Identifikasi penyebab kurangnya minat siswa terhadap ekstrakurikuler wushu

Authors

  • William Suherman Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Universitas Negeri Surabaya
  • Hari Wisnu Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi

DOI:

https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10561

Keywords:

faktor penyebab, wushu, kurangnya minat siswa

Abstract

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekolah yang sudah teratur jelas dan terjadwal dengan sistematik yang merupakan program utama dalam proses mendidik siswa. Dalam melaksanakan tiap kegiatan siswa tentu memerlukan fasilitas dan dukungan dari berbagai pihak untuk menunjang keberhasilannya, dalam kasus ini peminatan ekstrakurikuler wushu sangat kurang diminati siswa sehingga peserta ekstrakurikuler wushu menjadi sedikit. Oleh karena itu dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kurangnya minat siswa terhadap ekstrakurikuler wushu. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan sampel siswa yang tidak mengikuti ekstrakurikuler wushu yang telah divalidasi. Data dianalisis menggunakan SPSS versi 24 menggunakan metode regresi linear berganda menunjukkan Faktor-faktor  yang berkontribusi terhadap ketidakminatan siswa yang terbesar adalah faktor keluarga dengan nilai  0.257, faktor Inner Urges dengan nilai 0.249 dan faktor Emotional Motive dengan nilai sebesar 0.222  sehingga dapat di katakan faktor yang paling dominan dalam penyebab kurangnya minat siswa pada ekstrakurikuler wushu.

References

<p>Afandi, A.F., &amp; Khamidi, A.(2018).Motivasi Atlet Mengikuti SSB Putera Buana FC KU 16 lamongan. <em>Jurnal Prestasi Olahraga</em>. 1(3), 28-40.</p><p>Bangun, S. Y. (2019). PeranPelatihOlahragaEkstrakurikulerdalamMengembangkanBakatdanMinatOlahragapadaPesertaDidik.<em>JurnalPrestasi</em>, 2(4), 29-37.</p><p>De Meester, A., Aelterman, N., Cardon, G., De Bourdeaudhuij, I., &amp; Haerens, L. (2014). Extracurricular School-Based Sports as A Motivating Vehicle for Sports Participation in Youth: A Cross-Sectional Study. <em>International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity</em>, <em>11</em>(1), 48-70.</p><p>Eime, R., Young, J.A., Harvey, J.T., Charity, M.J., &amp; Payne, W. R. (2013). A Systematic Review of The Psychological and Social Benefits ofParticipation in Sport For Children and Adolescents: Informing Development of AConceptual Model of Health Through Sport. <em>International Journal of Behavioral Nutrition and Physical Activity,</em> 10(1), 98-148.</p><p>Hudayah, N., &amp; Winarni, R. (2014). Pengaruh Kebijakan Pemerintah Indonesia Terhadap Kehidupan Etnis Tionghoa di Bidang Politik,Sosial Budaya, dan Ekonomi di Kabupaten Jember dari Zaman Orde Lama Sampai Zaman Reformasi pada Tahun 1998-2012. <em>PublikaBudaya</em>, 2(2), 19-31.</p><p>Maksum, A. (2012). <em>Metodologi Penelitian dalam Olahraga</em>. Universitas Negeri Surabaya Pers.</p><p>Nasuti, D.H.H., &amp; Sarwiyono, S.S.,  (2019). Perbandingan Perilaku Hidup Sehat Siswa Sekolah Swasta Di Daerah Kota dan Pelosok Kabupaten Jember. <em>Jurnal Pendidikan Jasmani,</em> 7(3), 60-98.</p><p>Novita, N. (2014). Evaluasi Prestasi Atlet Wushu Koni Kota Medan Tahun 2014. <em>JurnalPengabdianKepadaMasyarakat</em>. 21(82),65-69.</p><p>Riduwan, M.B.A. (2013) Rumus Dan Data DalamAnalisisStatistika. Bandung: Cetakan Ke-5 Alfabeta</p><p>Setyawati, H. (2014). Strategi Intervensi Peningkatan Rasa Percaya Diri Melalui Imagery Training Pada Atlet Wushu Jawa Tengah. <em>Journal of Physical Education Health and Sport</em>, 1(1), 48-59.</p><p>Syah, M. (2013). <em>Psikologi Pendidikan dengan          Pendekatan Baru</em>. Bandung: PT Remaja        Rosdakarya.</p><p>Theeboom, M., Zhu, D., &amp; Vertonghen, J.(2017).˜Wushu belongs to the world. But the gold goesto China¦: The International Development of The Chinese Martial Arts. <em>International Review for TheSociology Of Sport</em>, <em>52</em>(1),3-23.</p><p>Ulum, A.S.(2013). Pembinaan Olahraga Bela DiriWushu di Kota Salatiga Tahun2013. <em>ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health andRecreation</em>, 2(10), 40-78.</p>

Published

2020-11-06

How to Cite

Suherman, W., & Wisnu, H. (2020). Identifikasi penyebab kurangnya minat siswa terhadap ekstrakurikuler wushu. Bima Loka: Journal of Physical Education, 1(1), 21–25. https://doi.org/10.26740/bimaloka.v1i1.10561

Issue

Section

Artikel
Abstract views: 234 , PDF Downloads: 137