Evaluasi Peningkatan Pengalaman Belajar Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga

Main Article Content

Sujoko Sujoko
Bambang Ismanto

Abstract

Penelitian bertujuan untuk Mengevaluasi desain, instalasi, proses, hasil serta manfaat dan biaya pada penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian evaluatif deskriptif dengan model evaluasi Descrepancy. Data dikumpulkan  melalui hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang divalidasi melalui kegiatan Focus Group Discussion (FGD). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pada 1). Aspek Desain penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga telah berdasarkan pada latar belakang penyelenggaraan program dan memenuhi persyaratan yang tertuang dalam standar penyelenggaraan unit produksi dan jasa. 2). Aspek Instalasi pada penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga telah dilengkapi dengan Standar Penyelenggaraan Unit Produksi dan Jasa di SMK yang terdiri dari komponen standar 1). Organisasi, 2). Sumber Pemodalan, 3). Program, 4). Pengelolaan Profit, 5). Pembukuan dan Pertanggungjawaban Keuangan. 3). Aspek Proses pada penyelenggaraan  Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga belum sesuai dengan standar yang ditetapkan khususnya pada komponen standar program dan pembukuan pertangggungjawaban keuangan. 4). Aspek Hasil pada penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga telah sesuai dengan standar yang ditetapkan. 5). Aspek Analisis Biaya dan Manfaat pada penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga belum sesuai dengan standar yang diterapkan. Dengan demikian masih perlunya penataan ulang dan perbaikan terhadap penyelenggaraan Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga.                         

Article Details

How to Cite
Sujoko, S., & Ismanto, B. (2017). Evaluasi Peningkatan Pengalaman Belajar Program Unit Produksi dan Jasa Bidang Keahlian Teknik Pemesinan SMK Negeri 2 Salatiga. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen Dan Keuangan, 1(1), 8–20. https://doi.org/10.26740/jpeka.v1n1.p8-20
Section
Articles

References

Arikunto, Suharsini & Abdul Jabar. C. Safruddin. 2009. Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsini. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Clare Rose & Glenn F. Nyre. 1977. The Practice of Evaluation. Princetion: Education Testing Service.

Curty. R. Finh, John R. Crunkilton. 1999. Curriculum Development in Vocational and Technical Education. Boston: Vocational Education School.

Eka Daryadi dkk. 2015. Evaluation of Entrepreneurship in Unit Production Vocational High School (SMK) Simalungun Northern Sumatra. American Journal of Educational Research, 2015, Vol. 3, No. 9, 1072-1076 Available online at http://pubs.sciepub.com/education/3/9/2 © Science and

Jaedun, Amat. 2010. Metode Penelitian Evaluasi Program: Makalah Disampaikan pada Kegiatan Pelatihan Metode Penenlitian Evaluasi Kebijakan dan Evaluasi Program Pendidikan. Yogyakarta: Puslit Dikdasmnen Lemlit UNY.

Martubi, Satunggalno. 1998. Model-model Penyelenggaraan UP di SMK. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 2010 Tentang Pendidikan Menengah.

Rusnani. 2012. Pelaksanaan Unit Produksi pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Kelompok Bisnis dan Manajemen. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 2, No. 3, November 2012. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sri Lestari. 2010. Model Pengelolaan Unit Produksi di SMK. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Stufflebeam. L. Daniel, Shinkfield. J Anthony. 2007. Evaluation Theory, Models & Applications. San Francisco: Jossey Bass.

Sutopo. Adi. 2012. Evaluasi Efektivitas Unit Produksi dalam Mempersiapkan Kompetensi Kerja Siswa SMK. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Vo;. 16. No. 2, Tahun 2012.

Wirawan. 2012. Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.