EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KUE LAPIS LEGIT DENGAN KONSEP GEOMETRI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Anisa Octaviani Universitas Negeri Surabaya
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p43-47

Keywords:

Etnomatematika, Kue Lapis Legit, Volume Bangun Ruang Balok

Abstract

Etnomatematika merupakan suatu gagasan baru yang dapat diterapkan untuk memberikan nuansa berbeda dalam pengajaran matematika dengan ikut menanamkan pada diri peserta didik akan budaya yang ada di wilayah mereka. Dengan etnomatematika, diharapkan pengajaran akan budaya dapat dikaitkan dengan mengungkap unsur matematika yang ada di dalamnya. Sehingga guru dapat mengajarkan matematika menggunakan budaya yang peserta didik miliki. Makanan tradisional Kue Lapis Legit dapat dijadikan sebagai media implementasi pembelajaran etnomatematika yang terdapat beberapa konsep matematika salah satunya geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu peserta didik yang berjumlah 29 orang dari kelas V, SDN Geluran III. Implementasi pembelajaran etnomatematika dengan menggunakan makanan tradisional Kue Lapis Legit pada materi volume bangun ruang mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi atau minat belajar peserta didik dengan baik. Respon peserta didik terkait proses pembelajaran sangat baik, hal tersebut dapat dilihat dari perilaku peserta didik yang aktif pada saat pembelajaran dan hasil refleksi peserta didik.

References

Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif (kedua). jakarta: prenada media group.

Huda, Nuk Tohul. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika Vol II No. II , Pendidikan Matematika Sleman Yogyakarta.

Lexi. J. Meleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif (P. R. R. Karya., ed.). Bandung.

Maemali, Priska. (2020). Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Nagekeo. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM) Volume: 1, Number: 1, Hal. 48-58.

Nasution (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Nurhida, & Musa, M. I. (2017). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 1–14

Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan tradisional bugis sebagai sumber belajar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 307-327.

Purnama, M. dwi, Irawan, E. bambang, & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan Dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/102724 -ID-pengembangan-media-box-mengenalbilangan.pdf

Sugiyono. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Ulum, Bakhrul. (2018). Etnomatematika Pasuruan : Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 4 No. 2

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Octaviani, A., & Mariana, N. (2023). EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KUE LAPIS LEGIT DENGAN KONSEP GEOMETRI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(1), 43–47. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p43-47
Abstract views: 328 , PDF Downloads: 396