Pengaruh Literasi Keuangan, Promosi Uang Elektronik, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik

Main Article Content

Marisa Eka Safira
Susanti .

Abstract

Pada penelitian terdahulu masih ditemukan adanya gap research untuk setiap variabel yang digunakan pada penelitian ini, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh literasi keuangan, promosi uang elektronik dan kemudahan penggunaan pada keputusan penggunaan uang elektronik, baik secara simultan maupun secara parsial. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik sampling menggunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 40 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa: (1) Literasi keuangan, promosi uang elektronik, dan kemudahan penggunaan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan pada keputusan penggunaan uang elektronik, (2) Literasi keuangan secara parsial tidak berpengaruh signifikan pada keputusan penggunaan uang elektronik, (3) Promosi uang elektronik secara parsial berpengaruh signifikan pada keputusan penggunaan uang elektronik, (4) Kemudahan penggunaan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan pada keputusan penggunaan uang elektronik.

Article Details

How to Cite
Safira, M. E., & ., S. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan, Promosi Uang Elektronik, dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 4(2), 97–112. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n2.p97-112
Section
Articles
Author Biography

Marisa Eka Safira, Universitas Negeri Surabaya

S1 Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya

References

Adiyanti, A. I. (2014). Pengaruh Pendapatan, Manfaat, Kemudahan Penggunaan, Daya Tarik Promosi, dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Layanan E-Money. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 3(1).

Alistriwahyuni, N. (2019). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan, dan Fitur Layanan i-Saku Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna i-Saku di Indomaret (Studi Pada Pengguna i-Saku Indomaret Kecamatan Watulimo Trenggalek). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 7(2), 473478.

Ardilla, D. (2019). Analisis Pengaruh Bauran Promosi dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Bertransaksi Via GOPAY. STIE YKPN.

Awalina, M. (2019). Pengaruh Persepsi Kemanfaatan, Kemudahan dan Literasi Keuangan Terhadap Minat Penggunaan Uang Elektronik Berbasis Server di Kalangan Mahasiswa Dalam Perspektif Islam. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel.

Departemen Komunikasi. (2014). Bank Indonesia Mencanangkan Gerakan Nasional Non Tunai. Retrieved December 4, 2019, from Bank Indonesia website: https://www.bi.go.id/id/ruang-media/siaran-pers/pages/sp_165814.aspx

Destianata, C. R., & Lutfi. (2016). Pengaruh Literasi dan Pengalaman Keuangan Terhadap Penggunaan Kartu Kredit Pekerja di Banyuwangi. Journal of Business and Banking, 6(2), 269280.

Fatimah, N., & Susanti. (2018). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, dan Pendapatan Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 6(1), 4857.

Genady, D. I. (2018). Pengaruh Kemudahan, Kemanfaatan, dan Promosi Uang Elektronik Terhadap Keputusan Penggunaan Uang Elektronik di Masyarakat (Studi Kasus di Provinsi DKI Jakarta). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ghane, M., Shahmoradi, N., & Moein, M. (2019). Survey of Financial Literacy of Bank Customers on the Use of Electronic Banking and Reducing of Traffic Accidents. Journal of Community Health Research, 8(1), 4653.

H.M, J. (2008). Sistem Informasi Keperilakuan (Edisi Revisi). Yogyakarta: CV. ANDI OFFSET.

Indriastuti, M., & Wicaksono, R. H. (2014). Influencers E-Money in Banking Sector. South East Asia Journal of Contemporary Business, Economics and Law, 4(2), 1017.

Ismajli, A., Kajtazi, S., & Fejza, E. (2013). The Impact of Promotional Activities on Purchase Decision Making: œA Case Study of Brands Bonita and Rugove -Water Bottled Producers. European Scientific Journal, 9(31), 465474.

Kardinal. (2017). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Penggunaan Produk Keuangan Pada Mahasiswa STIE Multi Data Palembang. Forum Bisnis Dan Kewirausahaan: Jurnal Ilmiah STIE MDP, 7(1), 5564.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mengenal Sejarah Uang Elektornik dan Bagaimana Pengaruhnya di Masyarakat di Indonesia. (2019, May 29). POSBELITUNG.CO. Retrieved from https://belitung.tribunnews.com/2019/05/29/mengenal-sejarah-uang-elektornik-dan-bagaimana-pengaruhnya-di-masyarakat-di-indonesia

Nirmala, Miftah, M., & Murtatik, S. (2020). Analisis Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Tehadap Perilaku Mahasiswa dalam Cashless Society. Konferensi Riset Nasional Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi I.

Nitisusastro, H. M. (2013). PERILAKU KONSUMEN: Dalam Perspektif Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Penggunaan E-Money Dipercaya Tingkatkan Literasi Keuangan¯: Peran Perbankan Sangat Penting Dalam Mengembangkan Pelaksanaan Penggunaan E-Money. (2014). Retrieved March 21, 2020, from Hukumonline.com website: https://www.hukumonline.com/berita/baca/lt536b1bf8e100e/penggunaan-e-money-dipercaya-tingkatkan-literasi-keuangan/

Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK). Peningkatan Literasi dan Inklusi Keuangan di Sektor Jasa Keuangan bagi Konsumen dan/atau Masyarakat. , Pub. L. No. Nomor 76/POJK.07/2016, 3 (2016).

Peter, J. P., & Olson, J. C. (2014). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat.

Rondonuwu, M. (2013). Tingkat Pendidikan, Motivasi dan Promosi Pengaruhnya terhadap Keputusan Penggunaan Produk Nasabah Priority Banking Bank Sulut. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Dan Akuntansi, 1(3), 257264.

Sigar, J. F. (2016). The Influence of Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use and Perceived Enjoyment to Intention to Use Electronic Money in Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 4(2), 498507.

Sugiyono, P. D. (2019). STATISTIKA UNTUK PENELITIAN. Bandung: Alfabeta.

Sumerta, I. K., & Wardana, I. M. (2018). Analysis Of Intention To Use Electronic Money In Denpasar City: TAM Approach. Archives of Business Research (ABR), 6(10), 86103.

Suryani, T. (2008). Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran (Pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Syafii, A., & Widijoko, G. (2014). Determinan Minat Individu Menggunakan Uang Elektronik: Pendekatan Modifikasi Technology Acceptance Model. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 3(2).

Ulfatun, T., Udhma, U. S., & Dewi, R. S. (2016). Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta Tahun Angkatan 2012-2014. Pelita-Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 11(2), 113.

Wibowo, E. W. (2018). Analisis Ekonomi Digital dan Keterbukaan terhadap Pertumbuhan GDP Negara ASEAN. Jurnal Lentera Bisnis, 7(2), 6680.

Widiyanti, W. (2020). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet OVO di Depok. Moneter: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(1), 5463.