PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) MATA KULIAH DASAR-DASAR IPA BERBASIS MODEL ALLR (ACTIVITY BASED-LESSON LEARN-REFLECTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENDIDIKAN KARAKTER CALON GURU IPA

Authors

  • D. A. P. Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Wahono Widodo Universitas Negeri Surabaya
  • Martini Martini Universitas Negeri Surabaya
  • Totok Suyanto Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p58-66

Keywords:

LKM Dasar-dasar IPA, Keterampilan Proses Sains, Toleransi, Keadilan sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Dasar-dasar IPA yang diharapkan dapat membekali mahasiswa calon guru IPA dengan keterampilan proses sains sekaligus nilai-nilai positif melalui pendidikan karakter. Pendidikan karakter ini dianggap perlu karena maraknya konflik-konflik intoleransi dan keadilan sosial yang terjadi di masyarakat akhi-akhir ini. Hal ini menunjukkan bahwa nilai-nilai integritas bangsa Indonesia perlu mendapatkan perhatian, terutama dalam hal etika, moral, dan kepercayaan. Pentingnya nilai-nilai ini karena semangat gotong royong dan saling bekerjasama merupakan karakter Bangsa Indonesia. LKM yang dikembangkan melalui tahapan perancangan, penyusunan, validasi, dan revisi sehingga dihasilkan produk LKM Dasar-dasar IPA berbasis model ALLR (Activity Based-Lesson Learn-Reflection). Hasil pengembangan LKM menghasilkan empat kegiatan LKM yang dibagi menurut topik pembahasan yang berbeda-beda dengan menggunakan serangkaian aktivitas yang diharapkan dapat meningkatkan keterampilan proses sains. Selain itu, LKM juga dirancang untuk pengintegrasikan pendidikan melalui pembelajaran pemaknaan konten-konten IPA ke dalam nilai-nilai positif yang berkaitan dengan nilai toleransi dan keadilan sosial. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKM Dasar-dasar IPA layak digunakan dengan nilai presentase validasi LKM 1 sebesar 76.79%, LKM 2 sebesar 82.14%, LKM 3 sebesar 92.85%, dan LKM 4 sebesar 76.78%.

References

Carin, A.A. dan Sund, R.B. 1990. Teaching Science Through Discovery 4th Ed. Ohio: Charles E. Merill Publishing Company.

Hakim, R.N. 2016a. Survei Wahid Foundation: Indonesia Masih Rawan Intoleransi dan Radikalisme. diunduh pada tanggal 1 Agustus 2016 dari https://nasional.kompas.com/read/2016/08/01/13363111/survei.wahid.foundation.indonesia.masih.rawan.intoleransi.dan.radikalisme

Hakim, R.N. 2016b. RI Masih Rentan Intoleransi, Wahid Foundation Sampaikan Enam Rekomendasi. diunduh pada tanggal 1Agustus 2016 dari http://wahidfoundation.org/index.php/news/detail/RI-Masih-Rentan-Intoleransi-Wahid-Foundation-Sampaikan-Enam-Rekomendasi

Kneller, G.F. 1967. The philosopy of education. New York : London Sydney.

Langulung, Hasan. 1988. Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta :Pustaka Al-Husna.

Prasasti, P.A.T. 2017. Efektivitas Scientific Approach With Guided Experiment Pada Pembelajaran Ipa Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 4, No. 1, pp. 19 26.

Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Shumow, Lee dan Jennifer A. Schmidt. 2014. œTeaching the Value of Science. STEM for All. Vol. 72 (4): hal. 62-67.

Widodo, W., Suyanto, T., Martini, dan Sari, D.A.P Sari. 2018a. Developing Tolerance and Social Justice Attitudes Through Learning Subjects: ALLR Learning Model. Proceeding of The 11th International Conference on Educational Research, Faculty of Education, Khon Kaen University, Thailand.

Widodo, W., Suyanto, T., Martini, dan Sari, D.A.P Sari. 2018b. Model Pembelajaran ALLR (Activity Based-Lesson Learn-Reflection) Penguatan Sikap Toleransi dan Keadilan Sosial. Surabaya: Unesa University Press.
Subanji dan Isnandar. 2010. Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar melalui Teachers Quality Improvement Program (TEQIP) Berbasis Lesson Study. 2 , J-TEQIP, Tahun 1, No. 1, pp. 1-11.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zuchdi, D., Prasetya, Z.K., dan Masruri, M.S. 2010. Pengembangan Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran Bidang Studi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Cakrawala Pendidikan Edisi Khusus Dies Natalis UNY, No. 3.

Downloads

Published

2019-02-28

How to Cite

Sari, D. A. P., Widodo, W., Martini, M., & Suyanto, T. (2019). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) MATA KULIAH DASAR-DASAR IPA BERBASIS MODEL ALLR (ACTIVITY BASED-LESSON LEARN-REFLECTION) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PENDIDIKAN KARAKTER CALON GURU IPA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(2), 58–66. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p58-66
Abstract views: 1124 , PDF Downloads: 763

Most read articles by the same author(s)