PENGARUH MOTIVASI DAN SARANA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Pifa Arita Lakap Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Universitas Negeri Surabaya
  • Ketut Prasetyo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p22-28

Abstract

ABSTRACT

This research as to know how great the influence, the motivation, infrastructures and children learning to study results especially primary school class IV. Subjects used are the fourth grade students in Elementary School Inpres Oekaem, Meusin Village, Boking Sub-District, South Central Timor District, East Nusa Tenggara Province. While the study sample was 40 students consisting of 2 classes namely class IV-A total of 20 students and class IV-B amounted to 20 students. The model of data analysis used in this study is multiple linear regression analysis. Based on the results of research can be concluded that the variable motivation and learning facilities and infrastructure affect the educational outcomes of children's learning.

 

Keywords: Motivation, Facilities and Infrastructure Learning, Learning Outcomes.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar, dan sarana prasarana belajar terhadap hasil belajar anak kelas IV SD Inpres Oekaem. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas IV di SD Inpres Oekaem, Desa Meusin, Kecamatan Boking, Kabupaten Timor Tengah Selatan-Provinsi Nusa Tenggara Timur. Sedangkan sampel penelitian adalah 40 siswa yang yang terdiri dari 2 kelas yakni kelas IV-A berjumlah 20 siswa dan kelas IV-B berjumlah 20 siswa. Adapun model analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa variabel Motivasi serta Sarana dan prasarana belajar berpengaruh terhadap pendidikan hasil belajar anak.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Sarana dan Prasarana Belajar, dan Hasil Belajar Anak.

Author Biographies

Pifa Arita Lakap, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Rusijono Rusijono, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Ketut Prasetyo, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

References

Bafadal, Ibrahim. (2008), Manajemen perlengkapan sekolah: Teori Aplikasinya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamzah, B.Uno. (2006). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, H.E. (2012). Perkembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurmalia, Erlina. (2010). Pengaruh Fasilitas dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS MAN Malang 1. Skripsi Online. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. (http://lib.uin-malang.ac.id/thesis/fullchapter /06130047-erlina-nurmalia.ps, diakses 16 April 2013).

Nurubay, Siti. (2008). Pengaruh Pemanfaatan Sarana dan Prasarana Pendidikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMP Dua Mei. Ciputat. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.

Prasetyo, Herry dan Listyandari, Rosa. (2014). Virus-Virus Perusak Kepribadian Anak. Jakarta: PT. Gramedia Pustakaa Utama.

Sanjaya, Winna. (2008). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Grouf.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sofan, A. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Downloads

How to Cite

Lakap, P. A., Rusijono, R., & Prasetyo, K. (2020). PENGARUH MOTIVASI DAN SARANA SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(1), 22–28. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p22-28
Abstract views: 1055 , PDF Downloads: 1929