MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING

Authors

  • Fitri Kurniati Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Unesa
  • Soetjipto Soetjipto Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Unesa
  • Sifak Indana Program Studi Pendidikan Sains, Program Pascasarjana, Unesa

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p15-20

Keywords:

Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4Lamongan, semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan: Skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa pada pre test 41,67 sedangkan post test 79, 17 dengan N-Gain 0,79 berkategori tinggi. Siswa  merespon  positif  pembelajaran berbasis inkuiri terbimbingdengan persentase 95,79%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.

Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing,Keterampilan Berpikir Kreatif

References

Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arends, R. 2012. Learning to teach, ninth edition. New York: Mc-Graw Hill.

Budiyanto dan Rohaeti. 2014. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kmendirian Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Deriina. 2015. Implementation of Inquiry Training Model In Learning Physics to Improve Student Formal Thinking Ability. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 2

Handayani, L., Wododo, J., Setyowati, D,. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS dengan Metode Inkuiri. Journal of Educational Sical Studies.

Ibrahim, M. 2010. Pembelajaran inkuiri. Jakarta : Rhineka Cipta
Jufri, Wahab. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta

Khanafiyah, S. & Rusilowati, A. 2010. Penerapan Pendekatan Modified Free Inquiry Sebagai Upaya Meningkatakan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Dalam Mengembangkan Jeensi Eksperimen dan Pemahaman Terhadap Materi Fisika. Jurnal Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Semarang

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta

Munthaha dan Hartono. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Primery Educational.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup

Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Indeks

Smalhorn, M,, Young, J., 2015. Inquiry-Based Learning to Improve Student Engagement in Large First Year Topic. Journal Student Success Vol 6

Sousa. C., 2016. Inquiry Learning for Gender Equity Using History of Science in Life and Earth Sciences Learning Environment. Journal for Education, Social and Technological Science Vol. 3

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfa Beta

Suyono dan Hariyanto, 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wibowo dan Laksono.2015. Pengembangan dan Implementasi Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Volume 1 Nomor 2

Downloads

Published

2018-08-02

How to Cite

Kurniati, F., Soetjipto, S., & Indana, S. (2018). MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(1), 15–20. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p15-20

Issue

Section

Articles
Abstract views: 2011 , PDF Downloads: 1246