PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Novia Ekowati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p44-50

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media audio visual pada materi Perkembangan Teknologi Produksi, Komunikasi, dan Transportasi dalam mata pelajaran IPS bagi siswa kelas IV Sekolah Dasar. Media audio visual tersebut diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 3-D dari Thiagarajan (1974). Pada uji lapangan menggunakan rancangan pretest-posttest dengan kelompok kontrol. Model 3-D yang diadopsi dari model 4-D karena penelitian hanya sampai pada tahap develop. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas IV SDN 1 Wirun sebagai kelompok eksperimen dan 20 siswa kelas IV SDN 3 Wirun Purworejo sebagai kelompok kontrol. Objek penelitian adalah media audio visual. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengembangkan media audio visual beserta perangkat pendukung pembelajaran RPP dan tes hasil belajar. Sumber data diperoleh dari angket uji kelayakan media dan tes hasil belajar. Uji coba instrumen tes hasil belajar IPS menghasilkan butir tes yang valid dan reliabel sehingga instrumen layak digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa. Uji kelayakan media audio visual berupa angket yang diisi oleh validator, respon siswa, dan keterterapan media oleh guru. Teknik analisis data menggunakan analisis kevalidan, uji prasyarat analisis (uji normalitas dan uji homogenitas) dan uji hipotesis (t-test). Data hasil penelitian diperoleh kelayakan media audio visual menghasilkan persentase kelayakan 92,67% dengan kategori sangat tinggi. Ini berarti media audio visual telah layak digunakan sebagai media pembelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi, komunikasi, dan transportasi di kelas IV Sekolah Dasar. Perhitungan posttest pada tingkat kesalahan 5%, thitung ≥ ttabel dimana thitung = 2,295 dan ttabel = 2,018 maka didapat kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar menggunakan media audio visual dengan tidak menggunakan media audio visual melainkan menggunakan media cetak. Hasil belajar dalam penelitian ini difokuskan pada ranah kognitif siswa pada penguasaan konsep materi. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media audio visual telah memenuhi kelayakan sebagai media pembelajaran IPS di kelas IV Sekolah Dasar dan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menggunakan media audio visual dengan tidak menggunakan media audio visual.

 

Kata Kunci: Media Audio Visual, Perkembangan Teknologi, Hasil Belajar, IPS, Siswa Sekolah Dasar.

Author Biography

Novia Ekowati, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

 

References

Abdulhak, Ishak. (2013). Teknologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ariani, Niken. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka Raya.

Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Bagget. (1991). Media Visualisasi Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Lai, Shu−Ling. (2000). Influence Of Audio Visual Presentations On Learning Abstract Concepts. International Journal of Instructional Media. ProQuest Educational Journals. Vol 27(2) Pp 199.

Linaksita, Anindyawati. (2012). Pemanfaatan Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol 6 No 6.

Mustaji. (2013). Media Pembelajaran. Surabaya: Unesa Press.

Putra, Nusa. (2012). Research Development. Jakarta: Rajawali Press.

Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Minnesota.

Suryabrata, Sumadi. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2015-09-25

How to Cite

Ekowati, N. (2015). PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI, DAN TRANSPORTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 1(1), 44–50. https://doi.org/10.26740/jrpd.v1n1.p44-50
Abstract views: 4032 , PDF Downloads: 779