PEMBELAJARAN FISIKA DASAR MENGGUNAKAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA

Authors

  • Moh. Budiyanto Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Elok Sudibyo Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Ahmad Qosyim Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p82-86

Keywords:

e-learning, literasi sains, pembelajaran fisika dasar

Abstract

Penelitian ini untuk meningkatkan literasi sains mahasiswa dengan menggunakan e-learning pada pembelajaran fisika dasar. E-learning merupakan solusi dalam menawarkan berbagai kemungkinan jaringan sosial sehingga dengan cara tersebut pengajar dapat menyimpan berbagai catatan interaksi peserta didik dalam pembelajaran. Bentuk perkuliahan dengan menggunakan e-learning sebagai alat bantu untuk memahami materi merupakan hal yang baik. Bentuk video dalam e-leraning merupakan bentuk video yang berupa fakta-fakta fenomena terkait dengan materi perkuliahan fisika dasar pada konsep suhu dan kalor sehingga memberikan efek dalam literasi sains mahasiswa. Adapun yang fokus literasi sains dalam penelitian ini adalah pengetahuan mahasiswa, kemampuan membuat kesimpulan dan pengambilan keputusan. Penelitian ini untuk mengetahui gambaran umum tentang implementasi pembelajaran elearning yang dilihat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran elearning. Fokus literasi sains mahasiswa materi perkuliahan fisika dasar pada konsep suhu dan kalor yakni pengetahuan mahasiswa, kemampuan membuat kesimpulan dan pengambilan keputusan. Desain penelitian yang digunakan untuk uji coba produk adalah One Group Pretest-Posttest Design. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi sains yang signifikan khususnya komponen pengetahuan, membuat kesimpulan dan pengambilan keputusan. Hasil analisis N-Gain menunjukkan kemampuan literasi sains mahasiswa dalam pembelajaran fisika kemampuan pengetahuan, kesimpulan, dan pengambilan keputusan pada materi suhu dan kalor menunjukkan sebagian besar kategori sedang.

 

Kata Kunci: e-learning, literasi sains, pembelajaran fisika dasar

References

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2016). E-learning and the science of instruction: Proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning: John Wiley & Sons.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (2016) Gerakan Literasi Sekolah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama

Laily Rosdiana , Tutut Nurita , Wahyu Budi Sabtiawan. 2018. Pengembangan LKM untuk meningkatkan literasi sains calon guru ipa.
Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, Vol. 3, No. 1, 8-14

Putra, P. D. A., & Sudarti, S. (2015). Real life video evaluation dengan sistem e-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1), 76-89.

Saadé, R. G., Morin, D., & Thomas, J. D. E. (2012). Critical thinking in E-learning environments. Computers in Human Behavior, 28(5), 1608-1617. doi:10.1016/j.chb.2012.03.025

Songkram, N. (2015). E-learning system in virtual learning environment to develop creative thinking for learners in higher education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 174, 674-679.

Sriarunrasmee, J., Suwannatthachote, P., & Dachakupt, P. (2015). Virtual Field Trips with Inquiry learning and Critical Thinking Process: A Learning Model to Enhance Students Science Learning Outcomes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197, 1721-1726. doi:10.1016/j.sbspro.2015.07.226

Welsh, E. T., Wanberg, C. R., Brown, K. G., & Simmering, M. J. (2003). Elearning: emerging uses, empirical results and future directions. international Journal of Training and Development, 7(4), 245-258.

Widodo, W & Inzanah. 2014. Literasi Sains Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan IPA Universitas Negeri Surabaya. Prosiding yang dipublikasikan pada Seminar Nasional dengan tema "Peran Literasi Sains Untuk Menyiapkan Generasi Dalam Menghadapi Asean Comunity".

Downloads

Published

2019-02-28

How to Cite

Budiyanto, M., Sudibyo, E., & Qosyim, A. (2019). PEMBELAJARAN FISIKA DASAR MENGGUNAKAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 3(2), 82–86. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p82-86
Abstract views: 2096 , PDF Downloads: 1371

Most read articles by the same author(s)