PENGARUH PENGGUNAAN PETA PIKIRAN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n1.p73-78Abstract
ABSTRACT
Education produces quality human resources. Thus, educational institutions are required to improve the quality of their education. The application of learning media that involves students more in the learning process is very necessary so that students will be able to understand the concepts being studied. One suitable learning alternative to further improve students in the learning process is to use mind map media. This research uses quasi experimental design method. The type of research design used in this study is pretest and posttest control group design. The population in this study were all students in class IV as many as 42 students, while the sample in this study was class IV A as a control class of 21 students and class B as a control class of 21 students. Analysis of the data used is descriptive analysis and inferential analysis using anacova. The results of data analysis showed the average learning outcomes of the experimental class using mind maps media by 93% and the control class using conventional media by 79%. Anacova test results obtained p-level values smaller than α 0.05. Thus it can be concluded that there is the influence of mind maps on learning outcomes of Natural Sciences
Keywords: Mind Map, Learning Outcomes, Science
ABSTRAK
Pendidikan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan demikian, lembaga pendidikan dituntut untuk meningkatkan kualitas pendidikannya. Penerapan media pembelajaran yang lebih melibatkan siswa dalam proses pembelajaran sangat diperlukan sehingga siswa akan dapat memahami konsep yang sedang dipelajarinya. Salah satu alternatif pembelajaran yang sesuai untuk lebih meningkatkan siswa dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan media peta pikiran. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design. Jenis desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pretes dan postes control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV sebanyak 42 siswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV A sebagai kelas kontrol sebanyak 21 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol sebanyak 21 siswa. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan anakova. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen menggunakan media peta pikiran sebesar 93% dan kelas kontrol menggunakan media konvensional sebesar 79%. Hasil uji anakova diperoleh nilai p-level lebih kecil dari α 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh peta pikiran terhadap hasil belajar IPA
Kata Kunci : Peta Pikiran, Hasil Belajar, IPA
References
Agustine, A.W. & Sukartaningsih W.. (2014). Penerapan Media Peta Pikiran Objek Wisata Untik Meningkatkan Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. JPGSD, Volume 02 Nomor 02.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendiddikan Dasar dan Menengah: Stadar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD/MI. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional RI.
Buchori, A. R. D. S. (2015). Development Lerarning Model f Character Education Through E-Comic In elementary School. International. Journal of Education and Research, Vol. 3 No. 9 (http://www.ijern.com/journal, diakses 1 Desember 2018).
Buzan, T. (2006). Mind Map untuk Meningkatkan kreativitas. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Buzan, T. (2012). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Chomsi, Imanuddin. M & Unggul H. N. Utomo. (2012). Efektifitas Motode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Jurnal Humanitas. Vol. IX, No. 1
Faridah, E. (2014). Pengaruh Penerapan Strategi Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar IPA terpadu Tema Es Lilin Siswa Kelas VIII SMPN 4 Jombang. Jurnal Pensa, Vol. 2, No 1
Mukhtar & Iskandar. (2012). Desain Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi.
Rezkita, S. (2014). Aplikasi Peta Pikiran (Mind Mapp) Dalam IPA Untuk Merangsang Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan ke-SD-an. Vol. 1, No. 1
Sari, S. A & Halimatun.S. (2016). The Development of Mind Mapping Media in Flood Material using ADDIE Model. Journal of Education and Learning. Vol. 10, No. 1
Saputro, A. R. & Basori. (2017). The Aplication of Mapping Learning Model to Improve the Students. ICCTC. Vol. 4, No. 1
Sirojul, A. (2012). Pengaruh Teknik Mencatat Peta Pikiran Dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Siswa Keas X MAN 1 Malang. Skripsi. Malang. Universitas Negeri Malang.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Widiari. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Mapping Dan Ekspos Kecamatan Buleleng. Jurnal Edutech Undiksa. Volume 2, No. 1
Wahyuningsih, D, Harlita & Joko. (2011). Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Mind Maps Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Jurnal Pendidikan Biologi UNS. Volume 3, No. 2
Yanti, N. Zulhendra & Hanesman. (2014). Pengaruh Penggunaan Peta Pikiran (Mind Mapping) terhadap Hasil Belajar KPPI Di SMK Negeri 1 Lembang Melintang Kabupaten Pasaman Barat. E-Journal (Online), Vol. 1 No. 1 (https://docplayer.info/51036091-E-journal-pengaruh-penggunaan-peta-pikiran-mind-mapping-terhadap-hasil-belajar-kkpi-di-smk-negeri-1-lembah-melintang-kabupaten-pasaman-barat.html) diakses 24 Desember 2019