EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA PADA KUE LAPIS LEGIT DENGAN KONSEP GEOMETRI VOLUME BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n1.p43-47Keywords:
Etnomatematika, Kue Lapis Legit, Volume Bangun Ruang BalokAbstract
Etnomatematika merupakan suatu gagasan baru yang dapat diterapkan untuk memberikan nuansa berbeda dalam pengajaran matematika dengan ikut menanamkan pada diri peserta didik akan budaya yang ada di wilayah mereka. Dengan etnomatematika, diharapkan pengajaran akan budaya dapat dikaitkan dengan mengungkap unsur matematika yang ada di dalamnya. Sehingga guru dapat mengajarkan matematika menggunakan budaya yang peserta didik miliki. Makanan tradisional Kue Lapis Legit dapat dijadikan sebagai media implementasi pembelajaran etnomatematika yang terdapat beberapa konsep matematika salah satunya geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menggunakan sampel yaitu peserta didik yang berjumlah 29 orang dari kelas V, SDN Geluran III. Implementasi pembelajaran etnomatematika dengan menggunakan makanan tradisional Kue Lapis Legit pada materi volume bangun ruang mampu meningkatkan pemahaman dan motivasi atau minat belajar peserta didik dengan baik. Respon peserta didik terkait proses pembelajaran sangat baik, hal tersebut dapat dilihat dari perilaku peserta didik yang aktif pada saat pembelajaran dan hasil refleksi peserta didik.
References
Bungin, B. (2007). Penelitian Kualitatif (kedua). jakarta: prenada media group.
Huda, Nuk Tohul. (2018). Etnomatematika Pada Bentuk Jajanan Pasar di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika Vol II No. II , Pendidikan Matematika Sleman Yogyakarta.
Lexi. J. Meleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif (P. R. R. Karya., ed.). Bandung.
Maemali, Priska. (2020). Etnomatematika pada Budaya Masyarakat Nagekeo. Jurnal Penelitian & Pengkajian Ilmiah Mahasiswa (JPPIM) Volume: 1, Number: 1, Hal. 48-58.
Nasution (2003). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito
Nurhida, & Musa, M. I. (2017). Dampak Pengaruh Globalisasi Bagi Kehidupan Bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 1–14
Pathuddin, H., & Raehana, S. (2019). Etnomatematika: Makanan tradisional bugis sebagai sumber belajar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(2), 307-327.
Purnama, M. dwi, Irawan, E. bambang, & Sa’dijah, C. (2017). Pengembangan Media Box Mengenal Bilangan Dan Operasinya Bagi Siswa Kelas 1 di SDN Gadang 1 Kota Malang. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 46–51. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/102724 -ID-pengembangan-media-box-mengenalbilangan.pdf
Sugiyono. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Ulum, Bakhrul. (2018). Etnomatematika Pasuruan : Eksplorasi Geometri untuk Sekolah Dasar pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, Vol. 4 No. 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Author(s) who wish to publish with Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian should agree to the following terms:
- Author(s) retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY) that allows others to share the work with an acknowledgment of the works authorship and initial publication in this journal for noncommercial purposes.
- Author(s) are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals' published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.