Survei guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan melalui open class dan lesson study
DOI:
https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30726Keywords:
open class, lesson study, pjokAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis guru pendidikan jasamani olahraga dan kesehatan melalui open class dan lesson study di SMA Negeri 4 Sidoarjo. Metode penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survey. Populasi sebanyak 4 guru PJOK SMA Negeri 4 Sidoarjo, metode yang dipakai dalam memilih sampel adalah purposive sampling sehingga didapatkan 1 guru. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kemampuan guru adalah penilaian kinerja dan form formative class evaluation (FCE). Penilaian kinerja menggunakan teknik observasi oleh tiga pengamat terhadap satu guru yang melakukan open class menggunakan instrument ujian kinerja (Ukin). Analisis data menggunakan persentase. Hasil penelitian yang diperoleh dari instrumen Ukin didapat persentase rata-rata sebesar 79.0% (tinggi) dengan rincian dari pengamat 1 sebesar 80.3% (tinggi), pengamat 2 sebesar 77.0% (tinggi), pengamat 3 sebesar 79.8% (tinggi). Hasil pengukuran FCE menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran yang dilakukan guru sebesar 2.66 (baik) dengan rincian penilaian peserta didik laki-laki 2.75 (baik) dan perempuan 2.58 (baik). Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa faktor yang memengaruhi keberhasilan open class adalah partisipasi guru dan kolaborasinya dengan peneliti sehingga daapt dilakukan refleksi dan tindakan perbaikan yang mampu meningkatkan keefektifitasan open class. Sehingga kegiatan open class dapat menjadi alternative yang efektif dalam meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru dalam pengajaran.
References
Deninta, D., T. & Rumini, R. (2022). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Situasi Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Bobotsari. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 3 (Special Edition), 25-30. https://journal.unnes.ac.id/sju/inapes/article/view/50015/25317
Fadila, A., Budi, D., Listiandi, A., Ngadiman, N., & Festiawan, R. (2021). Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Physical Activity Journal (PAJU), 3(1), 23-30. doi:10.20884/1.paju.2021.3.1.4350
Oktamal, D. S., & Putra, R. B. A. (2023). Survey Pembelajaran Penjasorkes secara Daring di SMP/Sederejat se-Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 4(2), 394-400. https://journal.unnes.ac.id/sju/inapes/article/view/52519/25747
Pacinongi, A., & Asrifan, A. (2020). Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Menyusun Silabus dan RPP melalui Supervisi Akademik oleh Pengawas Sekolah. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual, 4(2), 201-207. https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1620144&val=11053&title=Penerapan%20Supervisi%20Akademik%20oleh%20Pengawas%20Sekolah%20dapat%20Meningkatkan%20Profesionalisme%20Guru%20dalam%20Menyusun%20Silabus%20dan%20RPP
Packham, A., & Street, B. (2019). The effects of physical education on student fitness, achievement, and behavior. Economics of Education Review, 72, 1-18. https://doi.org/10.1016/j.econedurev.2019.04.003
Palinata, Y. J., Leko, J. J., Mae, R. M., & Selan, M. (2023). Potret Kinerja Guru Pendidikan Jasmani Melalui Supervisi Kepala Sekolah. Jurnal Olahraga Dan Kesehatan Indonesia (JOKI), 3(2), 92-99. https://jurnal.stokbinaguna.ac.id/index.php/jok
Prakoso, B. B. (2015). Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar PJOK melalui Evaluasi Diri Guru. Optimalisasi Hasil-Hasil Penelitian Dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan, 64, 510-523.
Purwanto, N. (2020). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran (Tjun Surjaman (ed.); Kedua). PT Remaja Rosdakarya.
Rico, M., Afif, A., & Arifin, M. (2023). Survei Efektifitas Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran PJOK Di SMA, SMK, MA Kabupaten Bojonegoro Moch. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 1(6). https://doi.org/https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i6.480
Sarpan, A., Rumini, R., & Hartono, M. (2022). Evaluation of Sports and Health Physical Education Learning Programs in Junior High Schools in Sampolawa District. JUARA : Jurnal Olahraga, 7(3), 526-537. https://doi.org/10.33222/juara.v7i3.2269
Setyorini, S., Kristiyandaru, A., & Pramulia, Y. M. (2023). Pembelajaran play-teach-play: Upaya meningkatkan hasil belajar gerak manipulative peserta didik kelas I. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 22(2), 116-130. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i2.15942
Shandi, S. A. (2023, June). Supervisi Kolaboratif Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Pendidikan Jasmani. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Vol. 6, No. 1, pp. 721-725). https://proceeding.unnes.ac.id/snpasca/article/view/2209
Solehudin, U. (2020). Supervisi Kolaboratif dapat Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 364. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2.29090
Tuasikal, A., Hartoto, S., Prakoso, B., Kartiko, D., & Hariyanto, A. (2021). The analysis on teaching skills and learning effectiveness of internship students. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 650-658. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.40466
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pijar Kuncoro Yudho, Suroto Suroto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


