MEMBANGUN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERKONTEKS SOCIO-SCIENTIFIC ISSUES BERBANTUAN MEDIA WEBLOG
DOI:
https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p8-14Keywords:
Literasi sains, Socio-Scientific IssuesAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa dan respon siswa terhadap pembelajaran berkonteks Socio-Scientific Issues berbantuan media weblog. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sukodadi, semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan: Skor rata-rata kemampuan literasi sains siswa pada pre test 31,78 sedangkan post test 86.02, ada peningkatan kemampuan literasi sains siswa rata-rata sebesar 54,24; dan Siswa merespon positif pembelajaran berkonteks socio-scientific issues berbantuan media blog dengan persentase 98,33%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berkonteks Socio-Scientific Issues berbantuan media weblog dapat melatihkan literasi sains siswa.
Kata Kunci : Literasi sains, Socio-Scientific IssuesReferences
BSNP. (2010). Penyusunan KTSP Kabupaten/Kota: panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan.
DeBoer, G. (2000). Scientific Literacy: Another Loot at Its Historical and Comtemporary Meaning and Its Relationsip to Science Education Reform. Journal of Reseach in Science Teaching,37 , 582-601
Heni, T. Agnes. 2008. Langkah Mudah Mengembangkan dan Memanfaatkan Weblog. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Herlanti, Y., et.al. 2012. Kualitas Argumentasi pada Diskusi Isu Sosiosaintifik Mikrobiologi Melalui Weblog. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol 1 (2): 168-177
Nuangchalerm, Prasart. 2010. Learning outcomes between Socioscientific Issues-Based Learning and Conventional Learning Activities. Journal of Social Sciences 6 (2), 240-243
Nuangchalerm, Prasart. 2010. Engaging Students to Perceive Nature of Science Through Socioscientific Issues-Based Instruction. European Journal of Social Sciences, (13), no. 1, p. 34-37
OECD. (2013). Assesment and Anilitycal Framework mathematicts, reading, Science, Probelm Solving dan Financial LIteracy. s.l: OECD Publising.
OECD. (2015). Assesment and Anilitycal Framework mathematicts, reading, Science, Probelm Solving dan Financial LIteracy. s.l: OECD Publising.
Purwanti Widhy H. 2013. Integrative Science Untuk Mewujudkan 21st Century Skills pada Pembelajaran IPA. Prosiding seminar Nasional MIPA UNY. 4 Mei 2013.
Riduwan. (2003). Skala pengukuran variabelvariabel penelitian. Bandung: Alfabeta.
Zobi, A.S. (2014). The effect of using socioscientific issues approach in teachingenvironmental issues on improving the students ability of making approriate decision towards these issues. International Education Studies, 9(8), 113-123.
Zeidler, Dana L., et. al. 2009. Advancing Reflective Judgment through Socioscientific Issues. Journal of Research in Science Education, vol. 46 (1), p.74-101.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

