Efektivitas model project based learning dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kemampuan psikomotorik anak tunagrahita

Authors

  • Windayani Windayani Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Dadan Muldan Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.32737

Keywords:

project based learning (pjbl), pendidikan jasmani adaptif, tunagrahita, keterampilan psikomotorik

Abstract

Anak berkebutuhan khusus (ABK) memiliki keterlambatan perkembangan motorik secara umum disamping mereka juga memiliki keterbatasa intelektual dan kemandirian. Project based learning (PjBL) merupakan model pembelajaran yang fokus pada kemendirian siswa yang dapat diimplementasikan dalam pembelajaran motorik. Hanya saja, implementasi kepada ABK sangat terbatas. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh PjBL terhadap keterampilan psikomotorik ABK. Penelitian weak-experimental ini menggunakan desain one group pretest postes. Melibatkan sebanyak 13 siswa yang dipilih menggunakan purposive sampling dengan kriteria yaitu tungrahita ringan dan memiliki kemampuan untuk mengikuti instruksi gerak. Instrumen yang digunakan adalah tes psikomotorik berupa bola warna. Analisis data menggunakan deskriptif dan t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model PjBL terhadap keterampilan motorik siswa (t= 11.744, p= 0.000). Penerapan PjBL di SLB secara penuh tidak dapat dilakukan, banyak penyesuaian yang dilakukan agar siswa dapat mengikuti tahap sesuai dengan kriteria minimalnya. Untuk itu, guru perlu lebih jeli lagi dalam menentukan kriteria siswa yang mampu mengikuti tahap PjBL agar efektivitas pembelajaran menjadi lebih tinggi.

References

Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita, Down Syndrom Dan Autisme. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1-14. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1793

Arif, M. & Sukriadi, S. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.21009/JSCE.05208

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: PT Bina Aksara.

Ekawati, F. F., Ismaryati, I., Rahayu, T. W., & Wijanarko, B. (2021). Meningkatkan profesionalisme guru slb melalui pendampingan permainan adaptif keterampilan gerak dasar anak berkebutuhan khusus. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 27(1), 28-34. https://pdfs.semanticscholar.org/49f6/3c0c763d3c264eb6b4967205a20400fc313c.pdf

Eldiva, F. T., & Azizah, N. (2019). Project Based Learning in Improving Critical Thinking Skill of Children with Special Needs BT - Proceedings of the International Conference on Special and Inclusive Education (ICSIE 2018). 348–355. https://doi.org/10.2991/icsie-18.2019.64

Febriyanti, A. D., Putra, M. F. P., & Prakoso, B. B. (2024). Pengaruh model pembelajaran project-based learning terhadap hasil belajar aktivitas kebugaran jasmani. Bima Loka: Journal of Physical Education, 4(2), 55–67. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v4i2.30762

Fitriatun, E. (2022). Teknik Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar. Empiricism Journal, 3(2), 277–282. https://doi.org/10.36312/ej.v3i2.1040

Hajar, S., & Mulyani, M. S. R. (2017). Analisis kajian teoritis perbedaan, persamaan dan inklusi dalam pelayanan pendidikan dasar bagi anak berkebutuhan khusus (ABK). Jurnal Mitra Swara Ganesha, 4(2). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/567

Hakim, A. R. (2017). Memuliakan Anak Berkebutuhan Khusus Melalui Pendidikan Jasmani Adaptif. Jurnal Ilmiah Penjas, 3(1), 17–27. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/539

Haris, F., Taufan, J., & Nelson, S. (2021). Peran Guru Olahraga bagi Perkembangan Pendidikan Jasmani Adaptif di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Basicedu, 5(5), 3883–3891. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1469

Holfelder, B., & Schott, N. (2014). Relationship of fundamental movement skills and physical activity in children and adolescents: A systematic review. Psychology of sport and exercise, 15(4), 382-391. https://doi.org/10.1016/j.psychsport.2014.03.005

Kallogjeri, D., & Piccirillo, J. F. (2023). A simple guide to effect size measures. JAMA Otolaryngology–Head & Neck Surgery, 149(5), 447-451. https://doi.org/10.1001/jamaoto.2023.0159

Kusumawati, O & Nugroho, A. W. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dengan Sindrom Attention Defict Hyperactivity Disorder (ADHD) di SLB Sekota Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Dasar, 5(2), 212-222. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/download/3433/2576?__cf_chl_tk=2RRAz3NXNDy7nijVJmFwP2wt7bTTwlmfXoBCpcpKHRA-1742262644-1.0.1.1-LbebSf1qjNA.zL89qODulPGMJyweoFOZcqM.lqI.Hrc

Maksum, A. (2012). Metodologi penelitian dalam olahraga. Surabaya: Unesa University Press.

McLoughlin, G., Fecske, C. W., Castaneda, Y., Gwin, C., & Graber, K. (2017). Sport Participation for Elite Athletes With Physical Disabilities: Motivations, Barriers, and Facilitators. Adapted Physical Activity Quarterly, 34(4), 421–441. https://doi.org/10.1123/APAQ.2016-0127

Napitupulu, M. B., Malau, J. G., Damanik, C. T., Simanjuntak, S. N., & Widiastuti, M. (2022). Psikologi Kepada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 1(4), 325-331. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/94

Novianti, R., Anarta, R. N., Sunandar, A., Hastuti, W. D., Hutasuhut, F. H., & Nadiyah, S. (2024). Pengembangan Kompetensi Pedagogi Guru SLB melalui Pelatihan dalam Jabatan. Journal of Education Research, 5(4), 4654–4660. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1595

O’Connell, N., Nicholson, T. R., Wessely, S., & David, A. S. (2020). Characteristics of patients with motor functional neurological disorder in a large UK mental health service: a case–control study. Psychological Medicine, 50(3), 446–455. https://doi.org/DOI:10.1017/S0033291719000266

Özkan, Z., & and Kale, R. (2023). Investigation of the effects of physical education activities on motor skills and quality of life in children with intellectual disability. International Journal of Developmental Disabilities, 69(4), 578–592. https://doi.org/10.1080/20473869.2021.1978267

Putra, A., Gumilang, E. S., Lukmannul, H. L., Budiana, D., & Sumarno, G. (2024). Bentuk Komunikasi Guru dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa Disabilitas Tunarungu di SLB Kota Bandung. Jumper: Jurnal Mahasiswa Pendidikan Olahraga, 4(2), 419-429. https://doi.org/10.55081/jumper.v4i2.1655

Ranjan, S., Nasser, J. A., & Fisher, K. (2018). Prevalence and potential factors associated with overweight and obesity status in adults with intellectual developmental disorders. Journal of Applied Research in Intellectual Disabilities, 31(S1), 29–38. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/jar.12370

Salvador-Carulla, L., Reed, G. M., Vaez-Azizi, L. M., Cooper, S. A., Martinez-Leal, R., Bertelli, M., Adnams, C., Cooray, S., Deb, S., Akoury-Dirani, L., Girimaji, S. C., Katz, G., Kwok, H., Luckasson, R., Simeonsson, R., Walsh, C., Munir, K., & Saxena, S. (2011). Intellectual developmental disorders: towards a new name, definition and framework for "mental retardation/intellectual disability" in ICD-11. World psychiatry : official journal of the World Psychiatric Association (WPA), 10(3), 175–180. https://doi.org/10.1002/j.2051-5545.2011.tb00045.x

Sari, W. A. S. (2021). Peningkatan Keterampilan Sosial dan Motorik Halus Anak Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek: Studi Quasi-Experimental Terhadap Anak Usia 4-5 Tahun di RA Kecamatan Plemahan Kabupaten Kediri. Edusia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Asia, 1(1), 14–33. https://doi.org/10.53754/edusia.v1i1.34

Sembiring, A. B., & Ardisal, A. (2023). Peningkatan Kemampuan Penjumlahan Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning bagi Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(2), 143-150.

Suriadi, N. M. (2023). Upaya Meningkatkan Konsentrasi dan Kemampuan Motorik Halus dengan Penggunaan Permainan Edukatif Meronce Pada Anak Tunagrahita Sedang di Kelas I SLB. Indonesian Journal of Instruction, 4(2), 124–132. https://doi.org/10.23887/iji.v4i2.60572

Weiler, R., Van Mechelen, W., Fuller, C., & Verhagen, E. (2016). Sport Injuries Sustained by Athletes with Disability: A Systematic Review. Sports Medicine, 46(8), 1141–1153. https://doi.org/10.1007/s40279-016-0478-0

Widiyanto & Yuwono, C. (2020). Model Pembelajaran Aktivitas Kebugaran Jasmani Melalui Permainan LomZigLembol Pada Siswa Tunarungu SMP-LB. Indonesian Journal for Physical Education and Sport, 1(1), 80-87. https://journal.unnes.ac.id/sju/inapes/article/view/39418/17136

Yang, Y., & Hao, C. (2022). Construction of adapted physical education curriculum for children with intellectual disabilities using ICF. Chinese Journal of Rehabilitation Theory and Practice, 659-669. https://pesquisa.bvsalud.org/portal/resource/pt/wpr-929676

Yatmiko, F., Banowati, E., & Suhandini, P. (2015). Implementasi pendidikan karakter anak berkebutuhan khusus. Journal of primary education, 4(2), 77-84. https://journal.unnes.ac.id/sju/jpe/article/view/10075

Published

2025-04-27

How to Cite

Windayani, W., & Muldan, D. (2025). Efektivitas model project based learning dalam pembelajaran pendidikan jasmani terhadap kemampuan psikomotorik anak tunagrahita. Bima Loka: Journal of Physical Education, 5(1), 24–35. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v5i1.32737

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 89 , PDF Downloads: 48 , PDF Downloads: 5