Status Gizi Siswa SMP Negeri 1 Ngronngot di Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i2.11470Keywords:
covid-19Abstract
Status gizi merupakan keadaan tubuh yang dipengaruhi oleh zat-zat gizi tertentu sebagai akibat dari konsumsi makanan. Tiga faktor yang berperan besar dalam memperngaruhi keadaan gizi kurang yaitu, anak tidak cukup mendapat asupan gizi yang seimbang dan memadai, pola asuh orang tua yang tidak mengetahuitentang pemberian asupan makanan cukup gizi dan anak yang sedang menderita penyakit infeksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui status gizi siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Ngronggot pada saat pandemic covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian survei, karena akan mendeskripsikan gambaran status gizi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngronggot. Instrument yang digunakan adalah IMT/U. data yang dikumpulkan adalah tinggi badan, berat badan, dan umur. Sedangkan teknik analisis data dengan persentase. Dari data penelitian status gizi siswa SMP Negeri 1 Ngronggot selama pandemic covid-19 berdasarkan IMT/U dapat digambarkan sebagai berikut: Kategori kuru sekali sebanyak 30 siswa (29%), kurus sebanyak 16 siswa (16%), normal sebanyak 51 siswa (50%), gemuk sebanyak 4 siswa (4%) dan obesitas sebanyak 1 siswa (1%). Prevalansi underweight pada siswa SMP Negeri 1 Ngronggot sebanyak 46 siswa (45%), lebih besar dari kategori gemuk dan obesitas sebanyak 5 siswa (5%). Faktor faktor yang mempengaruhi ststus gisi gizi siswa SMP Negeri 1 Ngronggot antara lain: faktor eksternal (pendidikan dan pekerjaan ibu), dan faktor internal (pola makan, konsumsi makanan yang bersih dan aktivitas fisik) selama pandemic covid-19.
References
Ammar, A., Brach, M., Khaled, T., Chtourou, H., Omar, B., Liwa Masmoudi, L.,¦.. Hoekelman, A. (2020). Effects of COVID-19 Home Confinement on Eating Behaviour and Physical Activity: Results of the ECLB-COVID19 International Online Survey. MDPI.doi:10.3390/nu12061583
Ardella, K. B. (2020). RISIKO KESEHATAN AKIBAT PERUBAHAN POLA MAKAN DAN TINGKAT AKTIVITAS FISIK SELAMA PANDEMI COVID-19. Jurnal Medika Hutama. e-ISSN. 2715-9728. p-ISSN. 2715-8039
Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).
Carroll, N., Sadowski, A., Laila, A., Valerie H., Madeline N., David, W., Ma , Haines, J. and on behalf of the Guelph Family Health Study. (2020). The Impact of COVID-19 on Health Behavior, Stress, Financial and Food Security among Middle to High Income Canadian Families with Young Children. MDPI. doi:10.3390/nu12082352
Darya-varia.com. (2020, 16 September). Tingkatkan Imunitas Tubuh Dengan Pola Makan Sehat Selama Pandemi Covid-19. Diakses pada 3 Desember 2020, dari http://www.darya-varia.com/id/read/tingkatkan-imunitas-tubuh-dengan-pola-makan-sehat-selama-pandemi-covid-19
Dr.Erry Yudhya Mulyani, S. M. (2020). Asupan Gizi dalam Upaya Meningkatkan Imunitas di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 1.
FARAH NAJA & RENA HAMADEH. (2020). NUTRITION AMID THE COVID-19 PANDEMIC: A MULTI LEVEL FRAMEWORK FOR ACTION. NATURE PUBLIC HEALTH EMERGENCY. DOI: 10.1038/S41430-020-0634-3
Jatengdaily.com. (2020, 24 November). Tujuh Jam Belajar Daring, Anak-anak Butuh Nutrisi Seimbang. Diakses pada 26 November 2020, dari https://jatengdaily.com/2020/tujuh-jam-belajar-daring-anak-anak-butuh-nutrisi-seimbang/
Keflie, T.S1. & Biesalski, K2. (2020). Micronutrients and Bioactive Substances: Their Potential Roles in Combating COVID-19. ELSEVIER. https://doi.org/10.1016/j.nut.2020.111103
Kemendikbud. 2020. Kebijakan kemendikbud di masa pandemi.
Kemenkes RI. (2015). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak, Kementerian Kesehatan RI.
Kemenkes RI. (2020). Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Covid-19. Jurnal Kesehatan, 1. 5. KEMENKES. (2020). Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi COVID-19. Artikel Kesehatan.
Kemenkes RI. 2010. Keputusan Menteri Kesehatan RepublikIndonesia No 1995/Menkes/SK/XII/2010 tentang Standar Antoprometri Penilaian Status Gizi Anak.
Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013
Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018
Kusriyanti & Sukoco, P. (2020). Pengembangan model aktivitas jasmani berbasis alam sekitar untuk meningkatkan kecerdasan naturalis siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, Vol 16 (1), 65-77.
Li, W. (2005). Bats are natural reservoirs of SARS-like coronaviruses. Science 310, 676679.
MADIROH, H., ASTUTIK, E. & PRATAMA, R.A. (2019). THE ASSOCIATION OF BODY MASS INDEX, PHYSICAL ACTIVITY AND HYPERTENSION IN INDONESIA. JURNAL NERS. HTTP://DX.DOI.ORG/10.20473/JN.V13I1.12811
Maksum, Ali. 2012. Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
NURMIDIN, M. F., FATIMAWALI & POSANGI, J. (2020). PENGARUH PANDEMI COVID-19 TERHADAP AKTIVITAS FISIK DAN PENERAPAN PRINSIP GIZI SEIMBANG PADA MAHASISWA PASCASARJANA. JOURNAL OF PUBLIC HEALTH AND COMMUNITY MEDICINE. ISSN: 2721-9941
Supariasa, dkk. 2016. Penilaian Status Gizi. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC
TERRI, F., CHEN, Z., & SOPHELIA, M. (2020). FAMILIES FINANCIAL STRESS & WELL‘BEING: THE IMPORTANCE OF THE ECONOMY AND ECONOMIC ENVIRONMENTS. SPRINGER. HTTPS://DOI.ORG/10.1007/S10834-020-09694-9
Tu, C. (2005). Antibodies to SARS coronavirus in civets. Emerg. Infect. Dis. 10, 22442248
WHO. (2020). menu gizi seimbang.
Wismawarin, Bening. (2020, 18 September). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi, Solusi atau Masalah?. Diakses pada 29 November 2020, dari https://iap2.or.id/pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-solusi-atau-masalah/.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Putra Maulana Dwi, Faridha Nurhayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

