PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DENGAN PENDEKATAN SPICES CONTINUING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP
DOI:
https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p58-65Keywords:
model kooperatif tipe NHT, pendekatan SPICES Continuing, keterampilan berpikir kritis, hasil belajarAbstract
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan SPICES Continuing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran struktur lapisan bumi dan dinamikanya. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment. Sampel penelitan adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Mojokerto yang terdiri atas kelas VII-2 sebagai kelas kontrol (n = 30) dan kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen (n = 30). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan angket. Analisis statistik menggunakan uji anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan SPICES Continuing berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar materi struktur lapisan bumi dan dinamikanya (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan SPICES Continuing berpengaruh terhadap hasil belajar antara siswa yang belajar materi struktur lapisan bumi dan dinamikanya.
Kata Kunci : model kooperatif tipe NHT, pendekatan SPICES Continuing, keterampilan berpikir kritis, hasil belajar.References
Arends. R.I. (2008). Learning to Teach (Belajar untuk mengajar). Yogyakarta:Pustaka Belajar.
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta:Bumi Aksara.
Berwald, Juli. (2007). Focus on Life Science Grade 7. Ohio: McGraw Hill Companies CCSSO.
Ennis, R. H. (1996).Critical Thinking An Instroduction. Cambride University Press.
Eswantini. (2014). œPengembangan perangkat pembelajaran IPS model kooperatif tipe NHT untuk melatihkan berpikir kritis siswa SMP. Tesis Magister Pendidikan. Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.
Ibrahim, Muslimin. (2012). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: University Press
Ibrahim, Muslimin. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press
Jihad, A & Abdul.H. (2008). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Pressindo.
Kagan, (2009). Kagan Cooperative Learning. Kagan Publishing, San Clemente.
Kardi, S. (2012). Pengantar Pengembangan Kurikulum dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Surabaya: PPS UNESA.
Nur M, (2008). Pengajaran Berpusat Pada siswa dan Pendekatan Kontruktivisme dalam Pengajaran. PSMS Unesa.
Slavin, R.E., (2011). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktek, Edisi kesembilan Jilid 1 diterjemahkan oleh Samosir, M. USA: Pearson.
Sudijono, A. (2010). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2013). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Tjasyono, Bayong. (2009). Ilmu Kebumian dan antariksa. UPI, Bandung.
Widyaningrum. (2014). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Rengel-Tuban dalam pembelajaran IPA terpadu model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada materi bunyi dan telinga. Tesis Magister Pendidikan. Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.
Wilujeng, Insih. (2011). Diktat Ilmu Bumi Dan Antariksa, Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Winarsih, Nugroho, dkk. (2008). IPA Terpadu untuk SMP/MTs kelas VII. Jakarta:BSE.
Winkel, WS. (2012). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta:Media Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

