PENGEMBANGAN INSTRUMEN MOTIVASI BELAJAR FISIKA: ANGKET

Authors

  • Elok Sudibyo Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Jatmiko Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Jurusan IPA, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21

Abstract

Abstrak

Makalah ini memaparkan langkah-langkah dalam pengembangan instrumen motivasi belajar, khususnya terkait dengan penentuan aspek-aspek motivasi belajar fisika yang dapat digunakan sebagai dasar dalam merumuskan indikator-indikator motivasi belajar tersebut. Adapun aspek-aspek motivasi belajar yang digunakan sebagai dasar dalam pengembangan instrumen motivasi tersebut, meliputi: Choice of tasks, Effort, Persistence, dan Self-confidence. Berdasarkan keempat aspek motivasi tersebut, selanjutnya dirumuskan indikator-indikator motivasi belajar fisika. Akhirnya, indikator-indikator itulah yang dipakai sebagai dasar untuk merumuskan butir-butir pernyataan dalam suatu angket sebagai instrumen untuk mengukur motivasi belajar fisika. Instrumen motivasi belajar tersebut berupa angket dengan menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil pengujian, ternyata instrumen motivasi belajar fisika yang dikembangkan ini memiliki nilai keterbacaan Baik, validitas isi juga Baik, bahkan dapat dikatakan Sangat Baik, yaitu dengan nilai 4,52 dari nilai maksimal 5. Sedangkan derajat reliabilitasnya Sangat Tinggi, yaitu dengan ditunjukkan oleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,948. Derajat reliabilitas instrumen tersebut diperoleh dengan metode test-retest dengan tenggang waktu antara pengambilan data I dan data II yaitu selama dua minggu.

Kata Kunci: choice of tasks, effort, persistence, self-confidence, motivasi belajar.

Downloads

Published

2017-02-13

How to Cite

Sudibyo, E., Jatmiko, B., & Widodo, W. (2017). PENGEMBANGAN INSTRUMEN MOTIVASI BELAJAR FISIKA: ANGKET. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(1), 13–21. https://doi.org/10.26740/jppipa.v1n1.p13-21
Abstract views: 18223 , PDF Downloads: 15455

Most read articles by the same author(s)

> >>