Pengaruh media audiovisual dan alat bantu terhadap hasil belajar renang gaya bebas

Authors

  • Tiffany Jasmine Riadi Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur
  • Bayu Budi Prakoso Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.38367

Keywords:

audio visual, swimboard, pullbuoy, hasil belajar renang

Abstract

Renang merupakan salah satu materi dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pengetahuan melalui media audiovisual dan keterampilan renang gaya bebas melalui media alat bantu swimboard dan pullbuoy di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Gedangan Sidoarjo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif, weak-experimental dan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian dipilih menggunakan cluster random sampling dengan jumlah 33 siswa. Hasil belajar pengetahuan diukur menggunakan tes tulis berupa pilihan ganda dan keterampilan diukur menggunakan tes renang gaya bebas 25m yang dinilai oleh 3 observer berlisensi renang. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya terdapat pengaruh media audiovisual dan alat bantu terhadap hasil belajar renang gaya bebas pada aspek pengetahuan (t= 10.095, p= 0.000<0.05) dan keterampilan (t= 7.743, p= 0.000<0.05). Hasil belajar pada aspek pengetahuan mengalami peningkatan sebesar 52.82% dan pada aspek keterampilan sebesar 32.57%. Maka dapat disimpulkan bahwa media audiovisual dan alat bantu renang mempengaruhi hasil belajar renang gaya bebas dengan besar pengaruh rentang sedang.

Author Biographies

Tiffany Jasmine Riadi, Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

Bayu Budi Prakoso, Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

Program studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, Universitas Negeri Surabaya, kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur

References

Ahmad, A., & Hasanuddin, M. I. (2019). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Bebas Pada Peserta Didik Smp Negeri 3 Palopo. Prosiding, 4(1). https://core.ac.uk/download/pdf/267088074.pdf

Alhuda, M. Y., Dafun JR, P. B., & Yulfadinata, A. (2024). Application of video tutorials as a media for learning front punch of pencak silat to improve students’ motivation and skills learning outcomes. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(2), 68–76. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30769

Alvianto, F. D., Cahyani, O. D., Priadana, B. W., & Saifuddin, H. (2023). Optimalisasi hasil belajar kemampuan shooting sepakbola: studi tentang dampak media audio visual pada siswa smp. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.27084

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1). https://core.ac.uk/download/pdf/297668739.pdf

Apriliyanto, R. B., & Hartoto, S. (2018). Pengaruh Penerapan Alat Bantu Pull buoy Dan Papan Luncur Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Crawl Stroke) (Studi Pada Siswa Kelas Vii Smp Pahlawan Mojosari, Kab. Mojokerto). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 5(2), 192-197 https://ejournal.unesa .ac.id/index.php/jurnal-pendidikanjasmani/article/view/21241/19475

Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani Dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Siswa. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga , 16 (1). https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666

Bastomi, M. R., & Hartoto, S. (2017). Pengaruh Penerapan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada (Studi Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 6(1), 5-9. https://core.ac.uk/reader/230799280

Fitria, A. (2014). Penggunaan media audio visual dalam pembelajaran anak usia dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.17509/cd.v5i2.10498

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Smp/Mts. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63. https://doi.org/10.55784/jupeis.vol1.iss3.75

Hidayat, T. A. S. (2019). Model Pembelajaran Keterampilan Renang Gaya Bebas Untuk Anak Usia Sekolah Dasar. Gladi: Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(1), 56-67. https://doi.org/10.21009/GJIK.101.06

Hita, I. P. A. D., Pranata, D., & Efendi, M. (2021). Analisis Tingkat Konsentrasi Anak Usia 11-13 Tahun Melalui Aktivitas Fisik Olahraga Renang. Jurnal Patriot, 3(4), 397-407. https://doi.org/10.24036/patriot.v3i4.809

Ilham, M., Sari, D. D., Sundana, L., Rahman, F., Akmal, N., & Fazila, S. (2023). Media Pembelajaran: Teori, Implementasi, dan Evaluasi. Jejak Pustaka. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=lGq-EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA

Maksum, A. (2018). Metodologi Penelitian dalam Olahraga (edisi kedua). Surabaya: Unesa University Press

Nugroho, F. A., & Khory, F. D. (2020). Pengaruh Media Audio Visual Dan Latihan Drill Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Dada. Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(3), 137-142. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/37329

Putri, G. T. K. (2020). Penerapan Part And Whole Method Terhadap Peningkatan Keterampilan Renang Gaya Bebas Mahasiswa Melalui Komunitas Belajar. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 8(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/34734/30878

Ramadhan, DM, & Hartoto, S. (2018). Pengaruh Alat Bantu Papan Renang Terhadap Pembelajaran Renang Gaya Dada (Studi Pada Siswa Kelas X Sman 4 Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan , 6 (2), 221-224. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/23269

Ramadhani, R. F., & Hartoto, S. (2023). Pengaruh Alat Bantu Pullbuoy Dan Swimboard Terhadap Keterampilan Renang Siswa Sekolah Dasar. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(1), 20-31. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i1.29169

Rosita, L. (2018). Peran pendidikan berbasis karakter dalam pencapaian tujuan pembelajaran di sekolah. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi UNIKOM, 8. https://doi.org/10.34010/jipsi.v8i1.879

Saitya, I. (2022). Pentingnya Perencanaan Pembelajaran pada Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga, 1(1), 9-13. https://www.jurnal.habi.ac.id/index.php/Pior/article/view/53

Setyorini. (2016). Pengaruh Program Live Life Well at School dan Reward terhadap Keterampilan Gerak Dasar. Universitas Negeri Surabaya : Pascasarjana

Syarif, A. (2017). Pengaruh Gaya Mengajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 3(02).https://www.ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/87

Tuasikal, A. R. S., Hartoto, S., Prakoso, B. B., Kartiko, D. C., & Hariyanto, A. (2021). The analysis on teaching skills and learning effectiveness of internship students. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 650-658. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.40466

Published

2025-01-24

How to Cite

Riadi, T. J., & Prakoso, B. B. (2025). Pengaruh media audiovisual dan alat bantu terhadap hasil belajar renang gaya bebas. Bima Loka: Journal of Physical Education, 5(1), 1–12. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.38367

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 174 , PDF Downloads: 91 , PDF Downloads: 18

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.