MEMBANGUN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING
DOI:
https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p15-20Keywords:
Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir KreatifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kreatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian one group pretest-postest design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4Lamongan, semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017. Hasil penelitian menunjukkan: Skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif siswa pada pre test 41,67 sedangkan post test 79, 17 dengan N-Gain 0,79 berkategori tinggi. Siswa merespon positif pembelajaran berbasis inkuiri terbimbingdengan persentase 95,79%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing,Keterampilan Berpikir KreatifReferences
Anam, Khoirul. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri: Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Arends, R. 2012. Learning to teach, ninth edition. New York: Mc-Graw Hill.
Budiyanto dan Rohaeti. 2014. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kmendirian Belajar Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pengajaran Matematikan dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Deriina. 2015. Implementation of Inquiry Training Model In Learning Physics to Improve Student Formal Thinking Ability. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia Vol. 2
Handayani, L., Wododo, J., Setyowati, D,. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS dengan Metode Inkuiri. Journal of Educational Sical Studies.
Ibrahim, M. 2010. Pembelajaran inkuiri. Jakarta : Rhineka Cipta
Jufri, Wahab. 2013. Belajar Dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Khanafiyah, S. & Rusilowati, A. 2010. Penerapan Pendekatan Modified Free Inquiry Sebagai Upaya Meningkatakan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Dalam Mengembangkan Jeensi Eksperimen dan Pemahaman Terhadap Materi Fisika. Jurnal Pendidikan FMIPA Universitas Negeri Semarang
Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta
Munthaha dan Hartono. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal of Primery Educational.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup
Slavin. 2011. Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Indeks
Smalhorn, M,, Young, J., 2015. Inquiry-Based Learning to Improve Student Engagement in Large First Year Topic. Journal Student Success Vol 6
Sousa. C., 2016. Inquiry Learning for Gender Equity Using History of Science in Life and Earth Sciences Learning Environment. Journal for Education, Social and Technological Science Vol. 3
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfa Beta
Suyono dan Hariyanto, 2015. Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Wibowo dan Laksono.2015. Pengembangan dan Implementasi Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA Volume 1 Nomor 2
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

