PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLASH UNTUK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII

Authors

  • Ahmad Qosyim Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya
  • Ferit Very Priyonggo Jurusan IPA, Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p38-44

Keywords:

macromedia flash, hasil belajar siswa, sistem gerak manusia

Abstract

Penerapan media pembelajaran interaktif ditinjau dari aspek kepraktisan dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Media pembelajaran interaktif diterapkan di SMPN 3 Sidoarjo pada kelas VIII I. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa dan lembar tes. Teknik pengumpulan data dengan cara angket, observasi, serta pretest dan posttest. Berdasarkan kepraktisan dari penggunaan media, untuk keterlaksanaan didapatkan kriteria sangat baik, respon siswa mendapatkan respon positif dengan kriteria yang sangat baik, sedangkan untuk aktivitas siswa menunjukkan aktivitas yang positif. Hasil belajar siswa mendapatkan hasil yang sangat baik. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media interaktif berbasis macromedia flash layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci : macromedia flash, hasil belajar siswa, sistem gerak manusia.

References

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cahyadi, Dede. 2014. œPengembangan Media Pembelajaran Berbasis Flash pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Pokok Bahasan Wujud Zat dan Perubahannya Kelas VII SMPN 5 Satu Atap Bumijawa. (Onine). Diakses dari Jurnal UNNES, (http://lib.unnes.ac.id/20048/1/ 1102409029.pdf) pada tanggal 10 Desember 2017 pukul 06.00 WIB

Citrasukmawati, Alfina., Raharjo,. dan Tjandrakirana. 2012. œPengembangan Perangkat Pembelajaran IPA dengan Tampilan Macromedia Flash di SMP. (Online). Diakses dari Jurnal UNESA, (https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpps/article/viewFile/398/248) pada tanggal 12 Desember 2017 pukul 06.00 WIB

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media
Efrina, Nelly., Rachman, Fuad Abd., dan Aisyah AR. 2012. œPengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Kimia untuk Madrasah Aliyah. (Online), Vol. 2, No. 1, (eprints.unsri.ac.id/3537/1/6_
Nelly-Efrina_ok_(2).doc, diakses 26 Desember 2017)

Himmah, Faiqotul dan Martini. 2017. œPengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Inspring Suite 8 pada Sub Materi Zat Aditif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA FMIPA UNESA Surabaya

Kemendikbud. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2014. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. 2016. Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016. Jakarta: Kemendikbud

Kementrian Pendidikan Nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta: Kemendiknas

Presiden Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003.Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group

Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudjana, Nana. 2014. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sudjana, Nana., dan Rivai, Ahmad. 2015. Media Pengajaran; Penggunaan dan Pembuatannya. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Downloads

Published

2018-07-25

How to Cite

Qosyim, A., & Priyonggo, F. V. (2018). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN FLASH UNTUK MATERI SISTEM GERAK PADA MANUSIA KELAS VIII. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 2(2), 38–44. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p38-44
Abstract views: 5362 , PDF Downloads: 2651