Penerapan Project Based Learning dalam Mengembangkan Jiwa Berbudiutama Mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pembelajaran dalam perkuliahan mahasiswa sering berteori tanpa ada praktek. Dimana menjadikan mahasiswa kurang aktif, kemandirian belajar mahasiswa kurang dalam mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga untuk menciptakan pembelajaran yang efektif harus didukung dengan metode pembelajaran yang sesuai yaitu Project Based Learning. Model pembelajaran Project Based Learning mendorong mahasiswa untuk menjadi lebih aktif, mandiri, dan kreatif dalam memecahkan sebuah permasalahan. Oleh sebab itu melalui model pembelajaran berbasis proyek dapat membangun nilai karakter peserta didik terutama pada kreatif dan rasa ingin tahu. Penelitian ini bertujuan untuk melatih/mengajarkan kepada mahasiswa bagaimana cara berkoperasi dengan menggunakan metode proyek dimana nantinya mahasiswa dapat mengembangkan jiwa berbudiutama mereka dalam berkoperasi. Penerapan metode pembelajaran dilaksanakan di Prodi Pendidikan Ekonomi IKIP Budi Utomo Malang. Pengumpulan data menggunakan observasi,dokumentasi dan angket. Pelaksanaan analisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data menunjukkan keterlaksanaan model Project Based Learning sangat efektif dimana lima karakter yaitu kemanfaatan, kepedulian, kepatuhan, kepatutan dan KeIndonesiaan dapat membangun jiwa yang kuat dan diterapkan pada mahasisawa IKIP Budi Utomo Malang.
Article Details
References
Dewi. 2014. http://model-model_pengelolaan_kelas.html (diakses pada 23 November 2018 pada jam 17.57 WIB)
Grant, M.M. 2002. Getting A Grip of Project Based Learning : Theory, Cases and Recomandation. North Carolina : Meredian A Middle School ComputerTechnologies. (diakses pada 23 November 2018 pada jam 17.50 WIB)
Journal vol. 5.Kemdikbud. 2013. Model Pengembangan Berbasis Proyek (Project Based Learning). http//www.staff.uny.ac.id(diakses pada 23 November 2018 pada jam 17.50 WIB)
Mahbubah, Ainiatul. 2014. http://model-model_dalam_pengelolaan_kelas.html (diakses pada 23 November 2018pada jam 17.50 WIB)
Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk IMplementasi Kurikulum 2013. Jakarta. Bumi Aksara
Sitepu & Hasyim. (2018). Perkembangan Ekonomi Koperasi di Indonesia. Jurnal Niagawan Vol.7 No.2