BUKU AJAR INTERACTIVE BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Fauziah Rachmawati
Tjandra Kirana
Wahono Widodo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Interactive Book yang valid, praktis, dan efektif untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan model 4-D (Four-D Model), yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diujicobakan di kelas V SD Islam As-Salam Kota Malang tahun ajaran 2016/2017 dengan Pretest-Posttest Design. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Interactive Book  yang dikembangkan berkategori sangat valid; 2) Pembelajaran menggunakan Interactive Book ditinjau dari keterlaksanaan RPP berkategori sangat valid dan aktivitas siswa sesuai dengan tahap-tahap pada model guided discovery learning; dan 3) Keefektivan Interactive Book dalam pembelajaran ditinjau dari ketuntasan adalah mengalami kenaikan dari rata-rata 65 menjadi 84 dengan N-Gain 0,53 (sedang). Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa Interactive Book dan perangkat pembelajaran menggunakan telah valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.

Article Details

How to Cite
Rachmawati, F., Kirana, T., & Widodo, W. (2018). BUKU AJAR INTERACTIVE BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 19–29. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n1.p19-29
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Borich, GD. 1994. Observation Skills for Effective Teaching. New York: Merril Publishing Company.

Olsen, Benjamin D., Ksenia, S. Zhbanova., Parpucu, Harun., Alkouri, Zaid., and Rule, Audrey C. 2013. œPop-Up Constructions Motivate and Reinforce Science Learning for Upper Elementary Students. Science Activities 50:119 133, 2013. Diakses melalui Routledge.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Sekretaris Negara. Jakarta.

Republik Indonesia. 1997. Undang-Undang No. 23 Tahun 1997.tentang Lingkungan Hidup. Sekretaris Negara: Jakarta.

Sanyoto, Sadjiman.E. 2006. Metode Perancangan Komunikasi Visual Periklanan. Yogyakarta: Dimensi Press

Solso, R.L., Maclin, O.H., & Maclin, M. K. 2008. Cognitive Psychology. Pearson Education.

Supardi. 2014. Ide-Ide Kreatif Mendidik Anak bagi Orang Tua Sibuk. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media 2014.

Thiagarajan, Sivasailam., Semmel, Dorohy.S., dan Semmel, Dorothy.S., dan Semmel. Melvyn.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children A Source Book. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.

Torrance, E. Paul. 1976. Guiding Creative Talent. New York: Robert E. Kreiger.

Widiyoko, S. Dan Putra, Eko. 2012. Teknik Penyusunn Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.