Studi Kasus Penerimaan Seorang Ayah Terhadap Anak Autis

Authors

  • Ade Surya Febrianto Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya
  • ira darmawanti Program Studi Psikologi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p50-61

Keywords:

Penerimaan, ayah, anak dengan autisme

Abstract

The purpose of this study was to explore the process of  fathers acceptance to their children with autism. This study used a qualitative approach. Three participants who are fathers of  children  with autism were involved in this study. Data were collected using semi-structured interviews and analyzed using thematic analysis. This study reveals three themes, namely participants responses on their autistic children; the psychological experiences of having children with autism; and making efforts to accept their autistic children. In general, the result of this study shows that the participants have different experiences in raising their autistic children. This study also found various forms and aspects of acceptance that are experienced by participants

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana proses penerimaan seorang ayah terhadap anaknya yang menyandang autisme. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Karateristik partisipan penelitian meliputi ayah yang memiliki anak dengan diagnosis autisme. Jumlah partisipan dalam penelitian ini sebanyak 3 orang. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semi terstruktur, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis tematik. Penelitian ini mengungkapkan 3 (tiga) tema yaitu tanggapan terhadap autism anaknya; pengalaman psikologis memiliki anak autis; dan  upaya yang dilakukan untuk mencapai penerimaan terhadap anaknya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara umum ketiga partisipan memiliki pengalaman berbeda dalam merawat  anak mereka yang didiagnosis autisme. Penelitian ini juga menemukan beberapa bentuk penerimaan yang dialami partisipan serta aspek-aspek penerimaan partisipan terhadap anaknya yang autis..

References

Danuatmaja, B. (2003). Terapi autis dirumah. Jakarta : Puspa Swara.
Delphie, B. (2004). Pembelajaran Anak Tunagrahita. Bandung. PT Refika Aditama.

Greenspan, S. I & Wieder, S. (2006). The Child with Special Need Mendorong Pertumbuhan Intelektual dan Emosional. Jakarta: Kanoman.

Herdiansyah, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Salemba Humanika.

Laurent, J. (2011). Penerimaan Orang Tua Terhadap Anak Penderita Psoriasis. Jurnal Psikologi. Depok : Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Indra, D. P. (2011). Proses Permaafan Diri Pada Orang Tua Anak Penyandang Autisme. Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata.

Mangunsong, F. (1998). Psikologi dan Pendidikan Anak Luar Biasa. Jakarta : Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI.

Meodus, P. (2006). Menjadi Ayah yang Efektif. Alih Bahasa : Funky R. Timur. London : Dolphin Book.

Poerwandari. K. E. (2011). Pendekatan Kualitatif Untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta:Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Rachmayanti, S. & Anita Z. (2007). Penerimaan Diri Orang Tua Terhadap Anak Autis dan Perannya dalam Terapi Autis. Jurnal Psikologi, 1 (1),7-17.

Ross, E. K. (2008). On Death and Dying : What The Dying Have to Teach Doctors, Nurses, Clergy and Their Own Families. London and New York: Taylor & France Group.

Safaria, T., (2005). Autisme : Pemahaman Baru untuk Hidup Bermakna bagi Orang Tua. Yogyakarta : Penerbit Graha Ilmu.

Syarifah, F. (2014, April). Jumlah Anak Autis Semakin Banyak. Diakses pada 25 pebruari 2015 dari: http://health.liputan6.com/read/2031441/jumlah-anak-autis-semakin-banyak.

Downloads

Published

2016-08-30

How to Cite

Febrianto, A. S., & darmawanti, ira. (2016). Studi Kasus Penerimaan Seorang Ayah Terhadap Anak Autis. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 50–61. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n1.p50-61
Abstract views: 13471 , PDF Downloads: 8016