PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Suhirno Suhirno Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p600-607

Abstract

ABSTRACT

Research on this development was intended to produce device learning of a syllabus, lesson plans, sheets of students activity, book students, and tests the ability of think critically students on subjects social class grade 5 second semester. The research also aims to know the quality of device learning in terms of implementation learning when learning held. The kind of research this namely research the development of which reference on the model 4D, with stage define, design, development and disseminate. Subject research is the primary school grade 5.  Research instruments composed of sheets assessment validity syllabus, lesson plans, sheets of students activity, book students, and tests the ability of think critically. Sheets of implementation learning to gauge the quality of the device learning doing by teachers. The results of research device learning to the syllabus, lesson plans, sheets of student activity, book students, and tests the ability of think critically on grade 5 second semester. Based on the results they actually obtained (1) syllabus developed valid with a value of 4.25 criteria perfectly valid (2) lesson plans developed valid with a value of 4,15 criteria perfectly valid (3) sheets of students activity developed valid with a value of 4.4 criteria perfectly valid (4) books students who developed valid with a value of 4,45 criteria perfectly valid (5) tests the ability of think critically developed valid with a value of 4.25 criteria perfectly valid.The results of research activity of device learning with the total the meeting produce the average 4.6 with good category once. The results of research tests the ability to think critically students obtained the percentage completion of achievement 92,25% the average value of 78.

 

Keywords: device learning, brainstorming method, the ability to think critically.

 

ABSTRAK                                                                                         

Penelitian pada pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), buku siswa, dan tes kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V semester 2. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran saat pembelajaran berlangsung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4D, dengan tahapan Define, Design, Development dan Disseminate. Subyek penelitian adalah siswa-siswi SD kelas V. Instrumen penelitian terdiri dari lembar penilaian validitas silabus, RPP, LKS, buku siswa, dan tes kemampuan berpikir kritis. Lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran yang dilakukasn oleh guru. Hasil penelitian perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKS, buku siswa, dan tes kemampuan berpikir kritis pada kelas V semester 2. Berdasarkan hasil penilaian diperoleh (1) silabus yang dikembangkan valid dengan nilai 4,25 dengan kriteria sangat valid. (2) RPP yang dikembangkan valid dengan nilai 4,15 dengan kriteria sangat valid. (3) LKS yang dikembangkan valid dengan nilai 4,4 dengan kriteria sangat valid. (4) Buku siswa yang dikembangkan valid dengan nilai 4,45 dengan kriteria sangat valid. (5) tes kemampuan berpikir kritis yang dikembangkan valid dengan nilai 4,25 dengan kriteria sangat valid. Hasil penelitian keterlaksanaan perangkat pembelajaran dengan total seluruh pertemuan menghasilkan rata-rata = 4,6 dengan kategori baik sekali. Hasil penelitian untuk tes kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh presentase ketuntasan prestasi 92,25% dengan nilai rata-rata 78.

 

Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran, metode brainstorming, kemampuan berpikir kritis.

Author Biography

Suhirno Suhirno, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Pendidikan Dasar

Program Pascasarjana

References

Dananjaya, U. (2011). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Nuansa.

Depdiknas. (2008). Kurkulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum Depdiknas.

Deporter, B. (2011). The 7 Biggest Teen Problem and How To Turn Them Into Strenghts. (T. Edriani Azwardi, Ed.) Bandung: Kaifa.

Devi, P. K., & dkk. (2009). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Untuk Guru SMP. Jakarta: PPPPTK IPA.

Dike, D. (2010). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Modal TASC (Thinking Actively in a Social Context) pada Pembelajaran IPS. 15-29.

Emzir. (2001). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Khabibah, S. (2006). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Soal Terbuka Untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa Sekolah Dasar. 90.

Nurhayati, E. (2011). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Roestiyah, N. K. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rosyada, D. (2004). Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Modal Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Teknologi Pembelajaran: Definisi dan Kawasannya. (D. S. Prawiradilaga, & dkk., Trans.) Jakarta: Kerjasama IPTPI LPTK UNJ.

Setyosari, P. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Solihatin, E., & Raharjo. (2007). Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana, N. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suhardi. (2007). Hakikat Belajar. Jakarta: Depdibud.

Thiagarajan, S. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for Training Teachers of Exceptional Children Indiana. Indiana: Indiana University Bloomington.

Winataputra, U. S. (2005). Pendekatan Ekspositoris. Jakarta: Universitas Terbuka

Downloads

Published

2018-01-18

How to Cite

Suhirno, S. (2018). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN METODE BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DI KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(1), 600–607. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n1.p600-607
Abstract views: 457 , PDF Downloads: 495