Tingkat pemahaman siswa kelas x terhadap permainan bola besar di sma 8 muhammadiyah lamongan dimasa pandemi covid-19

Authors

  • Amir Izazi Universitas Negeri Surabaya
  • Advendi Kristiyandaru Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v2i1.23137

Keywords:

pendidikan, bola besar, pemahaman siswa

Abstract

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan salah satu mata pelajaran yang dilaksanakan pada jenjang pendidikan dasar, menengah, bahkan pada perguruan tinggi. Salah satu materi pada kelas X adalah menggunakan bola besar dengan keliling 50 cm, dan secara berkelompok pada siswa. Pembelajaran bola besar siswa kelas X terhadap materi bola besar adalah tujuan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif deskriptif menggunakan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket yang disebarkan pada responden menggunakan google form. Pada penelitian ini memperoleh hasil dengan kategori sangat rendah sebanyak 4,34% (1 orang), kategori rendah sebanyak 65,2% (15 orang), kategori sedang sebanyak 39,1%, kategori baik sebanyak 47,8% (11 orang), kategori sangat baik 86,9% (2 orang). Simpulan pada penelitian ini termasuk dalam kategori sedang dengan memperoleh nilai rata-rata sebanyak 56,4%.

Kata-kata kunci: pendidikan; bola besar; pemahaman siswa

References

Arikunto, S. (2010). Metode Peneltian. Jakarta: Rineka Cipta.

Bukhari, K., Efendi, Z. M., & Jama, J. (2019). The development of physical and sport education learning model by using small games. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1), 12014.

Hidayatullah, F. (2017). Ketepatan Penggunaan Istilah Pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani Materi Permainan Bola Besar Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Kecamatan Bangkalan. JOURNAL PROCEEDING, 1(1).

Komari, A. (2018). TINGKAT PEMAHAMAN SISWA KELAS X TERHADAP PERMAINAN BOLA BESAR DI MADRASAH ASSALAFIYYAH MLANGI KABUPATEN SLEMAN. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 7(3).

Komarudin, S. (2015). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA: Studi Deskriptif Presentase pada Mata Pelajaran IPA di SMP Negeri se-Kecamatan Lembang. Universitas Pendidikan Indonesia.

Maksum, A. (2018). Statistik Dalam Olahraga (Vol. 1). Unesa University Press.

Mitchell, S., Mitchell, S. A., Oslin, J., & Griffin, L. L. (2020). Teaching sport concepts and skills: A tactical games approach. Human Kinetics Publishers.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah [JDIH BPK RI]. (n.d.). Retrieved March 29, 2023, from https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/224242/permendikbud-no-22-tahun-2016

Rahman, G. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Materi Permainan Bola Besar (Sepak Bola) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction Di Kelas Iv Sdn Kelampaian Ulu Kecamatan Astambul. Tarbiyah Darussalam: Jurnal Ilmiah Kependidikan Dan Keagamaan, 1(1).

Setiani, A. F. E., & Priyonoadi, B. (2015). IDENTIFIKASI PEMAHAMAN GURU PENJAS DALAMPENGETAHUAN, PENYEBAB, KLASIFIKASIDAN JENIS CEDERA OLAHRAGA. MEDIKORA, 14(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Widiastuti, S. S. (2019). Mengenal Permainan Olahraga Bola Besar. Myria Publisher.

Wijayanto, E. Z. (2012). Pengaruh Pembelajaran Permainan Bola Besar Terhadap Tingkat Kesegaran Jasmani. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(1).

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Izazi, A., & Kristiyandaru, A. (2023). Tingkat pemahaman siswa kelas x terhadap permainan bola besar di sma 8 muhammadiyah lamongan dimasa pandemi covid-19. Bima Loka: Journal of Physical Education, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v2i1.23137

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 60 , PDF Downloads: 49

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.