ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 3

Authors

  • Lebyana Norma Belinda Leby Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dede Margo Irianto Universitas Pendidikan Indonesia
  • Yeni Yuniarti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p37-42

Keywords:

Faktor Hambatan, Kesulitan Belajar, Operasi Hitung Pembagian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan belajar yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal pada materi operasi hitung pembagian kelas 3 serta untuk mengetahui faktor penyebab siswa mengalami kesulitan belajar. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, tingkat emosi, dan minat siswa yang kurang terhadap matematika, siswa yang acuh terhadap pembelajaran, adapun beberapa siswa mengalami kendala terhadap indra pendengaran dan penglihatan.  Lingkungan keluarga juga berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa dikarenakan orang tua sibuk bekerja sehingga kurang memotivasi anaknya dan kurang memberi perhatian.

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar: Teori, Diagnosis, dan Remidiasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Agustiani, R. (2014). the Development of Mathematics Short Story for Mathematics Learning. 2(2), 56.

Al Fani, R., Lubis, S., & Dewiyanti, A. (2021). Kesulitan Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid 19 Di SMP Tengku Umar Medan. Center of Knowledge: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 1-11.

Alisah, Evawati. (2007). Filsafat Dunia Matematika. Jakata: Prestasi Pustaka.

Arikunto, S. (2006). Manajemen penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Azhari, B. (2014). Identifikasi Gangguan Belajar Dyscalculia Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 56. https://doi.org/10.22373/jppm.v1i1.17 32

Bogdan, R. C. & Biklen, S. K. (1998). Qualitative Research for Education: An Intriduction to Theory and Method. London: Allyn and Bacon, Inc.

Danuri, D., & Ridho, R. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas IV SD N Bugel Panjatan Kulon Progo. Edukasi: Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 12(2), 67-76.

Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. IKIP Semarang Press.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang 74 Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.

Fatuhrozi, A. (2014). Tugas Matakuliah Pengembangan Pembelajaran Matematika SD Dosen Pengampu Mohammad Faizal Amir, M.Pd S-1 PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. 56.

Fauziah, R., Reffiane, F., & Sukamto, S. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Materi Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas 3 SDN Gebangsari 02. Jurnal Basicedu, 3(2), 838-843.

Haruman. (2007). Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Hasibuan, E. K. (2018). Analisis kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi datar di smp negeri 12 bandung. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1).

Indah, P. J., Saputro, B. A., & Sundari, R. S. (2020). Analysis of Difficulty Learning Operations to Calculate Multiplication and Division during the Pandemic (Covid-19) in Elementary Schools. Didaktika; Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 3 (2), 129–138

Muhsetyo., Gatot., dkk. (2010). Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Mulyati. (2010). Diagnosa Kesulitan Belajar. Semarang. IKIP Semarang Press.

Nurhayati, A. N. A., Lubis, E., Lisdayanti, S., & Wellyana, W. (2022). Pengembangan Pemahaman Kegiatan Nurmerasi Terhadap Siswa-Siswi di SMP Negeri Satu Atap 3 Pubian, Lampung Tengah. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(5), 760-766.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Prasetyo, R. T., & Suwarno, S. H. (2016). Pengaruh Minat Belajar dan Kedisiplinan terhadap Kemampuan Berhitung Pembagian pada Siswa Kelas V di SD Muhammadiyah 24 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Prianto, P. N. A., Cahyadi, F., & Listyarini, I. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Materi Operasi Hitung Pembagian Kelas IV SDN Tengki 01 Kabupaten Brebes. Wawasan Pendidikan, 2(1), 61-70.

Putri, C. B., Rahmawati, I., & Muhajir, M. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika. International Journal of Elementary Education, 3(2), 159-168.

Samudra, B. A. (2022). ANALISIS KESULITAN BELAJAR BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMK NEGERI 1 PACITAN (Doctoral dissertation, STKIP PGRI PACITAN).

Syah,Muhibbin. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rosyadi, W. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Operasi Hitung Pembagian Pada Siswa Kelas IV SDN di Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Universitas Negeri Semarang.

Widyaninggar, A. A. (2015). Pengaruh efikasi diri dan lokus kendali (locus of control) terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).

Wulandari, I. (2019). Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Perkalian Dan Pembagian Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III Di Mi Ma’arif Nu Dawuhan Kulon Tahun Pelajaran 2018/2019. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Yusuf, A. Muri. (2017). Metode Penelitian. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Leby, L. N. B., Margo Irianto, D., & Yuniarti, Y. (2023). ANALISIS KESULITAN BELAJAR OPERASI HITUNG PEMBAGIAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS 3 . Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 37–42. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p37-42
Abstract views: 1321 , PDF Downloads: 2332