MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG ORANGTUANYA BEKERJA SEBAGAI TENAGA KERJA INDONESIA

Authors

  • Marina Filayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Rusijono Rusijono Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution Nasution Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p11-21

Abstract

ABSTRACT

This research aims to describe the opinion of children to parents who work as migrant workers for elementary school students and describe the motivation and achievement of elementary school students whose parents work as Indonesian migrant workers. This research is a qualitative research. The type of research used is case study. In this method requires in-depth study of a situation. Data analysis by the process of collecting data, data reduction, presenting data, and draw conclusions. The results showed students who left by their parents working as Indonesian migrant workers they realize that his parents are working to earn money to meet daily needs. They also revealed if her parents are working mother is at home every day there will be a guide in studying at home. Motivation to learn elementary school students senggreng 04 and 05 whose parents work as Indonesian migrant Workers have not shown have good motivation and their learning achievement still not meet the standard of mastery learning.

 

Keywords: Motivation, Learning Achievement.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendapat anak terhadap orangtua yang bekerja sebagai TKI bagi siswa sekolah dasar dan mendeskripsikan motivasi dan prestasi belajar siswa sekolah dasar yang orangtuanya bekerja sebagai tenaga kerja indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kasus. Dalam metode ini dibutuhkan penelitian yang mendalam terhadap suatu keadaan. Analisis data dengan proses mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan siswa yang ditinggalkan orangtuanya bekerja sebagai tenaga kerja Indonesia mereka menyadari bahwasannya orangtuanya tersebut bekerja untuk mencari uang demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka juga mengungkapkan jika orangtuanya yaitu ibu yang bekerja tersebut berada di rumah setiap hari akan ada yang membimbingnya dalam belajar dirumah. Motivasi belajar siswa sekolah dasar senggreng 04 dan 05 yang orangtuanya bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia belum menunjukan memiliki motivasi yang baik dan prestasi belajar mereka masih belum memenuhi standar ketuntasan belajar.

 

Kata Kunci: Motivasi, Prestasi Belajar Siswa.

Author Biographies

Marina Filayanti, Universitas Negeri Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Rusijono Rusijono, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

Nasution Nasution, Universitas Negeri Surabaya

Dosen Program Studi Pendidikan Dasar

Pascasarjana

References

Ashley, L. D. (2012). Research Methods and Methodologies in Education: Case study research. New Delhi: SAGE Publication India Pvt Ltd.

Cresswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Aming Five Tradition. USA: Sage Publication Inc.

Mantra, I. B. (2000). Demografi Umum. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sardiman. (2011). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Syah, M. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-01-11

How to Cite

Filayanti, M., Rusijono, R., & Nasution, N. (2020). MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA YANG ORANGTUANYA BEKERJA SEBAGAI TENAGA KERJA INDONESIA. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(1), 11–21. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p11-21
Abstract views: 227 , PDF Downloads: 319