PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PKN KELAS V YANG BERORENTASI PADA PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN LERPAK 3 BANGKALAN

Authors

  • Dewi Septiani Mandasari Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p1003-1008

Abstract

ABSTRACT

This research is development with the aim of (1) developing social studies textbook VSD CTL-ariented appoarch in order to improve student learning outcomes,(2) determine the fasibility of fifth grade social studies textbook oriented appoarch to CTL, (3) determine students mastery of learning outcomes by using social studies textbook oriented approach CTL. Based on the descriptive analysis shows that the process of textbook development has been carried out according to the stages proposed thiagarajan and has been modified so that the researcher ends at the development stage. Textbooks have also developed good quality feasibility for use. The effectiveness of textbook tested with inferential statistics using SPSS 17.0 is throught the F test and t test. F numbers which assume the same for both varians with   probability 0,224   (sig)   0,623 > 5% means that there is no difference between the experimental and control variants. Figures t-test assuming equal variance both populations is -5,782 with probability (sig) of 0.000. therefore, the number probability <0.05, means there is a difference between  the value of the posttest experimental class and control class posttest values, so it can be concluded that the learning outcomes of students by using teaching buju better developed than on the learning outcomes of students who only use regular textbooks. The conclusions derived from the research that has been done stating that the textbook has been developed, meets the eligibility criteria to be used in learning and more active student activity using textbooks, because the more euthusiastic students to understand the materials so that there are differences in the value of students learningoutcomes significantly between Va classes that do not use textbooks and the value of student learning outcomes using Vb class textbook. values class Vb student learning outcomes using textbooks development obtaining learning outcomes

 

Keywords:Textbook, Social Studies,CTL Resulf of Learning.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan (1) mengembangkan Bahan Ajar PKN kelas V yang berorentasi pada pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa; (2) mengetahui tingkat kelayakan Bahan Ajar PKN kelas V yang berorentasi pada pendekatan CTL;(3) mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dengan menggunakan bahan ajar PKN yang berorentasi pada pendekatan CTL. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh bahwa proses pengembangan Bahan Ajar telah dilakukan sesuai tahapan yang dikemukakan Thiagarajan dan telah dimodifikasi peneliti sehingga berakhir pada tahap pengembangan. Bahan Ajar yang dikembangkan juga memiliki kualitas kelayakan baik untuk digunakan. Keefektifan Bahan Ajar diuji dengan statistic inferensial menggunakan SPSS 17.0 yaitu melalui uji F dan uji t. angka F yang mengansumsikan kedua varian sama sebesar 0,224 dengan probabilitas (sig) sebesar 0,623 > 5% berarti tidak ada perbedaan varian antara eksperimen dan control. ANgka t-test yang mengansumsikan varian kedua populasi sama adalah -5,782 dengan probabilitas (sig) sebesar 0,000. Oleh karena angka probabilitas <0,05, dapat diartikan ada perbedaan nilai posttest antara kelas eksperimen dan nilai nilai posttest kelas control, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan Bahan Ajar yang dikembangkan lebih baik dari hasil belajar siswa yang hanya menggunakan bahan ajar biasa. Simpulan yang diperoleh dari penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa bahan ajar yang telah dikembangkan, memenuhi kriteria kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran, karena siswa lebih antusias untuk memahami materi sehingga ada perbedaan nilai hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas Va yang tidak menggunakan bahan ajar dan nilai belajar siswa kelas Vb dengan menggunakan bahan ajar. Nilai hasil belajar siswa kelas Vb dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan memperoleh hasil belajar.

 

Kata kunci: Bahan Ajar, PKN, Contextual Teaching and Learning, Hasil Belajar.

Author Biography

Dewi Septiani Mandasari, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Ahmadi, IK, dkk. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Depdiknas. (2002). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas

Engin, M. (2014). Macro Scaffolding Contextual Support for Teacher Learning. Australian Journal of teacher education. Vol 39 No. 5, pp 26-40

Glyn, Shawn. (2004). Contextual Teaching of Science in Elementary School. Journal of Elementary science education. Vol.16 No 2 , pp 51-63

Hall, C and Kidman. J. (2004). Mapping The Contextual Influences. International Education Journal. Vol 5 No 3. Pp. 331-343

Hasnawati. (2006). Pendekatan Contextual Teaching and Learning Hubungannya dengan Evaluasi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol 3 No. 1, pp 53-62

Januszewski, Alan And Molenda, M (2008). Educational Technology: A Devinition with Commentary. New York: Laurence Erlbaurn Associates Taylor & Francis Group

Johnson, Elaine. (2007). Contextual Teaching and Learning. Bandung: MLC

Kadis. (2012). Model Pembelajaran Tematik Kontekstual untuk Meningkatkan Kepekaan Lingkungan Pada Kelas Awal. Journal of primary education. Vol 1, No. 1, pp 45-50

Kemp, Jerrold E, et.al. (1994). Designing Effective Intruction. New York: Macmillan College Publishing Company

Komalasari, Kokom (2010) Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT. Refika Aditama

Lile, Ramona. (2014). The assessment of learning outcomes. Procedia Social Prototype to improve early education

Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: Diva Press

Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjkarta: Diva Press

Pribadi, Benny A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Raturaman, Tanwey Gerson, and Laurens Theresia (2006). Evaluasi Hasil Belajar yang Relevan dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Surabaya: Unesa University Press

Downloads

Published

2019-05-11

How to Cite

Mandasari, D. S. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PKN KELAS V YANG BERORENTASI PADA PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN LERPAK 3 BANGKALAN. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 5(2), 1003–1008. https://doi.org/10.26740/jrpd.v5n2.p1003-1008
Abstract views: 1474 , PDF Downloads: 926