Hubungan antara Kualitas Layanan dan Minat Membeli pada Konsumen Mini Market Mina Uswah Surabaya

Authors

  • Umi Anugerah Izzati Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v2n2.p121-125

Keywords:

Persepsi kualitas layanan, minat membeli, konsumen

Abstract

This study examined the relationship between consumers perception of the customer service quality and their interests to buy in a small retail shop in Surabaya. Sixty consumers in œMina Uswah retail shop were recruited as participants. This shop was chosen because the owner has been promoting for years that buying in this place means giving charity as well. Data were analyzed using regression analysis. The result revealed that R² = 0.715 which means that the service quality variable have 71.5% of effective contribution to the participants intention to buy compared to other variables. This study concluded that the customer service quality correlated with the tendency to buy among its consumers. 

Abstrak: Penelitian ini menguji hubungan antara persepsi konsumen terhadapkualitas layanan pelanggan di toko ritel di Surabaya dan minat mereka untuk membeli. Enam puluh konsumen di toko ritel "Mina Uswah"  direkrut sebagai partisipan. Toko swalayan ini dipilih karena pemiliknya telah mempromosikan bahwa membeli di tempat itu berarti juga beramal. Data dianalisis menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa R ² = 0,715 yang berarti bahwa variabel kualitas pelayanan memiliki 71,5% kontribusi  niat peserta untuk membeli dibandingkan dengan variabel lainnya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kualitas layanan yang ditawarkan oleh penjual berkorelasi dengan kecenderungan untuk membeli pada konsumennya.

References

Irwanto. (2002). Psikologi Umum. Jakarta : PT.Prenhallindo.
Kasmir. (2004). Etika Customer Service. Jakarta : PT. Grafindo.

Kotler, P., dan Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kristianto, P.L. (2003). Analisis Sikap dan Minat Masyarakat Membeli produk Kerajinan Orang-orang Cacad Fisik di DIY. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Dian Ekonomi), IX ( 2), 169-181.
L
upiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek. Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.

Mardalis, A. (2005). Meraih Loyalitas Pelanggan. Benefit, IX ( 2), 111-119.

Martin, William B. 2004. Quality Customer Service. Jakarta : PPM.

Mowen, J.C. & Michael M. (2002). Consumer Behavior. 4th Edition. London : Prentice Hall International Inc.

Stanton, William J. (2002). Prinsip Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Sugiarto, E. (1999). Psikologi Pelayanan dalam Industri Jasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya offset.

Tjiptono, Fandy. (2005). Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Jawa Timar:
Bayumedia Publishing.

Utami, A. (2004). Pengaruh Faktor-faktor Kualitas Jasa terhadap Kepuasan Nasabah, Study Kasus di Bank Syariah Mandiri Cabang Surakarta. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, IV (1), 48-60.
W
algito, B. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Edisi Keempat. Yogyakarta : Andi Offset.

Downloads

Published

2012-02-19
Abstract views: 980 , PDF Downloads: 506

Most read articles by the same author(s)