PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA KELAS VI BERBANTUAN MEDIA BUKU POP UP

Muhammad Yusuf Arifin, Tjandra Kirana, Wahono Widodo

Abstract


Kemampuan bernalar yang dimiliki oleh siswa kelas VI SD dapat dikatakan masih rendah dikarenakan pembelajaran yang masih bersifat konvensional atau berpusat pada guru, sehingga penelitian bertujuan mengembangkan perangkat pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan bernalar berbantuan media buku pop up. Rancangan penelitian menggunakan One Group Pretest-Posttest dengan sasaran penelitian pada 47 siswa di SD Islam Surya Buana Malang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VI A dan VI B. Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes kemampuan bernalar, layak untuk diterapkan berdasarkan tiga kriteria kelayakan. Pertama, valid berdasarkan penilain pakar dengan rata-rata skor 4 pada skala 5. Kedua, praktis dengan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 90% terlaksana dan aktivitas siswa menunjukkan berlangsungnya kegiatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terbukti dapat meningkatkan kemampuan bernalar siswa kelas VI SD, berdasarkan tingkat kemampuan bernalar pada Taksonomi SOLO. Kemampuan bernalar dapat meningkat dari level prastruktural menjadi level multistruktural dengan tingkat kenaikan yang sangat signifikan berdasarkan nilai uji t (t hitung > t tabel). Hasil belajar siswa juga meningkat dengan derajat perbedaan nilai pretes-postes pada kategori sedang berdasarkan analisis N-Gain (N-Gain=0,63). Respon positif yang diberikan oleh siswa tentang pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing berbantuan buku ajar pop up bahwa sangat memudahkan siswa untuk bernalar dan pembelajaran menjadi mudah serta menarik.

Keywords


inkuiri terbimbing; pop up; Kemampuan bernalar

Full Text:

PDF

References


Benjamin, O., Zhbanova, K. S., Alkouri, H. P. Z., & Rule, A. C. 2013. Pop-Up Constructions Motivate and Reinforce Science Learning for Upper Elementary Students. Journal of Science Activities, 50:119-133

Brabrand, C. & Dahl, B. 2015. Using the SOLO Taxonomy to Analyze Competence Progression of University Science Curricula. Journal of Science Crricula, 1-18

Klein, J.L., Gray, P., Zhbanova, K. S., & Rule, A. C. 2015. Upper Elementary Students Creatively Learn Scientific Features of Animal Skulls by Making Movable Books. Journal for Learning through The Arts, 11(1):1-32

Kuswana, W. S. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Nur, M. 2010. Strategi-strategi Belajar. Surabaya: UNESA-Press

Potter, M. K., & Kustra, E. 2012. A Primer Learning Outcomes and the SOLO Taxonomy. Procedia Course Design for Constructive Aligment. Centre Teaching and Learning, University of Windsor.

Restiadi, T. P. 2013. Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggap Bencana Tsunami Melalui Pembelajaran Bervisi SETS IPA Kelas V Sekolah Dasar. Journal of Primary Educational 2 (2) 2013. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe. Diakses tanggal 31 Oktober 2016

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group

Santrock, J. W. 2008. Psikologi Pendidikan (Tri Wibowo B. S., Trans). Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Small, M. Y. 1996. Cognitive Development. New York: Harcourt Brace Jovanovich.

Suryanti, Isnawati, Sukartiningsih, W., dan Yulianto, B. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: Unesa University Press (Anggota IKAPI)

Suyono dan Harianto. 2011. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wena, M. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional . Jakarta: Bumi Aksara

Widoyoko, S. E. P. 2011. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar



Article Metrics
Abstract view: 5 times
PDF: 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JPPIPA (JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN IPA) 
p-ISSN : 2527-7537 e-ISSN : 2549-2209

Alamat Penyunting dan Tata Usaha: 
Ruang Dosen Jurusan IPA
Gedung C12 Lantai 1 Jalan Ketintang Kampus Unesa Kode Pos 60213
Telp. +6285331957110
Homepage: http://fmipa.unesa.ac.id/sains
E-mail: jppipa@unesa.ac.id

 

joomla
analytics View My Stats

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.