Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Layanan E-Commerce, dan Promosi Penjualan Online terhadap Perilaku Belanja Online

Main Article Content

Silfiyah Nur Wahyuningtyas
Susanti .

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini menjadikan internet tidak hanya berfungsi sebagai media komunikasi saja, melainkan telah mempengaruhi perilaku konsumsi masyarakat yaitu dalam berbelanja online. Perilaku belanja online seseorang dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor intern dan faktor ekstern. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh literasi keuangan, kualitas layanan e-commerce, dan promosi penjualan online terhadap perilaku belanja online. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode korelasional. Penelitian ini mengambil sampel dari mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya menggunakan teknik purposive sampling dengan total 40 responden. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear berganda dengan berbantuan aplikasi IBM SPSS versi 24. Hasil penelitian ini dapat diartikan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa vatiabel-variabel bebas tersebut berpengaruh terhadap variabel terikat, dengan pengaruh secara parsial yakni literasi keuangan berpengaruh secara negatif terhadap perilaku belanja online, sedangkan kualitas layanan e-commerce dan promosi penjualan online secara positif berpengaruh terhadap perilaku belanja online.
Kata Kunci: Literasi Keuangan, Kualitas Layanan E-Commerce, Promosi Penjualan Online, Perilaku Belanja Online

Article Details

How to Cite
Wahyuningtyas, S. N., & ., S. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Kualitas Layanan E-Commerce, dan Promosi Penjualan Online terhadap Perilaku Belanja Online. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 5(1), 47–60. https://doi.org/10.26740/jpeka.v5n1.p47-60
Section
Articles
Author Biography

Silfiyah Nur Wahyuningtyas, State University of Surabaya

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi