keterampilan Bermain Small Sided Handball Games. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 3(1), 60.

Fernando, M., & Jose, A. (2015). Design and validation of a tool for the formative assessment of invasion games. Journal of Physical Education and Sport, 15(2), 254–263. https://doi.org/10.7752/jpes.2015.02039

Gallahue, D. L., Ozmun, J. C., & Goodway, J. D. (2012). Understanding motor development: Infants, children, adolescents, adults (7th ed). New York, NY: McGraw-Hill.

Gbenga, J. B., & David, B. T. (2015). The increasing relevance of physical activity and exercise to individual mental health. Afro Asian Journal of Science and Technology, 2(1).

Hidayat, A. (2017). Peningkatan Aktivitas Gerak Lokomotor, Nonlokomotor Dan Manipulatif Menggunakan Model Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(2), 21. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i2.8175

Kustiawan, A. A., Prayoga, A. S., Wahyudi, A. N., & Utomo, A. W. B. (2019). Peningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Manipulatif Menggunakan Modifikasi Alat Bantu Pembelajaran Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 28–32. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25488

Mahardika, I. M. S. (2014). Pengantar Evaluasi Pengajaran. Surabaya: Unesa University Press.

Nadi, A., Triansyah, A., & Haetami, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bangku Terhadap Hasil Belejar Kayang Terhadap Peserta Didik SMAN 1 Sekadau Hilir. Artikel Penelitian, Fakultas dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Nisak, K. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor Anak Melalui Kegiatan Permainan Beregu Di RA Assaadah Kecamatan Medan Area. Skripsi, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Utara Medan.

Nugroho, D. P. (2015). Kemampuan Gerak Dasar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Prembun, Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen Tahun 2016/2017. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, R. J. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Manipulatif Lengan pada Pembelajaran Model Pendidikan Gerak Berformat Permainan. Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 2(2), 99–104. https://doi.org/10.17509/tegar.v2i2.17638

Sari, P. W. (2020). Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan 3M (Melempar, Menangkap, Dan Menendang) Bola Pada Anak Kelompok B. Skripsi, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyantini, I. (2013). Peningkatan Keterampilan Gerak Manipulatif Melalui Permainan Bola Beranting Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Artikel Penelitian. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tanjung Pura Pontianak.

Triharso, A. (2013). Permainan Kreatif & Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Andi.

Wibowo, Y. A. (2014). Pemahaman Mahasiswa PJKR Kelas B Angkatan Tahun 2009 Terhadap Permainan Net. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 10(1), 41–45.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Arisandi, I. L., & Indahwati, N. (2023). Peningkatan Gerak Dasar Siswa Sekolah Dasar Melalui Aktivias Net Game. Bima Loka: Journal of Physical Education, 2(2), 40–47. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v2i2.22986

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 183 , PDF Downloads: 95